Keren !! PLTA Ini Genap Berusia 100 Tahun

Keren !! PLTA ini genap berusia 100 tahun
PLTA Plengan, Sumber:Kompas.com
  • PLTA Plengan genap berusia 100 tahun
  • PLTA Plengan beroperasi sejak 1922
  • PLTA Plengan berkapasitas 6,7 Mega Watt (MW)

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Plengan genap berusia 100 tahun pada tahun 2022, PLTA yang berlokasi di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung ini mulai beroperasi sejak tahun 1922. Meskipun sudah berusia 100 tahun, hingga saat ini PLTA plengan masih terus memproduksi energi listrik dan bangunanya masih kokoh serta berfungsi dengan baik.

Baca Juga



PLTA Plengan terdiri atas 5 unit yang total berkapasitas 6,7 Mega Watt (MW). Selama perkembangannya, PLTA Plengan mengalami perubahan dari segi peningkatan unit pembangkita listrik. Pada tahun 1962, pemerintah menambah satu buah unit dengan kapasitas 2 MW dan pada tahun 1996 pemerintah kembali menambah kapasitas unit sebesar 1,6 MW.PLTA Plengan mendapat suplai air dari aliran sungai Cisangkui dan aliran sungai lainnya.

Baca Juga



Meskipun PLTA Plengan sudah berusia 100 tahun, namun sistem pengoperasiannya sudah mengalami digitalisasi. Pengoperasian PLTA Plengan sudah bisa dilakukan dari PLTA Saguling. Dulu, operator harus melakukan pengecekan langsung untuk memantau kinerja PLTA Plengan, kini semua bisa dipantau secara online dan bisa di pantau melalui CCTV.

Referensi:

[1] Melihat PLTA Plengan, Sumber Energi Terbarukan yang Kini Berusia 100 Tahun

[2] Keistimewaan PLTA Plengan di Bandung yang Sudah Berusia Satu Abad

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.