Rekomendasi Mobil Listrik Terbaru!

Omoda E5 EV. Sumber: vision.ph
  • Mobil listrik menjadi sorotan utama para perusahaan otomotif untuk bersaing dengan perusahaan – perusahaan lain dalam produksi kendaraan listrik.
  • Kendaraan listrik sudah cukup banyak di Indonesia dengan harga Rp200 juta hingga Rp1 milyar sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Memakai kendaraan listrik artinya kamu sudah berkontribusi untuk menyelamatkan Indonesia dari polusi yang makin tahun makin memburuk.

Indonesia telah banyak melakukan transformasi menuju Indonesia yang lebih baik. Beberapa cara dilakukan agar membuat Indonesia menjadi negara yang lebih hijau dan bebas dari polusi. Salah satu solusi untuk menjadi Indonesia hijau ialah kendaraan listrik.

Kendaraan listrik merupakan solusi untuk mengurangi polusi udara yang kian kotor tiap bertambahnya tahun. Hal ini didukung dengan jumlah pengendara motor maupun mobil yang tiap tahun bertambah jumlahnya. Maka dari itu, kendaraan listrik menjadi sebuah solusi agar pengendara mobil maupun motor tidak lagi mengeluarkan emisi dari kendaraan yang digunakan.

Kendaraan lisrik menghasilkan emisi yang sangat minim. Ini akan membuat udara yang kotor berangsur – angsur menjadi bersih. Diharapkan kendaraan listrik ini dapat digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sobat EBT Heroes ada yang mau ganti kendaraannya menjadi kendaraan listrik? Yuk, simak baik – baik rekomendasi mobil listrik terbaru!

Baca Juga:



Rekomendasi Mobil Listrik!

Beberapa kendaraan listrik resmi diluncurkan di Indonesia dengan berbagai spesifikasi dan harga yang tentu dapat menimbulkan minat untuk membelinya. Perusahaan – perusahaan otomotif siap untuk mempertunjukkan kendaraan listriknya agar bisa bersaing dan unggul.

Ini dia rekomendasi mobil listrik terbaru:

1) Wuling Air EV

Wuling EV. Sumber: wikipedia

Mobil Wuling Air EV pertama kali dipamerkan oleh Wuling Motors Indonesia tahun lalu dalam acara Periklindo Electric Vehicle Shows (PEVS) 2022 di JIEXpo Kemayoran. Saat itu, Wuling EV menjadi mobil yang dijual resmi di Indonesia dengan harga termurah, loh, Sobat EBT Heroes.

Mobil ini dibanderol dengan harga Rp200 jutaan dengan ukuran yang kecil. Namun, tetap menarik untuk kalangan anak muda dengan desain futuristik pada bagian eksteriornya. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini memiliki daya jelajah mencapai 200-300 km. Mobil ini sudah cukup untuk digunakan sebagai mobilitas harian seperti perjalanan pulang pergi ke kampus maupun tempat kerja dalam kota.

2) Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5. Sumber: detik.oto.com

Mobil ini pertama kali diperkenalkan dan meluncur di Korea Selatan pada Januari 2016 silam. Lalu, mobil listrik ini diproduksi di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Jawa Barat. IONIQ 5 merupakan hasil kerja sama dengan Hyundai sehingga dapat disebut sebagai mobil listrik buatan Indonesia.

Mobil listrik ini menjadi pusat perhatian dikarenakan tampilannya yang cantik sehingga membuat orang – orang ingin mengendarainya. Selain itu, IONIQ 5 ini menggunakan baterai lithium ion yang didinginkan cairan dengan kapasitas sebesar 58 kWh.

Dalam kondisi baterai penuh, mobil ini dapat menempuh jarak maksimal sejauh 384 km. Untuk varian dengan kapasitas baterai lebih tinggi, yaitu 72,6 kWh, jarak yang dapat ditempuh mencapai 481 km. Mobil ini dibanderol dengan harga di antara Rp718 juta hingga Rp829 juta dengan tipe mobil yang berbeda-beda.

3) Nissan Leaf

Nissan Leaf. Sumber: otosia.com

Nissan Leaf resmi diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2021. Mobil ini berbentuk hatchback dan dapat menampung 5 penumpang. Desain dan performa mobil ini sangat relevan meskipun usianya sekitar 2 tahun sejak diluncurkan.

Nissan Leaf menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh dengan tenaga sebesar 120 Hp. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini memiliki jarak tempuh maksimal sejauh 311 km.

Nissan Leaf dibanderol dengan harga Rp738 juta untuk varian Leaf One Toned dan Rp740 juta untuk varian Leaf Two Toned.

4) Toyota bZ4X

Toyota bZ4X. Sumber: oto.com

Mobil ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Mobil ini memiliki jangkauan yang luas dan waktu pengisian baterai yang cepat. Tidak kalah dengan mobil yang lain, bZ4X ini memiliki desain futuristik, performa tangguh, dan ramah lingkungan.

Kecepatan maksimal yang dapat dicapai oleh mobil ini ialah 160 km/jam. Mobil listrik ini juga dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik untuk versi FWD.

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion 355 volt dengan kapasitas total 71,4 kWh. Model FWD dapat menempuh jarak hingga 500 kilometer sedangkan model AWD memiliki jarak tempuh sekitar 460 kilometer. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp1,19 miliar hingga Rp1,198 miliar.

5) Omoda E5 EV

Omoda E5. Sumber: wapcar.my

Omoda E5 memiliki tampilan yang super mewah dengan kombinasi warna yang sangat cantik. Gen Milenial dan Gen Z dijamin bakal suka banget!

Mobil ini memiliki spesifikasi yang sangat baik, yaitu dapat menempuh hingga 450 km dan mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,6 detik. Mobil ini juga didukung pengisian daya cepat 110 kW DC yang memungkinkan mengisi data dari 0-80% hanya dalam 30 menit.

Kendaraan ini dibanderol dengan harga Rp488 juta untuk 1000 pembelian pertama. Harga normalnya ialah Rp490 juta.

Baca Juga:



Saran Mobil Listrik yang Paling Worth It!

Setelah melihat informasi yang telah dipaparkan, sepertinya kita sudah dapat menyimpulkan untuk mobil listrik yang paling worth it, ya, Sobat EBT Heroes.

Jika kamu ingin mencari mobil listrik keluaran terbaru, mungkin pilihanmu akan jatuh ke mobil listrik dari PT Chery Indonesia. Yups, Omoda E5 EV. Omoda E5 EV baru diluncurkan pada tahun 2024, loh, Sobat EBT Heroes. Selain itu, mereka menawarkan harga yang fantastis, yaitu Rp490 juta. Bagi kamu yang ingin membeli mobil ini, untuk 1000 orang pertama akan mendapatkan penawaran terbaik, loh.

Mobil listrik lain tak kalah canggih dan worth it-nya nih, Sobat EBT Heroes. Jika kamu ingin mencari mobil listrik yang dapat menempuh jarak yang jauh, kamu harus mulai menabung untuk membeli Toyota b4ZX. Harganya memang lumayan, ya, Sobat EBT Heroes, namun kualitas yang diberikannya tentu yang terbaik.

Namun, jika merasa ingin membeli mobil listrik dengan harga minim tapi tetep oke, kamu bisa membeli mobil Wuling cukup dengan Rp200 jutaan. Mobil ini tak kalah dengan yang harganya mahal, loh Sobat EBT Heroes. Ini cocok buat kamu yang masih muda karena body-nya yang tidak terlalu besar. Cocok untuk dibawa pulang pergi kampus sambil bawa doi.

Masih banyak pilihan mobil listrik lain yang pastinya harga oke dan kualitas terbaik, Sobat EBT Heroes. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Mengapa Harus Kendaraan Listrik?

Dari tadi kita berbicara terkait mobil listrik, emang kenapa harus mobil listrik, sih? Padahal dari segi harga, mobil bahan bakar bensin lebih oke harganya.

Yup, mungkin sebagian dari kita akan berpikir seperti di atas, ya, Sobat EBT Heroes. Tapi, tanpa kita sadari dengan membeli mobil listrik kita sudah merawat bumi kita. Dengan mobil listrik, kita juga sudah lebih memperhatikan polusi udara yang sebagaimana kita tahu bahwa udara di Indonesia sangat buruk.

Akan lebih mengerikan jika polusi udara memburuk karena dengan polusi udara yang semakin memburuk. Polusi ini akan menimbulkan penyakit – penyakit pernafasan yang sangat fatal.

Kendaraan listrik memiliki kelebihan yaitu menghasilkan lebih sedikit emisi dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar bensin. Maka dari itu, mari kita beralih dari kendaraan berbahan bakar bensin menjadi kendaraan listrik demi udara yang lebih baik.

#zonaEBT #SobatEBTHeroes #SebarTerbarukan

Editor: Ken Hitana Prakarsi

Referensi:

[1] Deretan mobil listrik terpopuler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

23 Comment