PLTA Sutami, Tulang Punggung Ketenagalistrikan Jawa Timur

PLTA Sutami, Tulang Punggung Ketenagalistrikan Jawa Timur
PLTA Sutami swa.co.id
  • PLTA Sutami menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur
  • Tahun 1981 bulan April Presiden Soeharto merubah nama PLTA Karangkates menjadi PLTA Sutami
  • PLTA Sutami sendiri terdiri dari 3 Unit Pembangkit yang masing-masing sebesar 35 MegaWatt

Terletak di Kabupaten Malang tepatnya di Waduk Karangkates, PLTA Sutami menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Dibangun tahun 1973 hinga 1975 dan memiliki 3 buah Unit Pembangkit, PLTA Sutami menjadi bagian penting dalam ketenagalistrikan Provinsi Jawa Timur khususnya di daerah selatan Jawa Timur selain itu PLTA Sutami sendiri juga membantu unit-unit pembangkit lainnya yang berada di Jawa Timur.

Saat diresmikan pertama kali, dahulu PLTA ini diberi nama sama seperti bendungannya yaitu Bendungan Karangkates dan PLTA Karangkates. Namun pada tahun 1981 bulan April Presiden Soeharto merubah nama PLTA Karangkates menjadi PLTA Sutami, nama ini sendiri merupakan nama seorang tokoh yang berperan besar saat pemerintahan Presiden Soeharto yakni Prof. Dr. Ir. Sutami seorang menteri Pekerjaan Umum yang banyak menangani proyek-proyek pekerjaan umum saat itu, sehingga nama Sutami pun diberikan kepada PLTA ini sebagai tanda terima kasih atas jasa-jasa Prof. Dr. Ir. Sutami saat mengemban tanggung jawab di Kementerian Pekerjaan Umum saat itu.

Baca Juga



PLTA Sutami, sumber indoplaces.com

PLTA Sutami sendiri terdiri dari 3 Unit Pembangkit yang masing-masing sebesar 35 MegaWatt, pada awal diresmikannya PLTA Sutami beroperasi dengan 2 unit turbin yakni Turbin 1 dan Turbin 2 lalu tiga tahun berselang pada tahun 1976 Turbin 3 mul ai dioperasikan. PLTA Sutami sendiri dioperasikan oleh PT. PJB UP Brantas yang sekarang telah berubah menjadi PT. Nusantara Power. PLTA Sutami merupakan salah satu dari 14 unit PLTA yang berada di bawah naungan UP Brantas yang sekaligus menjadi yang terbesar di antara PLTA UP Brantas lainnya.

Baca Juga



PLTA Sutami sendiri tidak hanya mengaliri listrik di area selatan Jawa Timur saja namun juga terintegrasi dengan pembangkit lainnya seperti di Paiton, Grati, Krian, Kediri, Gresik dan Ngimbang sehingga PLTA Sutami sendiri juga dapat menjadi backup power ketika pembangkit-pembangkit lainnya mengalami gangguan seperti yang diucapkan oleh Manager Engineering UP Brantas Muhaimin “Apabila (pembangkit) di Jawa Timur padam semua. Semuanya (yang membantu menyalakan) dari Sutami,” lalu beliau juga menambahkan untuk pengelolaan, PLTA Sutami bekerja sama dengan Perum Jasa Tirta 1 “Kita punya kontrak dengan Perum Jasa Tirta. Untuk pengelolaan pembangkitan listrik oleh kami. Sedangkan mengenai kebersihan dari Jasa Tirta,” tandasnya.

Makin tahu Indonesia, bahwa kita Indonesia banyak punya potensi sumber energi bersih (energi terbarukan). Salah satunya energi listrik dari air yang sumber dari sungai. Yuk baca artikel energi terbarukan lainnnya di website zonaebt.com

Referensi

[1] Mengintip PLTA Terbesar di Jawa Timur

[2] PLTA Karangkates: PLTA Terbesar se-Jawa Timur, Seperti Apa Penampakannya?

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.