Seperti Harta Karun, Kapasitas Panas Bumi Di Indonesia Terbesar Ke-2 Di Dunia!

Ilustrasi penampungan panas bumi pexels.com
  • Indonesia sebagai negara yang berada di kawasan cincin api memiliki sumber daya panas bumi yang melimpah
  • Berada di urutan ke-2 dunia setelah Amerika Serikat, kapasitas nya mencapai 23.965,5 MW
  • Kapasitas yang berlimpah tak dimanfaatkan secara keseluruhan, masih dibawah 10%

Untuk sektor energi terbarukan yang saat ini beberapa negara sedang berinovasi, tentunya di Indonesia ternyata menyimpan berbagai aneka harta karun. Harta Karun yang bukan emas, bukan juga berlian seperti biasanya yang diketahui masyarakat.

Harta karun yang dimaksud adalah kapasitas panas bumi yang melimpah dikarenakan Indonesia terletak di kawasan cincin api dan memiliki gunung berapi yang banyak, panas bumi termasuk energi terbarukan yang saat ini baru dikembangkan di Indonesia, sangat menarik potensi ini bukan?

Baca juga



Dalam hal kapasitas, menurut Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Harris. Terhitung hingga pertengahan Oktober 2022 Indonesia memiliki total kapasitas 23.965,5 MW, hanya satu level di bawah Amerika Serikat yang memiliki kapasitas 30.000 MW.

Potensi yang dimiliki Indonesia ini, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan urutan ke-2 dunia dalam hal kapasitas panas bumi. Melewati beberapa negara seperti Filipina dan Turki serta beberapa negara maju lain nya, ajaib nya lagi sebanyak 40% cadangan panas bumi dunia berada di Indonesia!

Dengan potensi sebesar itu, seharusnya bisa menjadi ladang baru untuk pemanfaatan energi terbarukan. Namun, potensi sebesar ini hanya menjadi data saja dan pemanfaatan nya masih minim. Bahkan tidak mencapai 10%.

Baca juga



Pemanfaatan yang hanya 2.342,63 MW, menandakan hanya sebesar 9,8% dari sumber daya panas bumi yang telah tersedia saat ini. Target hingga akhir tahun 2022 masih lebih rendah 37,37 MW dari target awal tahun yang telah ditetapkan yaitu 2.384,9 MW.

Makin tahu Indonesia, dengan beberapa kelebihan yang dimiliki panas bumi. Diyakini bahwa Indonesia sejatinya akan mencapai target pemanfaatan dari panas bumi sebesar 23% pada tahun 2025, walaupun target tahun 2022 masih kurang, namun tidak membuat pemerintah goyah untuk memanfaatkan panas bumi lebih baik hingga menjadi harta karun yang melimpah untuk kebaikan sumber energi negara.

Referensi

[1] Kapasitas Panas Bumi Indonesia Terbesar Kedua Dunia

[2] Terbesar Kedua Setelah AS, Panas Bumi RI Kunci Dekarbonisasi

[3] RI Punya Harta Karun Terbesar Ke-2 Dunia, Sayang Diabaikan

[4] RI Punya Harta Karun Top 2 Dunia, Tapi Baru Dimanfaatkan 9,8%

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.