Jangan Terlewat, Inilah Jenis-Jenis PLTA Yang Harus Kamu Ketahui!

IInilah Jenis - Jenis PLTA Yang Harus Kamu Ketahui! zonaebt.com
Ilustrasi PLTA, unsplash.com
  • PLTA run of river adalah PLTA yang memanfaatkan arus sungai
  • PLTA dengan dam adalah PLTA yang menampung air dalam dam
  • PLTA dengan pumped storage adalah PLTA yang memiliki upper reservoir dan lower reservoir

PLTA merupakan singkatan dari pembangkit listrik tenaga air. PLTA merupakan pembangkit listrik yang menggunakan energi potensial dan kinetik air untuk membangkitkan energi listrik. Indonesia sebagai salah negara memiliki potensi energi air sebesar 94,5 Gw yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan hanya mampu dimanfaatkan sekitar 6 % saja. Oleh karena itu pemerintah menargetkan pada tahun 2025 pemanfaatan energi air melalui PLTA naik menjadi 23 %. Berdasarkan cara memperoleh potensi air sebagai sumber energi PLTA, berikut jenis – jenis PLTA yang harus kamu ketahui

1. PLTA Run Of River

Ilutrasi PLTA Run Of River, Gesainstech

PLTA jenis ini memanfaatkan arus sungai tanpa harus di tampung terlebih dahulu di dalam dam. PLTA jenis lebih ekonomis bila dibandingkan dengan PLTA yang menggunakan dam yang harus menghabiskan banyak biaya untuk pembuatan dam sebagai penampung air. Salah satu PLTA yang bertipe run of river adalah PLTA Rajamandala. PLTA yang terletak di Desa Cihea, Kecamatan Haurwargi, Kabupaten Cianjur ini memiliki kapasitas 47 MW, PLTA Rajamandala memanfaatkan air keluaran dari PLTA saguling yang kemudian air tersebut digunakan untuk membangkitkan energi listrik.

Baca Juga



2. PLTA Dengan Dam

Ilutrasi PLTA dengan Dam, Media Indonesia

PLTA jenis ini menampung dan menyimpan air di dalam dam, kemudian air tersebut digunakan untuk membangkitkan energi listrik. Keunggulan PLTA jenis ini adalah ketika musim kemarau tiba, kebutuhan air dapat tercukupi karena air sudah tertampung pada dam. Salah satu PLTA yang memiliki dam adalah PLTA Saguling. PLTA yang berkapasitas 700,72 MW ini menampung air aliran Sungai Citarum di dalam Waduk Saguling.

Baca Juga



3. PLTA dengan pumped storage

Ilutrasi PLTA dengan pumped storage, Gesainstech

PLTA  jenis ini adalah jenis PLTA yang memiliki sistem operasi yang berbeda dengan PLTA run of river atau PLTA dengan dam, yaitu ketika waktu beban puncak yaitu pada pukul 17.00-22.00 maka listrik akan dihasilkan dengan cara menyalurkan air dari upper reservoir ke lower reservoir. Adapun ketika tidak dalam waktu beban puncak, maka air akan dipompa dari lower reservoir menuju upper reservoir menggunakan energi dari sistem jawa bali. Dengan sistem operasi seperti ini, PLTA bisa terlepas dari ketergantungan debit sungai dan perubahan musim . Contoh PLTA dengan pumped storage adalah PLTA Cisokan yang baru akan diresmikan pada tahun 2025.

Referensi :

[1] PLTA Upper Cisokan Pumped Storage Segera Dibangun

[2] Melihat Lebih Dekat Pembangkit EBT Modern PLN, PLTA Rajamandala

[3] Mengenal PLTA Saguling, Penopang Jaringan Listrik saat Blackout

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.