Intip Spesifikasi Motor Listrik dari 5 Perusahaan Ini!

Perusahaan yang miliki bisnis motor listrik. Sumber Foto: Instagram Zonaebt
  • Kendaraan ramah lingkungan tanpa polusi salah satunya adalah motor listrik.
  • Motor listrik menggunakan energi listrik sebagai energi penggeraknya.
  • Pengisian daya motor dapat di dilakukan dengan pengecasan atau battery swap.

Sobat EBT Heroes, motor listrik makin diminati di Indonesia. Pemerintah Indonesia sudah mulai melakukan transisi energi dengan menjalankan komitmen penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan. Hal ini telah diwujudkan dengan adanya motor listrik sebagai salah satu kendaraan ramah lingkungan yang kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. 

Motor listrik merupakan kendaraan motor yang menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Energi listrik tersebut disimpan pada baterai yang kemudian menghasilkan energi mekanik yang akan membuat motor menjadi hidup dan dapat digunakan. Dengan menggunakan listrik sebagai bahan bakar, motor listrik menjadi tidak berbahaya bagi lingkungan karena tidak membuat udara menjadi tercemar.

Penggunaan motor listrik sekarang sudah menjadi tren dan banyak diminati oleh banyak kalangan, baik itu orang tua maupun generasi muda. Sehingga banyak perusahaan yang mulai terjun dalam bisnis motor listrik ini karena prospeknya sangat menjanjikan. 

Berikut ini terdapat beberapa perusahaan yang memproduksi motor listrik yang sudah mulai dijual bebas di pasaran. Kira-kira spesifikasi motor listrik seperti apa ya yang dibuat oleh 5 perusahaan motor listrik?? Scroll ke bawah ya untuk cari tahu!


Baca Juga:


1. United E-Motor

Swap, Charger, and Go. Sumber Foto: Unitedmotor.co.id

Perusahaan motor listrik yang menamai produknya dengan United E-Motor ini merupakan kerja sama brand sepeda lokal Indonesia, yaitu United dengan PT Terang Dunia Internusa (TDI). Pada tanggal 12 Desember 2020, PT TDI resmi menghadirkan motor listrik pertamanya, yaitu United T1800. Kemudian tahun-tahun berikutnya kembali merilis motor listrik dengan tipe lain, yaitu TX Series dan MX-1200.

Spesifikasi motor listrik United E-Motor terbagi menjadi 4 bagian dengan 4 tipe motor listrik masing-masing. Motor listrik pertama, United T1800 dilengkapi dengan 3 kecepatan, yaitu speed 1 mencapai 55 km/jam, speed 2 mencapai 65 km/jam, dan speed 3 mencapai 70 km/jam. Memiliki bagasi yang luas untuk menyimpan baterai cadangan dan terdapat dua pilihan pengisian daya, direct charger dan battery swap serta sudah menggunakan teknologi motor BOSCH.

Motor listrik kedua adalah dari TX Series yaitu United TX 1800 dan United TX 3000 yang memiliki spesifikasi tidak jauh berbeda dengan United T1800 dengan tambahan beberapa fitur seperti, adanya sistem penguncian otomatis tanpa memasukkan kunci dan sensor keamanan posisi kendaraan. Motor ini juga dilengkapi 2 slot baterai pada TX 3000.

Terakhir, motor listrik United MX 1200 dengan desain motor yang lebih kecil dengan tampilan compact, futuristis, dan modis dengan teknologi Brushless DC. Motor ini memiliki ruang dek bawah untuk menaruh barang, bagasi yang luas dan tipe pengisian direct charger.

2. Alva

Be one with Alfa. Sumber Foto: Oto.com

Motor listrik Alva memiliki desain yang futuristik dan fitur canggih. Motor ini diluncurkan pertama kali pada gelaran GIIAS pada Agustus 2022 yang merupakan hasil kolaborasi PT Indika Energy (INDY) dengan anak perusahaan Ilectra Motor Group (IMG). 

Alva memiliki dua tipe motor listrik, yaitu Alva One dan Alva Cervo. Spesifikasi motor listrik Alva Cervo dan Alva One adalah memiliki desain Italia yang sudah dilengkapi dengan teknologi anti banjir, sistem pengereman gabungan dan sensor side stand, dan memiliki daya baterai yang tahan lama. 


Baca Juga:


3. Volta

Era Baru Energi Baru. Sumber Foto: Voltaindonesia.com

PT Volta Semesta bekerja sama dengan PT NFC Indonesia serta MCAS Grup dan SiCepat dalam meresmikan pabrik kendaraan listrik pertamanya pada 11 November 2021 di Semarang. Selain itu, PT Volta juga bekerja sama dengan PT Energi Selalu Baru sebagai penyedia teknologi Battery Replacement System (SGB) yang digunakan sebagai penyimpanan sumber energi utama motor listrik volta. 

Volta mengeluarkan motor listrik dengan 3 tipe, yaitu Volta 401, Volta Virgo, dan Volta Mandala. Volta 401 yang memiliki 2 slot baterai dengan daya angkut mencapai 200 kg dan memiliki layar LCD digital Speedometer. Selain itu juga telah dilengkapi dengan fitur yang dapat mengatur kecepatan dan tombol untuk mengunci pedal gas saat parkir serta tombol safety reverse untuk keadaan darurat saat mundur.

Sedangkan spesifikasi motor listrik tipe Volta Virgo dan Volta Mandala hampir sama dengan Volta 401. Bedanya hanya pada daya angkut yang lebih sedikit. Volta Virgo memiliki daya angkut mencapai 180 kg, sedangkan Volta Mandala hanya 150 kg. 

4. Selis

Ride The Future. Sumber Foto: Selis.co.id

Motor listrik selanjutnya adalah merek motor listrik milik anak usaha PT Gaya Abadi Sempurna yaitu PT Juara Bike. Perusahaan ini punya reputasi yang bagus sebagai penyediaan kendaraan ramah lingkungan dari tahun 2011.

Selis memiliki 6 tipe motor listrik yaitu, Agats, E-Max, Go Plus, Neo Scootic, Bromo, dan New Balis. Spesifikasi motor listrik Agats dan Go Plus memiliki jarak tempuh yang paling jauh dibandingkan yang lain, yaitu 50 km dan 70 km dengan kecepatan maksimal 60 dan 80 km/jam dan dilengkapi dengan 2.000 watt dinamo dan maksimal durasi pengecasan hingga 7 jam dan 5 jam. 

E-Max dan Neo Scootic memiliki jarak tempuh 40 km dengan kecepatan maksimal 50 dan 40 km/jam serta 1.200 watt dinamo dan 1.500 watt dinamo dengan durasi cas maksimal 7 jam. Sedangkan Bromo dan New Balis merupakan motor listrik roda tiga dengan daya angkut 300 kg dengan jarak tempuh 100 km dan 50 km dengan kecepatan 40 dan 45 km/jam. Selain motor, Selis juga mengeluarkan kendaraan listrik lain seperti E-Moped, E-Bike, Scooter, PMD, dan SPV dengan beberapa tipe dan spesifikasi yang berbeda. 

5. Electrum

Motor Listrik dengan Battery Swap. Sumber Foto: Electrum.id

Electrum merupakan perusahaan patungan atau joint venture (JV) antara TBS Energi Utama dengan PT Gojek Tokopedia (GOTO). Electrum telah merilis motor listrik yang diberi nama Electrum H5 dengan spesifikasi motor listrik sistem dual battery dengan kecepatan maksimal 90 km/jam. Desain Electrum H5 dibuat dengan desain untuk jalanan indonesia yang nyaman bagi pengendara maupun penumpang. Baterai yang tahan hingga 120 km dengan proses swap hanya 1 menit. 

Motor listrik makin populer di Indonesia dengan beragam fitur serta keunggulan. Jadi, Sobat EBT Heroes tertarik menggunakan motor listrik yang mana nih? Komen di bawah ya! 

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Alvin Pratama

Sumber Rujukan:

[1] Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 79 Tahun 2023

[2] United Motor

[3] Electric Motorcycles | ALVA

[4] Volta

[5] Selis

[6] Electrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 Comment

  1. Hey there You have done a fantastic job I will certainly digg it and personally recommend to my friends Im confident theyll be benefited from this site

  2. Хотите окунуться в мир азарта и развлечений? Не забудьте зарегистрироваться на сайте gama casino!

  3. I have been browsing online more than three hours today yet I never found any interesting article like yours It is pretty worth enough for me In my view if all website owners and bloggers made good content as you did the internet will be a lot more useful than ever before

  4. Wonderful web site. Lots of useful info here. I’m sending it to a few friends ans additionally sharing in delicious. And obviously, thanks to your effort!