Energi Panas Bumi Yang Memiliki Sifat Ramah Lingkungan

Ilustrasi energi panas bumi unplash.com
  • Energi panas bumi merupakan energi yang terbarukan
  • Karakteristik umum energi panas bumi
  • Energi panas bumi yang ramah lingkungan, tidak hanya aspek produksi tetapi aspek penggunaan juga

Energi panas bumi merupakan energi yang terbarukan, energi terbarukan dari panas bumi merupakan salah satu energi yang ramah lingkungan. Sumber yang berasal dari alam dengan sifat tak terbatas dan bisa digunakan secara bebas, dan dapat diproses secara berkelanjutan.

Karakteristik umum energi panas bumi yang mendukung sehingga menjadi energi yang ramah lingkungan, tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dari sumber energi lain nya. Namun, ramah lingkungan adalah karakteristik utama dari energi panas bumi.

Baca juga



Dengan sumber energi yang bersih dan sustainable dan tidak memerlukan lahan yang luas, Energi panas bumi menghasilkan emisi yang hanya 1/15 dari bahan batu bara dan 1/10 dari bahan solar.

Jenis reservoir alami yang memiliki karakteristik yang cukup panas, energi panas bumi kemudian diekstraksidengan berbagai cara termasuk dengan sumur. Sehingga, dapat menghasilkan berbagai energi yang ramah lingkungan.

Energi panas bumi yang ramah lingkungan, tidak hanya aspek produksi tetapi aspek penggunaan juga. Dampaknya yang berperan positif dalam hal setiap sumber daya, tak terlepas dari pada saat proses pengembangan dan pembuatan.

Tenaga dari energi panas bumi yang tidak memiliki karbon dan bebas dari emisi yang membuat proses produksi lebih terlihat ramah lingkungan dan tidak mengganggu pencemaran alam sekitar.

Baca juga



Konsumsi maupun penggunaan energi panas bumi tidak menggunakan zat ataupun bahan yang bisa membahayakan lingkungan. Efek panas global yang sering disebabkan oleh emisi yang sering dirasakan pun akan berkurang apabila penggunaan energi panas bumi bisa efektif dilaksanakan.

Dalam penggunaannya, energi panas bumi tidak membutuhkan sama sekali bahan yang bisa menyebabkan polusi udara, seperti bahan bakar minyak. Hal ini menjadi sebuah peluang atau untuk Indonesia bisa melepas secara perlahan energi fosil (batubara, minyak dll). Panas bumi energi berkelanjutan untuk Indonesia. Makin tahu Indonesia, bahwa Indonesia optimis dan komitmen untuk mencapai net zero emissions pada tahun 2060

Referensi:

[1] Energi Panas Bumi Ramah Terhadap Lingkungan Sekitar

[2] Mengapa Panas Bumi Termasuk Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan?

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.