Mengisi Daya, Mengisi Harapan: Revolusi Kendaraan Listrik di Perkotaan

Ilustrasi Kendaraan Listrik. Sumber: CNBC Indonesia
  • Dampak positif dan keuntungan dari kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV).
  • Kendaraan Listrik memberikan manfaat terhadap kalangan masyarakat.
  • Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung ekosistem kendaraan Listrik untuk menuju masa depan transportasi hijau.

Halo Sobat EBT Heroes! Sesuai dengan namanya, kendaraan listrik merupakan kendaraan yang sumber energinya berasal dari tenaga listrik. Perkembangan kendaraan listrik semakin cepat dan kompetitif terutama di Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh semakin banyaknya beragam varian dan desain yang kece dari kendaraan listrik, seperti motor dan mobil listrik. 

Selain memiliki desain yang menarik, kendaraan listrik juga memberikan banyak keuntungan loh, Sobat EBT Heroes. Yuk kita simak bersama, Sobat EBT Heroes! kira-kira apa aja ya, keuntungan dari kendaraan listrik?

Baca Juga



5 Keuntungan dari Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Sumber: JEKTV News.com

Kendaraan listrik sendiri memberikan banyak kegunaan dan dampak yang positif. Nah, sudah Sobat EBT rangkum sebagai berikut:

1. Hemat Bahan Bakar

Wah, ternyata kendaraan listrik ini menghemat dalam penggunaan bahan bakar loh, Sobat EBT Heroes! Karena memanfaatkan sumber energi listrik, tentunya kendaraan listrik lebih hemat bahan bakar jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar bensin. Sebagai gambaran kasarnya, Sobat EBT Heroes bisa menghemat hingga Rp320 ribu per bulan untuk rata-rata jarak tempuh 22 kilometer setiap harinya. Lumayan irit, bukan?

2. Ramah Lingkungan

Kelebihan selanjutnya dari kendaraan listrik adalah sama sekali tidak menghasilkan emisi gas buang dari proses kerjanya. Tentunya ini menjadi kabar yang baik bagi permasalahan lingkungan di Indonesia yang akhir-akhir ini sudah semakin parah, dengan memburuknya kualitas udara. Selain mengurangi polusi udara, kendaraan listrik juga tidak memberikan polusi terhadap suara, loh! Keren banget ga sih, Sobat EBT Heroes? Gimana, Sobat EBT Heroes tertarik kan punya kendaraan yang bukan aja berfungsi dalam kehidupan sehari-hari tapi juga Eco-Friendly? 

3. Minim Perawatan

Masih ada lagi nih, keuntungan dari kendaraan listrik yaitu perawatannya yang minim. Sobat EBT Heroes tidak perlu mengganti oli dan mengisi air radiator secara rutin karena komponen mesin dirancang dengan spesifikasi yang berbeda. Hal ini dikarenakan spare part yang dimiliki oleh kendaraan listrik tidak sekompleks kendaraan yang berbahan bakar bensin.

4. Mudah Dalam Pengisian

Manfaat yang bisa dirasakan oleh Sobat EBT Heroes ketika menggunakan kendaraan listrik adalah pengisian dayanya lebih mudah karena dapat dilakukan di mana saja. Ketika baterai habis, Sobat EBT Heroes dapat mengisinya di rumah atau mengunjungi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Mudah banget, bukan? Jadi Sobat EBT Heroes tidak perlu mengantri terlalu panjang untuk mengisi bensin di SPBU.

5. Bebas Ganjil Genap

Jika Sobat EBT Heroes memiliki kendaraan listrik, terkhususnya di DKI Jakarta bisa menggunakan kendaraannya setiap hari tanpa perlu khawatir ditilang karena melanggar peraturan ganjil genap.

Hal ini didasarkan oleh kebijakan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

Dampak Nyata Kendaraan Listrik bagi Masyarakat

Manfaat kendaraan listrik bagi masyarakat. Sumber: Jatimnet.com

Sebelumnya, Sobat EBT Heroes sudah mengetahui bahwa ada 5 keuntungan dari kendaraan listrik. Hal ini juga dirasakan oleh salah satu Sobat EBT Heroes, loh yaitu Driver Ojol Wawan Poedji Santoso. “Sekarang malah bisa menabung lebih banyak. Pengeluaran bensin sebesar Rp50 ribu per hari serta ongkos perawatan sekitar Rp200 ribu saban dua-tiga minggu, tak ada lagi,” ungkap Wawan.

Meskipun di awal sempat bingung menggunakan kendaraan listrik, Wawan mengaku kini tak lagi khawatir termasuk perawatan dan biayanya karena sejak menggunakan Electric Vehicle (EV) untuk ojek online, dirinya mampu menekan pengeluaran berlebih.  

Selain itu, hal serupa juga dirasakan dari salah satu pengguna mobil listrik, Norita menuturkan betapa hematnya dan ramah lingkungan kendaraan listrik yang sudah ia gunakan selama 5 bulan tersebut.

“Mobil listrik sangat menghemat biaya operasional, dari pajak hingga service pun murah. Biasanya service itu bisa sampai Rp500 ribu tapi untuk mobil listrik hanya Rp100 ribu. Ini juga sangat ramah lingkungan, tidak mengeluarkan asap dan polusi,” tutur Norita.

Baca Juga



Upaya Pemerintah dalam Mendukung Penggunaan Kendaraan Listrik

Pemerintah mendukung penggunaan kendaraan listrik guna menciptakan lingkungan bebas polusi. Sumber: Alinea.id

Sepanjang tahun 2023 hingga sekarang, pemerintah berupaya untuk memperkuat transmisi dari penggunaan kendaraan berbasis fosil menuju kendaraan listrik di masyarakat, sekaligus membuat industri transportasi Indonesia menjadi industri yang ramah lingkungan.

Hal ini dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 79 Tahun 2023 tentang Perubahan Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) diharapkan akan mendongkrak kapasistas produksi kendaraan listrik di Indonesia.

Nah, dengan menggunakan kendaraan listrik sudah sangat membantu Indonesia untuk menuju masa depan yang ramah lingkungan, loh! Yuk, Sobat EBT Heroes mari mulai dari langkah kecil yang memberikan impact yang besar!

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Savira Oktavia

Referensi

[1] Lebih Hemat Pakai Kendaraan Listrik, Masyarakat Nikmati Beragam Kemudahan

[2] Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik, Simak Sebelum Beli!

[3] Manfaat Yang Akan Kamu Dapat kalau Punya Mobil Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Comment