Modifikasi pada Mobil Listrik, Mana yang Boleh dan Tidak?

Modifikasi pada kendaraan listrik. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT

  • Mobil listrik kini menjadi tren dan sudah memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan, seperti pecinta otomotif.
  • Pecinta otomotif menjadikan mobil listrik menjadi sesuatu hal yang harus dicoba dan didesain kembali. 
  • Tujuan mobil listrik dimodifikasi adalah untuk mempercantik tampilan mobil listrik agar berbeda dengan yang lain. 

Kendaraan listrik kini sekarang sudah menjadi tren di berbagai kalangan masyarakat dengan keperluannya masing-masing. Tentunya bagi para pecinta otomotif, mobil listrik ini merupakan hal yang harus dicoba, terlebih lagi mobil listrik ini memiliki fitur-fitur yang lebih canggih dibandingkan mobil pada umumnya. Selain itu, mobil listrik tidak menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga tidak menyebabkan polusi udara dari asap kendaraan. 

Banyaknya pengguna mobil listrik saat ini menciptakan tren lain yang digeluti oleh para pecinta mobil, yaitu modifikasi. Para pengguna mobil listrik terutama yang menggeluti bidang otomotif kini mulai berlomba-lomba untuk mempercantik mobil listriknya agar dapat tampil berbeda dengan mobil listrik lain melalui modifikasi pada beberapa bagian yang ada pada mobil listrik.

Seperti mobil berbahan bakar minyak (BBM) pada umumnya, mobil listrik juga tentu dapat dilakukan modifikasi dengan berbagai macam tujuan, seperti mempercantik tampilan luar maupun dalam pada mobil listrik, menambahkan aksesoris, ataupun memperbaiki performa. 

Baca Juga:

Nah, Sobat EBT Heroes tau ga sih kalau ternyata mobil listrik itu ga boleh asal dimodifikasi loh!! Konsultasi dan pertimbangan perlu dilakukan sebelum melakukan modifikasi mobil listrik. Langsung scroll ke bawah ya untuk tau bagian mobil listrik mana saja yang boleh dan tidak boleh dimodifikasi!!

Bagian Mobil Listrik yang Boleh Dimodifikasi

Modifikasi Bagian Mobil Listrik yang Dibolehkan. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT

Modifikasi Pelek Mobil, modifikasi ini yang paling sering dilakukan oleh para pecinta otomotif. Biasanya pelek diganti dengan ukuran diameter yang lebih besar atau naik dua inci dari ukuran pelek aslinya. Modifikasi pelek pada mobil listrik sering kali terjadi pada mobil listrik merk Hyundai Ioniq 5 dan Tesla. 

Perlu diperhatikan lagi bahwa modifikasi pada pelek mobil listrik harus memperhatikan bobot dari pelek, sebaiknya bobot pelek yang dimodifikasi tidak boleh lebih berat dari bobot pelek standar. 

Apa Saja Bagian Mobil Listrik yang Tidak Boleh Dimodifikasi?

Modifikasi Bagian Mobil Listrik yang Dilarang. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT

Modifikasi Audio, modifikasi pada bagian audio ini sangat tidak dianjurkan pada mobil listrik, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada sistem elektrikal mobil, mempengaruhi kinerja baterai, dan dapat mengacaukan sistem kabel pada mobil listrik. Selain itu, melakukan modifikasi audio pada mobil listrik dapat berdampak pada hangusnya garansi pembelian mobil listrik yang belum mencapai 5 tahun. 

Tantangan Apa Saja yang Terjadi pada Saat Modifikasi?

Tantangan Modifikasi Mobil Listrik. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT

Memodifikasi mobil listrik di Indonesia masih menjadi tantangan bagi para pecinta otomotif yang suka memodifikasi kendaraannya. Salah satu tantangan yang biasa terjadi adalah minimnya ketersediaan parts atau suku cadang bahkan masih belum tersedia bagi beberapa merk mobil listrik dan masih kurangnya teknologi maupun teknisi yang mendukung untuk melakukan modifikasi pada mobil listrik. 

Baca Juga:

Gimana nih EBT Heroes, sekarang jadi tau kan kalau ternyata mobil listrik bisa di modifikasi seperti mobil lainnya, tentunya dengan memperhatikan bagian mana saja yang boleh dan tidak boleh dimodifikasi. 

Tetap diingat juga ya EBT Heroes apabila kalian ingin melakukan modifikasi pada mobil listrik, sangat disarankan untuk datang ke bengkel resmi mobil listrik tersebut dan konsultasikan kepada teknisi perihal bagian mobil listrik mana saja yang boleh dan tidak boleh dimodifikasi sesuai dengan jenis mobil listriknya.

Semoga Bermanfaat ya!

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Fitri Pilami

Sumber Rujukan:

[1] Linkedin ZonaEBT

[2] Haram Modifikasi Ini di Mobil Listrik, Bikin Garansi Hangus

[3] Mau Ganti Pelek pada Mobil Listrik, Simak Hal Ini

[4] Biar Enggak Nyesel, Ahli Sarankan Ini Saat Ganti Pelek Mobil Listrik – GridOto.com

[5] Modifikasi Mobil Listrik Mulai Dilirik – Berita Otomotif | Mobil123

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *