Siap Susul Cirata, PLTS Singkarak dan Saguling Mulai Digarap

  • PT. PLN melalui sub-holding PLN Indonesia Power meresmikan proyek PLTS Terapung lainnya yakni PLTS Terapung Singkarak dan PLTS Terapung Saguling.
  • PLTS Terapung Singkarak dan Saguling akan memiliki kapasitas pembangkitan sebesar 50 MWac dan 60 MWac.

PLTS Terapung makin hari makin digandrungi sebagai penghasil tenaga listrik terbarukan di dunia khususnya di Indonesia. Seperti PLTS Terapung Waduk Cirata yang digadang-gadang sebagai PLTS Terapung terbesar di Asia Tenggara nantinya, lalu PLTS Terapung Muara Tukad yang saat KTT G20 resmi beroperasi sebagai PLTS Terapung komersial pertama di Indonesia. Masih dalam gelaran G20 2022 di Bali, PT. PLN melalui sub-holding PLN Indonesia Power meresmikan proyek PLTS Terapung lainnya yakni PLTS Terapung Singkarak dan PLTS Terapung Saguling.

Baca Juga



Kedua proyek ini diprakarsai oleh PT. PLN Indonesia Power dan menggandeng ACWA Power dengan total investasi mencapai USD 104,95 juta. Dengan investasi itu PLTS Terapung Singkarak dan Saguling akan memiliki kapasitas pembangkitan sebesar 50 MegaWatt AC (MWac) dan 60 MegaWatt AC (MWac). Nantinya saat telah resmi beroperasi PLTS Terapung Singkarak akan disalurkan melalui interkoneksi 150 kV GI Padang Panjang, lalu untuk PLTS Terapung Saguling akan disalurkan melalui interkoneksi 150 kV GI Rajamandala di Bandung Barat.

Kedua proyek ini merupakan tandan keseriusan Indonesia dalam menghadapai transisi energi, dan juga sebagai revolusi dalam pengembangan EBT di Indonesia. “Kami berharap proyek ini mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pengembangan bisnis EBT di Indonesia,” ungkap Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT. PLN “Ini merupakan keseriusan PLN sebagai garda terdepan transisi energi di Indonesia, menuju kelistrikan yang semakin ramah lingkungan dan sustainable dapat segera terwujud,” pungkas Darmawan. Pembangunan PLTS Terapung di Danau Singkarak menggunakan 0,33 persen dari Danau Singkarak, sedangkan untuk PLTS Terapung di Waduk Saguling menggunakan 1,69 persen dari luasan Waduk Saguling.

Baca Juga



Proyek ini merupakan proyek lanjutan PT. PLN yang sebelumnya juga sudah memulai pengerjaan PLTS Terapung Cirata yang akan menjadi PLTS Terapung terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas pembangkitan sebesar 145 MWac yang sedang digarap oleh PLN Nusantara Power

Makin tahu Indonesia bahwa selain dijadikan sebagai PLTA, danau dan waduk juga dapat dijadikan sebagai lahan PLTS Terapung, temukan beragam potensi energi terbarukan lainnya di zonaebt.com

Referensi

[1]Proyek PLTS Terapung Singkarak dan Saguling Telan Investasi USD 104,9 Juta

[2]PLN siap kerjakan PLTS Terapung Singkarak dan Saguling

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.