4 Brand Mobil Listrik Baru di Indonesia, Mana Incaranmu?

Brand Mobil Listrik di Indonesia. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT
  • Mobil listrik termasuk kendaraan ramah lingkungan minim emisi karbon.
  • Model mobil listrik makin beragam, baik dari brand dalam maupun luar negeri.
  • Pengisian daya mobil listrik dilakukan dengan pengecasan.

Sobat EBT Heroes, kendaraan listrik menjadi salah satu tren transisi energi yang menjanjikan. Kendaraan listrik dapat mengatasi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan konvensional berbahan bakar minyak. Kendaraan listrik, termasuk mobil listrik di Indonesia sudah mulai banyak digunakan. Mobil listrik tidak menggunakan bahan bakar minyak, tetapi menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. 

Listrik menjadi sumber energi utama dalam operasional mobil listrik. Tidak seperti mobil konvensional pada umumnya yang mengeluarkan sisa zat pembakaran dari bahan bakarnya yang menyebabkan pencemaran udara, mobil listrik tidak menghasilkan emisi karbon. Keunggulannya itu membuat mobil listrik dinilai sebagai mobil yang lebih ramah lingkungan. 

Mobil listrik di Indonesia mulai beragam dengan model dan spesifikasi yang dibuat oleh masing-masing brand, baik itu brand lokal maupun luar negeri. Berikut ini merupakan 4 brand mobil listrik baru yang sudah hadir di Indonesia. Simak di bawah ya!


Baca Juga:


1. Neta

Neta V Mobil Listrik Masa Kini. Sumber Foto: Neta.co.id

Bersama PT Handal Indonesia Motor, NETA hadir untuk mendukung dan meningkatkan perkembangan industri otomotif di Indonesia. Brand mobil listrik yang sudah berdiri hampir 10 tahun ini memiliki kantor pusat yang berlokasi di Sentral Senayan, Jakarta Pusat. 

Neta merilis mobil listrik yang dinamai NETA V dengan mengusung tema futuristik dengan pilihan warna pastel seperti hijau, biru, merah muda, putih, dan abu-abu. Neta V memiliki interior yang minimalis dengan kabin yang luas untuk 5 orang serta bagasi yang luas. 

Tak hanya itu, Neta V juga sudah dilengkapi dengan tombol smart key untuk memudahkan membuka pintu secara langsung dan rear view camera & parking radar untuk memudahkan parkir dengan teknologi radar dan kamera intuitif. Terdapat beberapa fitur lain di Neta V, seperti enhanced smart safety features dan drive safely, yaitu sistem kendali penuh saat melakukan manuver tajam dan dilengkapi cakram di setiap roda, anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), dan electronic parking brake (EPB).

Pengisian daya mobil listrik NETA V dilengkapi dengan fitur flexible charging yaitu pengisian daya baterai dilakukan dengan mudah dan cepat. Fitur ini menggunakan AC Home Charging atau DC Fast Charging yang dapat mengisi daya baterai dari 30% hingga 80% dalam 30 menit.  

2. BYD

Brand Mobil Listrik Pesaing Tesla. Sumber Foto: Otomotif.kompas.com

Brand mobil listrik berikutnya, yaitu Build Your Dreams atau BYD. BYD merupakan perusahaan otomotif yang berbasis di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China dan telah meluncurkan tiga model mobil listrik sekaligus yaitu, Segel BYD, BYD ATTO 3, dan BYD DOLPHIN. 

Segel BYD memiliki desain estetika laut dengan empat pilihan warna dan kombinasi LED kristal pada lampu depan dan LED One-Piece pada lampu belakang. Lampu depan berbentuk U dengan efek stereo dan lampu belakang yang disusun matriks titik yang menjalar ke seluruh bagian ekor mobil. Serta terdapat konsol tengah dengan layar sentuh multimedia 15,6 inci yang dapat berputar. 

Sedangkan BYD ATTO 3 memiliki lima pilihan warna dengan tampilan lampu depan dan belakang yang memiliki pancaran cahaya lebih luas agar aman berkendara pada saat malam hari. Seperti segel BYD, BYD ATTO 3 juga memiliki layar sentuh yang dapat berputar cerdas. Kelebihan BYD ATTO 3 lainnya adalah memiliki sunroof panorama dan pengisian dengan kecepatan tinggi hanya dalam 29 menit dengan pengisian daya sekitar 30% hingga 80%.

Model mobil listrik terakhir dari brand BYD adalah BYD Dolphin menggunakan desain lampu depan belakang dengan LED kontinu yang melintasi kisi-kisi tengah dengan kesan gaya teknologi avant-garde. Ini terinspirasi dari gerakan dinamis lumba-lumba yang keluar dari lautan. 


Baca Juga:


3. VinFast

Perusahaan Swasta Terbesar di Vietnam. Sumber Foto: VinFast

VinFast merupakan anggota dari Vingroup Company. Brand mobil listrik yang berasal dari Vietnam ini meluncurkan salah satu modelnya yaitu VF5. Mobil listrik ini hadir dengan gaya crossover yang bersaing dengan Wuling Binguo EV dan Neta V.

VF5 memiliki beragam fitur futuristik seperti instrumen digital dan voice control virtual assistant. Selain itu, VF5 juga memiliki fitur keamanan aktif seperti basic cruise monitoring, rear traffic warning, blind spot warning, rear parking assist, dan emergency brake assist. Selain model VF5, ada pula VF6, VF7, dan sedang menyediakan dua model berikutnya, VF8 dan VF 9.  

4. Chery

With Chery With Love. Sumber Foto: Otomotif.Kompas.com

Chery merupakan brand mobil listrik yang merakit mobil listrik di Indonesia dengan beberapa model, di seperti Omoda 5, Omoda 5 GT, Omoda E5, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 8 Pro. Mobil listrik chery model Omoda 5 dan Omoda 5 GT, memiliki penampilan dinamis dengan mesin turbo bertenaga besar dengan menawarkan spektrum warna mobil yang dapat disesuaikan. Keduanya juga memiliki fitur daya nirkabel cerdas dengan sistem pengingat dan kontrol suara cerdas. 

Sementara itu, mobil listrik model Omoda E5 memiliki desain interior dengan kombinasi warna yang mewah, elegan, dan tetap sporty. Mobil ini memiliki layar lengkup super besar dengan tampilan HD. Model Omoda Tiggo 7 pro hampir sama seperti Omoda 5 dan Omoda 5 GT dengan fitur tambahan sistem asisten mengemudi tingkat lanjut dan memiliki interior berteknologi dinamis serta kamera panorama 360 HD. 

Mobil listrik Chery dan model Tiggo 8 pro memiliki fitur yang lebih canggih dibandingkan mobil chery lainnya, seperti adanya fitur koneksi kunci cerdas, sensor pintu belakang otomatis, desain kursi yang mewah dan kabin yang luas, serta sistem AC otomatis zona ganda. Fitur-fitur tersebut tentunya sangat memanjakan para penggunanya.

Nah, itu dia 4 brand mobil listrik baru yang hadir di Indonesia. Dengan variasi yang makin beragam, tren penggunaan mobil listrik diprediksi bakal diminati Mana mobil listrik yang jadi incaran Sobat EBT Heroes, nih? Komen di bawah ya!

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Alvin Pratama

Sumber Rujukan:

[1] NETA

[2] BYD 

[3] Spesifikasi VinFast VF5 yang Akan Meluncr di IIMS 2024

[4] Chery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment

  1. Ce que je ne réalise pas, c’est que vous n’êtes pas beaucoup plus favorisé que vous ne l’êtes actuellement. Vous êtes très intelligent. Vous reconnaissez considérablement ce sujet, ce qui m’a permis de le voir sous de nombreux angles. Les hommes et les femmes ne sont pas fascinés par Lady Gaga.