Tiga Negara dengan Daya PLTA Terbesar, Indonesia Bisa Menyusul?

  • Air adalah salah satu energi terbarukan yang paling kerap dimanfaatkan oleh banyak negara di dunia.
  • China, Amerika Serikat, dan Brazil adalah negara penghasil daya PLTA terbesar di dunia.
  • Indonesia memiliki daya PLTA yang cukup baik, tapi rakyat tentu berharap kalau kedepannya bisa terus ditingkatkan.

Air merupakan salah satu energi terbarukan paling populer. Banyak negara di dunia⸺termasuk Indonesia⸺sudah memanfaatkan eneri hidro untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah pemanfaatan air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Lalu, kira-kira negara mana sajakah yang sukses memanfaatkan energi air ini untuk PLTA? Apakah Indonesia masuk daftar ini? Simak artikel ini selengkapnya.

Negara Penghasil Daya PLTA Terbesar

China

Jika berbicara soal negara dengan kemajuan, nampaknya China tak pernah absen. Negeri Tirai Bambu ini juga memiliki keunggulan dalam pemanfaatan PLTA. Bahkan, PLTA dengan kapasitas terbesar dunia yang mencapai 22,5 GW bernama Three Gorges juga terletak di China.

Letak dari Three Gorges itu sendiri berada di sungai Yangtze. Ukurannya yang mencapai panjang 2,3 kilometer dab setinggi 181 meter membuatnya sebagai PLTA multifungsi. Pasalnya, PLTA ini juga memiliki peran sebagai pencegah bencana banjir dan untuk keperluan lalu lintas perairan karenamemiliki jalur internal khusus.

Tak Cuma itu, China juga memiliki PLTA Xiluodu yang merupakan PLTA terbesar ketiga di dunia dengan kapasitas mencapai 13,86 GW.

Baca Juga



Amerika Serikat

Salah satu negara paling maju di dunia ini pun tak mau kalah dalam pemanfaatan energi terbarukan, termasuk dari segi pemanfaatan hidro untuk PLTA. Amerika ditaksir memiliki kapasitas total PLTA mencapai 102 GW. Salah satu PLTA terbesar mereka bernama Grand Coulee dengan daya mencapai 6,8 GW yang terletak di sungai Columbia, Washington, AS.

PLTA tersebut memiliki panjang mencapai 1,6 kilometer dengan lebar hingga 503 meter. Selain itu, dari PLTA ini berada di ketinggian 115 mdpl, hingga ditaksir tingginya mencapai dua kali tinggi air terjun Niagara.

Brazil

Brazil merupakan salah satu negara yang cukup maju di bidang PLTA dengan kapasitas mereka yang ditaksi mencapai 100 GW. Selain itu, mereka juga memiliki PLTA Itapiu, yakni PLTA terbesar kedua di dunia.

Itapiu merupakan proyek hasil kerja sama Brazil dan Paraguay. PLTA tersebut dibangun di sungai Parana yang merupakan pertbatasan dari kedua negara tersebut. Sementara itu, kapasitas yang dihasilkan ditaksir mencapai 14 GW.

Baca Juga



Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia sendiri sudah memiliki banyak PLTA yang terbilang cukup mumpuni. Sebagai contoh, PLTA Cirata dengan kapasitas mencapai 1.008 Megawatt dan kemampuan listriknya mencapai 1,428 GWH. Adapula PLTA Jatiluhur yang digadang-gadang mampu menghasilkan air hingga 12,9 miliar kubik dengan daya listrik mencapai 1,000 juta Kwh per tahunnya. Selain itu, masih ada juga PLTA Sagulling, PLTA Musi, PLTA Sulewana, dll.

Tentunya, besar harapan rakyat agar Indonesia bisa terus meningkatkan fasilitas dan infrastruktur seperti ini, termasuk di bidang energi terbarukan yang diyakini akan mendatangkan berbagai dampak positif bagi Indonesia di masa mendatang.

Referensi:

  1. 5 Dam ini menjadi PLTA terbesar dan tercanggih di dunia
  2. Intip 5 Negara Produsen PLTA Terbesar di Dunia
  3. 10 PLTA dengan Kapasitas Pembangkit Terbesar di Dunia
  4. 5 PLTA Penyedia Listrik Terbesar di Indonesia
Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.