Mengenal PLTP Blawan Ijen, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Yang Baru Di Indonesia

Ilustrasi, Geothermal Power Plant, Pexels.com
  • PLTP Blawan Ijen berada di Bondowoso, Jawa Timur yang menjadi kebanggaan warga sekitar
  • Dengan rencana keseluruhan kapasitas sebesar 110 MW
  • Target beroperasi unit 1 pada tahun 2024 mendatang

Upaya untuk memanfaatkan penggunaan energi terbarukan yang bersih terus dilakukan oleh pemerintah, dengan mengembangkan panas bumi untuk pemenuhan kebutuhan suplai dari kebutuhan energi nasional.

Berbagai proyek pembangkit panas bumi sedang digarap oleh pemerintah guna untuk mencapai target peningkatan bauran energi baru pada tahun 2025 sebesar 23%. Salah satunya adalah proyek pembangunan PLTP.

Proyek yang sedang digarap pemerintah saat ini adalah proyek pembangunan PLTP baru. Proses pembangunan yang sedang dikebut adalah PLTP Blawan Ijen yang berada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Proyek ini menjadi salah satu kebanggan dari warga sekitar daerah pembangunan.

Baca juga



Dengan keseluruhan kapasitas sebesar 110 MW dengan total 2×55 MW. Untuk serah terima pembangunan nantinya, PLTP sudah berkapasitas minimal 30 MW terlebih dahulu. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, Didik Agus Wijanarko.

Secara keseluruhan, pasokan listrik di Jawa Timur memang masih surplus. Tetapi pembangunan PLTP Blawan Ijen dibangun guna menyesuaikan program dari pemerintah untuk mengurangi pembangkit yang tidak ramah lingkungan.

Baca juga



Setelah pengembangan proyek PLTP yang telah berjalan 11 tahun maka rencana penyelesaian unit 1-55 MW ditargetkan selesai pada tahun 2024. Pengembangan unit 1 pada tahap pertama sebesar 31,4 MW.

Untuk penyelesaian unit 2-55 MW ditargetkan selesau pada tahun 2026. Tahapan eksploitasi yang telah dilakukan sesuai dengan rencana pengembagan dari PLTP Blawan Ijen.

Makin tahu Indonesia potensi energi terbarukan di Jawa Timur berdasarkan data Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), untuk panas bumi sebesar 1.012 MW, energi air 525 MW, energi angin 7.907 MW, bioenergi 3.420 MW, energi surya 10.335 MW dan energi gelombang 1.200 MW.

Referensi

[1] Ditjen EBTKE Targetkan PLTP Blawan Ijen Unit 1 Beroperasi pada 2024

[2] Selesai Eksplorasi, Proyek PLTP Blawan Ijen Unit 1 Ditargetkan Beroperasi 2024

[3] PLTP Balawan Ijen Berkapasitas 110 MW Beroperasi Awal 2024

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.