Waduh! PLTMH Cirompang Rusak Berat

PLTMH Cirompang
PLTMH Cirompang
  • PLTMH Cirompang mengalami kebocoran pipa pesat
  • PLTMH Cirompang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat
  • PLTMH Cirompang memiliki kapasitas total 8 MW

Pada tanggal 28 November 2022 pukul 14.00 telah terjadi kebocoran pipa pesat (penstock) pada pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) Cirompang. PLTMH Cirompang terletak di Desa Cihikeu Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kebocoran pipa pesat (penstock) ini menyebabkan kerusakan kerusakan pada power house PLTMH Cirompang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

BACA JUGA



Menurut keterangan Kapolsek Bungbulang iptu usep semburan air akibat kebocoran pipa pesat (penstock) ini disebabkan adanya pergeseran tanah satu pekan sebelumnya sehingga posisi pipa pesat (penstock) menjadi miring dan terjadi kebocoran pada pipa pesat(penstock). Dan kini sedang ada proses perbaikan pada pipa pesat (penstock) milik PLTMH Cirompang.

Sementara menurut keterangan Direktur Utama PT. Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) M Dawam pada saat ini kebocoran pipa pesat (penstock) sedang diperbaiki agar PLTMH Cirompang bisa kembali mensuplai listrik kepada PLN.

Ilustrasi Pipa Bocor pada PLTMH Cirompang
Ilustrasi kebocoran pipa, Radar Bromo

Sementara itu, suplai listrik kepada masyarakat tidak terganggu akibat kerusakan pada PLTM Cirompang, hal ini sebagai mana yang dikatakan oleh Senior Manager Komunikasi dan Umum PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa, Gunawan

“Dipastikan sistem kelistrikan  PLN aman dan tidak mengganggu pelayanan PLN kepada pelanggan,” ucap Barat, Gunawan dalam keterangannya yang diperoleh Tribunnews, Rabu (30/11/2022).

BACA JUGA



Profil PLTMH Cirompang

Pembangkit listrik tenaga mikro hydro (PLTMH) Cirompang adalah PLTMH yang mulai beroperasi sejak tahun 2016. ini memiliki kapasitas 8 MW dari total 4 unit terpasang . PLTMH Cirompang memanfaatkan air sungai cirompang kemudian membendungnya pada bendung Cirompang. PLTMH Cirompang memiliki pipa pesat (penstock) yang berukuran 1900mm.

PLTMH Cirompang dikelola oleh PT. Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). PLTMH Cirompang menghasilkan listrik sebesar 47.6 GWH per tahun dan digunakan untuk menerangi sekitar 8000 keluarga yang berada di sekitar lokasi PLTMH.

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.