Komitmen BRI Dalam Mengatasi Perubahan Iklim dan Bisnis Berkelanjutan

  • Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, turut berkomitmen untuk berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim hingga bisa menciptakan pertumbuhan berkelanjutan.
  • Menyadari bahwa perubahan iklim akan berdampak secara tidak langsung pada perekonomian nasional yang kemudian berdampak juga kepada kinerja perbankan
  • Dalam upaya mengatasi dampak perubahan iklim BRI meningkatkan pembiayaan pada sektor-sektor keberlangsungan

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, turut berkomitmen untuk berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim hingga bisa menciptakan pertumbuhan berkelanjutan.

Menyelaraskan dunia bisnis berkelanjutan dengan kelestarian lingkungan kini menjadi tren sekaligus kebutuhan PT Bank Rakyat Indonesia untuk turut ambil bagian penting dalam hal ini.

Berbarengan dengan hari lingkungan hidup internasional yang jatuh pada 5 Juni 2022 Silam, BRI dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital terus berinovasi sehingga dapat mengurangi potensi emisi karbondioksida dan penggunaan sumber daya alam.

Baca juga:



Selain itu inovasi yang dilakukan oleh BRI ini sejalan dengan isu lingkungan dan perubahan iklim yang menjadi salah satu isu dari agenda prioritas G20 Indonesia 2022.

Menyadari bahwa perubahan iklim akan berdampak secara tidak langsung pada perekonomian nasional yang kemudian berdampak juga kepada kinerja perbankan.

Upaya yang dilakukan bank oleh BRI

Dalam upaya mengatasi dampak perubahan iklim BRI meningkatkan pembiayaan pada sektor-sektor keberlangsungan hingga Kuartal ke I-2022 penyaluran kredit ke sektor hijau (Green Sector) mencapai Rp 639,9 triliun atau tumbuh Rp13,4% secara Year on Year.

Pembiayaan itu mencakup sektor UMKM sebesar Rp568,4 triliun lebih lanjut sebanyak Rp45,2 triliun ke sektor pengolahan lahan dan sumber daya sumber daya berkelanjutan sebanyak  Rp14,6 triliun ke sektor clean transportation

Selain itu sebanyak Rp2,1 triliun kepada sektor Green building dan Rp6,3 triliun ke sektor yang terkait renewable energy, dengan dana yang tercatat telah digunakan untuk aktivitas sosial sebesar 6,9% dan Green Project sebesar 31%

Baca juga:



Selain itu BRI juga mengimplementasikan BRISPOT  yang menjadi solusi penyaluran kredit secara digital sehingga dapat mengurangi penggunaan kertas, dengan adanya digital banking ini  yang menyediakan layanan dalam satu aplikasi saja semakin membuat transaksi menjadi lebih praktis dan ramah lingkungan

Selain meningkatkan pembiayaan pada sektor-sektor berkelanjutan PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, juga mengajak masyarakat turut ambil bagian untuk menyelamatkan bumi sekaligus berinvestasi dengan aman.

Diantaranya, dengan menjadi investor penerbitan obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan I Bank BRI atau disebut juga Green Bond Masyarakat dapat berinvestasi pada green bond yang diterbitkan BRI tersebut dengan masa penawaran umum yang dilaksanakan pada 14 Juli 2022, dan akan ditutup pada 15 Juli 2022 mendatang

Referensi:

  1. BRI Perkuat Komitmen Atasi Perubahan Iklim
  2. Dukung Bisnis Berkelanjutan, BRI Ajak Masyarakat Berinvestasi sekaligus Selamatkan Bumi Melalui Green Bond

Editor : Muhammad Fhandra Hardiyon

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.