Daftar 5 Mobil Listrik Terlaris Sepanjang 2022, Wuling Vs Hyundai Saingan Ketat!

Ilustrasi mobil listrik. Sumber: Pinterest.com
  • Mobil listrik di Indonesia ini terbilang banyak jenisnya, bahkan di Indonesia sendiri pun cukup menjadi buruan beberapa orang meskipun harga mobil listrik di Indonesia tersebut dikatakan lumayan fantastis.
  • Keunggulan terakhir yang juga dimiliki oleh Hyundai Ioniq 5 ini yaitu mobil listrik ini hadir dengan premium relaxation seats
  • Bahkan beberapa tenaga penjual Hyundai saat pameran IIMS 2022 lalu menyatakan bahwa mobil tersebut sudah tidak lagi dipasarkan

Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik. Tepatnya oleh energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan. Mobil listrik di Indonesia saat ini terbilang sudah banyak jenisnya, bahkan kerap menjadi buruan beberapa orang meskipun harganya terbilang lumayan fantastis.

Baca Juga:



Daftar 5 Mobil Listrik Terlaris Sepanjang Tahun 2022

Di antara beberapa jenis mobil listrik yang ada, berikut ini 5 mobil listrik paling laris pada tahun 2022:

1. Wuling Air EV

Mobil listrik jenis ini terjual Sebanyak 5,921 unit. Berdasarkan data OTO, Wuling Air EV 2023 ini adalah 4 Seater Hatchback yang tersedia dalam daftar harga Rp 238–311 Juta di Indonesia. Dimensi Air EV adalah 2974 mm L x 1505 mm W x 1631 mm H. Cicilan bulanan terendah dimulai dari Rp 75,24 Juta (selama 60 bulan). Pesaing terdekat Wuling Air EV yaitu E-C4, Picanto, Ignis, dan Rio.

Mobil jenis Wuling Air EV ini menjadi salah satu mobil listrik yang menerima subsidi dari pemerintah. Setelah dihitung karena adanya subsidi tersebut, harga Wuling Air EV ini dipotong maksimal sebanyak 26 juta. Hingga Mobil Wuling ini resmi dipasarkan di Indonesia sejak Bulan Juli tahun 2022 oleh PT SGMW Motor Indonesia.

2. Hyundai Ioniq 5

Mobil Listrik paling laku selanjutnya yaitu Hyunda Ioniq 5. Pada tahun 2022, mobil listrik jenis ini terjual sebanyak 1,786. Meskipun tertinggal jauh oleh penjualan mobil listrik Wuling Air EV, tetapi mobil ini bisa memegang posisi kedua sebagai mobil listrik terlaris pada tahun sebelumnya.

Kelebihan dari mobil listrik jenis ini adalah telah dilengkapi portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak dinding standar. Selain itu, Ioniq 5 juga dapat menunjang pengisian daya sampai 80% hanya dalam +/- 18 menit. Tak hanya itu, fitur V2L memungkinkan Ioniq 5 menjadi sumber daya listrik sebesar 3,6 kW untuk penggunaan perangkat elektronik, menambah kemudahan dan kenyamanan Sobat EBT Heroes saat dalam perjalanan. Pun terdapat keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh mobil listrik jenis lain, di antaranya:

a. Hyundai Ioniq 5 mengusung desain parametric pixel yang memadukan nuansa analog dan juga pixel digital. Desain yang dimiliki oleh mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini sangat unik dan meninggalkan kesan orisinil mobil.

b. Material Ramah Lingkungan

c. Adanya Platform Eksklusif E-GMP

Mobil listrik ini menggunakan platform eksklusif Electric Global Modular Platform (E-GMP). E-GMP yang dimiliki oleh Ioniq 5 diklaim mampu memberikan manfaat yang cukup besar seperti peningkatan fleksibilitas, performa yang bertenaga, peningkatan dari jarak tempuh berkendara, penguatan fitur keselamatan, sampai adanya peningkatan kabin dan bagasi yang lebih luas.

Platform E-GMP juga diklaim mampu memberikan keamanan bagi baterai melalui struktur pendukung yang dibuat dari baja berkekuatan tinggi. E-GMP sendiri juga mampu memaksimalkan ruangan interior mobil dengan wheelbase yang panjang, overhang depan dan belakang yang pendek, serta adanya modul kokpit yang cukup ramping.

d. Fitur Hyundai SmartSense

Kelebihan yang tak kalah pentingnya yang dimiliki oleh Ioniq 5 ini yaitu adanya fitur Hyundai SmartSense. Fitur satu ini diciptakan untuk memberikan keamanan bagi pengemudi dalam berkendara.

e. Premium Relaxation Seats

Keunggulan terakhir yang juga dimiliki oleh Hyundai Ioniq 5 ini yaitu mobil listrik ini hadir dengan premium relaxation seats. Kursi premium yang dimiliki Ioniq 5 ini diklaim mampu memberikan kenyamanan dalam mengemudi maupun ketika sedang melakukan perjalanan. Tak hanya itu saja, fitur premium relaxation seats yang dimiliki mobil IONIQ 5 mampu menyesuaikan posisi duduk pengemudi maupun penumpang agar mereka dapat duduk dengan nyaman.

Mobil Listrik Nissan Leaf, Terlaris Ketiga?

Ilustrasi mobil listrik Hyunda Ioniq 5. Sumber: Pinterest.com

3. Nissan Leaf

Mobil listrik ketiga yang paling laku pada tahun 2022 adalah Nissan Leaf. Mobil ini terjual sebanyak 52 unit. Mobil ini datang ke Indonesia pada tahun 2019, tetapi statusnya masih “studi” sekaligus melihat ketertarikan masyarakat terhadap mobil listrik.

Nissan Leaf akhirnya diluncurkan di Indonesia dengan harga Rp. 649 juta untuk varian warna one tone dan untuk varian two tone dimulai dari harga Rp651 juta. Mobil listrik tersebut akan bersaing dengan kompetitornya asal Korea Selatan yakni Hyundai Ioniq.

Mobil listrik Nissan Leaf ini memiliki bentuk layaknya sebuah hatchback dengan dimensi panjang 4.480 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.540 mm, dan jarak antar sumbu roda 2.700 mm.

Di dalamnya, Nissan menyebutkan bila Leaf telah bertabur banyak fitur yang berguna mendukung dan memudahkan pengemudi. Fitur tersedia berbagai macam mulai keselamatan, keamanan, sampai hiburan.

4. Hyundai Ioniq EV

Posisi keempat ditempati oleh mobil listrik jenis Hyunda Ioniq EV. Mobil ini terjual sebanyak 46 unit pad tahun 2022 yang di mana 6 unit lebih sedikit daripada mobil listrik jenis Nessan Leaf.

Ioniq EV yang dipasarkan di Indonesia ini merupakan hasil impor secara langsung dari Korsel. Khusus Ioniq 5 sebagai sub-brand Ioniq, merupakan produk CKD Indonesia.

Dikutip dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Pengirimian Ioniq secara utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Korsel pada tahun pertamanya, yakni 2020, sebanyak sebanyak 64 unit.

Sementara penyerapannya di pasar yang tergambar lewat data penjualan dari pabrik ke diler (wholesales), mencapai 81 unit. Cukup banyak karena kala itu pasar masih bergejolak imbas pandemi Covid-19.

Setahun berikutnya, impor Ioniq EV naik menjadi 233 unit dengan serapan ke pasar sebanyak 228 unit. Peningkatan terkait seiring banyaknya suatu kerja sama atas percepatan era elektrifikasi dan mulai normalnya pasar.

Sayangnya capaian tersebut merupakan hasil tertinggi Ioniq EV selama berada di Indonesia. Memasuki tahun 2022, penjualannya terus merosot seiring dengan peluncuran Ioniq 5.

Bahkan beberapa tenaga penjual Hyundai saat pameran IIMS 2022 lalu menyatakan bahwa mobil tersebut sudah tidak lagi dipasarkan. Sudah digantikan Ioniq 5 sebagai mobil listrik terbaru buatan Indonesia.

Baca Juga:



Lexus UX 300 e, Mobil Listrik Terlaris Terakhir, tetapi Paling Mahal?

Ilustrasi mobil listrik Lexus UX 300 e. Sumber: Pinterest.com

5. Lexus UX 300 e

Mobil listrik Lexus UX 300 e ini menempati posisi kelima sebagai mobil terlaku pada tahun 2022 di Indonesia. Mobil listrik tersebut terjual sebanyak 42 unit, pastinya lebih sedikit daripada Hyundai Ioniq EV.

PT Toyota Astra Motor (TAM) telah mengirimkan 143 unit mobil listrik Lexus UX 300e untuk gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022. Kendaraan listrik ini diketahui juga bakal dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022

Model Lexus UX 300e sendiri telah dipasarkan di industri otomotif Indonesia pada akhit tahun 2020 lalu. Saat itu mobil listrik murni tersebut dibanderol dengan harga sebesar Rp 1,245 miliar on the road (OTR) DKI Jakarta.

Lexus UX 300e tampil dengan desain edgy nan elegan dan mengedapankan perforrma halus. Selain itu desainnya juga cenderung lebih sporty dan dinamis. Kabinnya pun diklaim paling tenang di kelasnya.

Lexus UX 300e dibekali dengan layar sentuh 10,3 inci dengan Lexus Premium Navigation. Layar ini sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

Kendaraan listrik KTT G20 2022 ini juga menawarkan sejumlah fitur canggih dengan platform Lexus Safety System, yakni active safety. Teknologi ini nantinya bisa dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi kecelakaan dan dampak yang dihasilkan.

Nah, itu dia mobil listrik yang paling laku pada tahun 2022 lalu.

Dari masing-masing jenis mobil listrik tersebut memang memiliki keunggulan tersendiri. Pun harganya terbilang fantastis dan bermacam, tetapi bisa dikatakan cukup seimbang dengan performa yang diberikan.

Kira-kira, mobil listrik mana yang ingin Zobat EBT Heroes miliki?

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Referensi:

[1] Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Selama 2022, Wuling Air EV Termurah?

[2] Mobil Baru Wuling EV

[3] Harga Resmi Wuling Air EV Dipotong Subsidi Paling Mahal Jadi Cuma Segini

[4] Find A Car Ioniq 5

[5] 5 Keunggulan Hyunda Ioniq 5, Mobil Listrik Masa Depan Terbaik

[6] Spesifikasi Mobil Listrik Nissan Leaf di Indonesia

[7] Hyunda Ioniq EV Akan Disuntik Mati Ini Sepak Terjangnya di Indonesia

[8] Intip Spesifikasi Lexus UX 300e, Mobil Listrik yang Jadi Kendaraan di G20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment

  1. Acheter alesse sans consultation médicale en France
    Acheter levlen en ligne France achat levlen en Espagne sur internet
    alesse sur ordonnance médicale
    Comment obtenir de la alesse sans ordonnance
    médicale
    levlen de marque et générique disponibles
    acheter du levlen en Italie Les effets secondaires de
    la levlen à surveiller
    Pharmacie en ligne pour alesse France
    acheter levlen en Espagne Acheter alesse de qualité en ligne
    alesse authentique et fiable
    alesse sans risques pour la santé
    Commander levlen sans ordonnance
    Acheter levlen en ligne en toute sécurité
    acheter levlen sans risque France achat levlen de la marque Mylan
    Acheter levlen sans prescription médicale en ligne achat levlen à Paris

  2. Hi there just wanted to give you a quick heads up. The text in your content seem to be running off the screen in Firefox.
    I’m not sure if this is a formatting issue or something
    to do with internet browser compatibility
    but I figured I’d post to let you know. The style
    and design look great though! Hope you get the problem fixed soon. Thanks