Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Beralih ke Mobil Listrik!

Mobil ramah lingkungan tanpa polusi. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT
  • Mobil listrik menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi emisi karbon dalam berkendara.
  • Dengan teknologi dan fitur yang canggih menjadikan mobil listrik banyak diminati oleh berbagai kalangan. 
  • Penghematan biaya menjadi salah satu alasan kenapa kamu harus mulai beralih ke mobil listrik.

Halo Sobat EBT Heroes! Tahukah kalian, guna mendukung percepatan transisi energi dalam berkendara, kini pemerintah Indonesia sudah mulai memasarkan kendaraan ramah lingkungan, baik itu produksi hasil kerja sama dengan perusahaan asing maupun produksi dalam negeri. Mobil listrik menjadi salah satu kendaraan ramah lingkungan yang dapat digunakan dari banyaknya jenis kendaraan ramah lingkungan lainnya. 

Adanya mobil listrik diharapkan secara perlahan dapat menggantikan mobil konvensional yang berbahan bakar minyak guna mengurangi terjadinya polusi udara. Tidak seperti mobil berbahan bakar minyak, mobil listrik menggunakan listrik sebagai tenaga utamanya. Penggunaan listrik inilah yang menjadikan mobil listrik menjadi kendaraan ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara. 

Perlahan tapi pasti, pengguna mobil berbahan bakar minyak akan mulai beralih menjadi pengguna mobil bertenaga listrik. Kira-kira, kenapa ya Sobat EBT Heroes harus beralih dan membeli mobil listrik? Berdasarkan Survei Populix terhadap 500 responden, terdapat beberapa alasan kenapa masyarakat membeli mobil listrik. Scroll ke bawah, ya untuk tahu alasannya!


Baca Juga:


1. Kendaraan Ramah Lingkungan

Mobil bebas polusi udara. Sumber Foto: Oto.detik.com

Alasan paling utama yang dapat dipertimbangkan dalam membeli mobil listrik adalah karena merupakan kendaraan yang ramah lingkungan. Mobil listrik memanfaatkan listrik sebagai energi penggeraknya dan tidak menimbulkan polusi udara, tidak seperti mobil berbahan bakar minyak yang menyebabkan terjadinya polusi udara dari asap kendaraan karena proses pembakaran dari bahan bakar minyak. 

Mobil listrik dapat menjadi titik terang dalam mengatasi permasalahan lingkungan terutama mengatasi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan. Selain itu jua penggunaan mobil listrik tidak memerlukan minyak, yang di mana merupakan energi tak terbarukan yang dapat habis. 

2. Mengurangi Bahan Bakar 

Tidak menggunakan Bensin. Sumber Foto: Daihatsu.co.id

Mobil listrik tidak menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya, tetapi menggunakan energi listrik yang disimpan pada sebuah baterai. Pengisian baterai dilakukan dengan pengecasan (charging atau charge) pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Tarif pengisian daya di SPKLU diperkirakan berada di kisaran Rp 1.650 per kWh sampai Rp 2.475 per kWh. Tarif tersebut dapat berbeda pada SPKLU lain berdasarkan lokasi dan jenis charging yang digunakan. 

Oleh sebab itu, perhitungan pengisian daya mobil listrik lebih hemat dibandingkan dengan pengisian mobil berbahan bakar bensin. Perbandingan ini dapat dilakukan dengan menghitung jumlah biaya listrik maupun bensin yang dikeluarkan dengan jarak perjalanan yang ditempuh. Mobil listrik diperkirakan dapat menghemat energi sebesar 80 persen dibandingkan mobil berbahan bakar minyak.


Baca Juga:


3. Pajak Mobil Murah

Pembayaran pajak yang murah. Sumber Foto: Acc.co.id

Pengguna mobil listrik tetap harus membayar pajak seperti pengguna mobil lainnya. Pajak tersebut dibayarkan selama satu tahun dan lima tahun untuk pergantian plat mobil. Pembayaran pajak mobil listrik sudah diatur dalam peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021 (perubahan atas PP No.73 Tahun 2019), mobil listrik yang menggunakan teknologi battery electric vehicles dan fuel cell electric vehicles dikenakan tarif insentif sebesar 15% untuk pembelian barang mewah (PPnb) dengan DPP sebesar 33,33% dari total harga jual. Menurut Peraturan Menteri dalam Negeri ( PERMENDAGRI) Nomor 1 Tahun 2021 yang diatur pada pasal 10 dan 11 mengatakan bahwa pajak mobil listrik hanya dikenakan sebesar 10% dari tarif normal yang berlaku. 

4. Perawatan Mudah

Minim perawatan. Sumber Foto: Carmudi.co.id

Mobil listrik merupakan kendaraan yang minim perawatan sehingga akan lebih menghemat biaya perawatan. Perawatannya juga tidak seperti mobil berbahan bakar minyak yang memerlukan banyak sekali perawatan. Contohnya dalam penggunaan oli, mobil listrik tetap memerlukan pelumas atau oli, tetapi tidak sebanyak mobil yang berbahan bakar minyak. 

Mesin mobil listrik sudah dirancang dengan spesifikasi yang berbeda dan khusus, pengguna mobil listrik tidak perlu rutin mengganti oli maupun mengisi air radiator. Karena mobil listrik minim perawatan, maka ini alasan yang cocok untuk Sobat EBT Heroes mulai beralih ke mobil listrik. 

5. Mobil Masa Depan

Kendaraan berteknologi canggih. Sumber Foto:  Carmudi.co.id

Mobil listrik dapat dikatakan sebagai salah satu kendaraan masa depan. Selain dapat mengurangi polusi udara, mobil listrik juga memiliki teknologi yang canggih. Mobil Listrik memiliki model-model yang unik, elegan, dan minimalis dengan kemampuan fast charging, serta sudah dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan, baik itu untuk supir maupun penumpang. 

Alasan-alasan di atas merupakan hasil dari survei yang dilakukan oleh Populix terhadap 500 responden. Tentunya masih banyak alasan-alasan lain yang jauh lebih menguntungkan agar EBT Heroes beralih ke mobil listrik. 

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Alvin Pratama

Sumber Rujukan:

[1] Inilah Manfaat Yang Akan Kamu Dapat kalau Punya Mobil Listrik!

[2] Segini Biaya Charge Mobil Listrik di SPKLU atau SPBU Listrik – Solopos.com | Panduan Informasi dan Inspirasi

[3] Yuk, Intip Besaran Pajak Mobil Listrik! – BCA Finance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 Comment

  1. This asset is phenomenal. The wonderful information exhibits the proprietor’s enthusiasm. I’m stunned and envision more such astonishing sections.

  2. This asset is unbelievable. The wonderful information exhibits the distributer’s earnestness. I’m stunned and anticipate more such mind blowing entries.

  3. This gateway is fabulous. The splendid substance displays the essayist’s commitment. I’m overwhelmed and envision more such astonishing presents.

  4. This website page is unbelievable. The brilliant substance reveals the essayist’s interest. I’m awestruck and anticipate further such mind blowing entries.

  5. This webpage is unbelievable. The wonderful substance exhibits the administrator’s enthusiasm. I’m stunned and expect more such mind blowing entries.

  6. This gateway is fabulous. The splendid substance displays the essayist’s commitment. I’m overwhelmed and envision more such astonishing substance.

  7. I loved as much as you will receive carried out right here The sketch is attractive your authored material stylish nonetheless you command get got an impatience over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike

  8. Simply desire to say your article is as surprising The clearness in your post is simply excellent and i could assume you are an expert on this subject Fine with your permission let me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post Thanks a million and please carry on the gratifying work

  9. △ggongta.com△꽁,꽁머니,꽁머니 홍보,꽁머니 텔레방,꽁 게시판,꽁머니 공유,꽁5천,꽁1만,꽁2만,꽁3만,환전 가능 꽁머니,꽁머니카지노,꽁머니 토토 사이트