6 Film Indonesia Ini Mengangkat Isu Tentang Lingkungan, Lho!

Ilustrasi Film. Photo: Pinterest
  • Film-film berikut ini merupakan karya anak bangsa Indonesia
  • Film ini mengangkat isu tentang lingkungan yang bertujuan agar masyarakat dapat semakin sadar dan tergerak untuk menjaga lingkungan.
  • Film ini juga bertujuan untuk memaparkan isu krisis iklim dan lingkungan hidup yang telah menjadi permasalahan besar di Indonesia.

Akhir-akhir ini, isu lingkungan mulai menarik perhatian masyarakat. Tak terkecuali para penyuka film. Banyak film yang menyelipkan pesan tentang menjaga lingkungan. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat semakin sadar dan tergerak untuk menjaga lingkungan.

Makin tahu Indonesia, film Indonesia ini sangat bagus karena mengangkat tentang isu lingkungan yang dapat ditonton untuk mengisi waktu luang Anda:

1. Semesta (2020)

Ilustrasi Film Semesta. Photo: infoscreening

Film ini merupakan karya rumah produksi Tanakhir Films yang diproduseri oleh Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin. Film ini mengisahkan 7 orang dari 7 provinsi di Indonesia yang tergerak untuk membuat perubahan bagi lingkungan dengan membagikan pengalaman mereka dalam merawat alam menggunakan cara dan pemahaman agama dan kebudayaan dari daerah mereka berasal.

2. Pulau Plastik (2021)

Ilustrasi Film Pulau Plastik. Photo: IMDb

Film ini menampilkan perjalanan dari 3 sosok beda profesi, yakni seorang vokalis band, ahli biologi dan penjaga sungai, serta pengacara yang sama-sama peduli dengan lingkungan dan kehidupan. Film yang digagas oleh sutradara dokumenter Dhandy Laksono dan Rahung Nasution ini mengangkat fenomena pencemaran lingkungan perairan karena sampah plastik di pulau Bali dan sekitarnya. Tak hanya di lautan, film ini juga memperlihatkan sejumlah sampah plastik dari 40 tahun lalu yang belum terurai. Sampah tersebut ditemukan saat kegiatan pembersihan pantai dan laut dilakukan. Sejak tanggal 2 Juni 2022, film dokumenter ini bisa dinikmati di Netflix.

Baca Juga:



3. Our Mothers’ Land (2020)

Ilustrasi Film Our Mother’s Land. Photo: Wild & Scenic Film Festival

Film ini menceritakan kisah perjuangan para perempuan dalam melawan korporasi yang merusak sumber daya alam di Indonesia. Para perempuan dalam film ini adalah mereka yang begitu berani melawan aparat dan preman, bahkan sampai dipenjara, mengorbankan penghasilan dan jiwanya, demi menjaga keseimbangan alam dan keadilan . Mereka adalah Sukinah, Aleta Baun, Eva Bande, dan Farwiza yang berasal dari Aceh, Jawa, sampai wilayah timur Indonesia.

4. Tenggelam Dalam Diam (2021)

Ilustrasi Film Tenggelam Dalam Diam. Photo: Greeners.Co

Film ini menceritakan berbagai persoalan iklim, mulai dari polusi, penggundulan hutan, suhu bumi meningkat, es di kutub mencair, air laut naik, abrasi, hingga pusat populasi tenggalam. Film ini menyoroti dampak krisis iklim yang mengancam daerah pesisir, terutama di pesisir utara Jawa dan juga menjadi semacam pengingat bahwa pantai-pantai di Indonesia perlahan dirusak.

Baca Juga:



5. Ibu Bumi (2020)

Ilustrasi Film Ibu Bumi. Photo: Sedapfilm

Film pendek dokumenter karya Chairun Nissa ini mengisahkan kehidupan Bagus, anak keluarga petani yang mengamati perjuangan orang-orang tua di sekitarnya untuk melawan pembangunan pabrik semen di Kendeng, dan mencoba merespons kegelisahan dan sikapnya itu dengan bermusik. Film ini juga memperlihatkan bagaimana anak muda bisa jadi bagian dari aktivisme dengan caranya masing-masing. Bahwa alam yang telah rusak akibat eksploitasi sumber daya besar-besaran tak hanya berdampak pada satu generasi, tetapi juga generasi-generasi selanjutnya.

6. Bara (The Flame) (2021)

Ilustrasi Film Bara. Photo: MNEWS.co.id

Film dokumenter panjang pertama yang disutradai oleh Arfan Sabran dan diproduseri oleh Gita Fara tersebut menceritakan perjuangan Iber Djamal, penduduk asli Kalimantan yang mempertaruhkan sepanjang hidupnya untuk mendapatkan hak waris hutan adatnya. Di sisi lain, film ini juga bertujuan untuk memaparkan isu krisis iklim dan lingkungan hidup yang telah menjadi permasalahan besar di Indonesia. Selain itu, film ini juga mengajak masyarakat agar turut serta dalam upaya melindungi lingkungan hutan adat di Indonesia, antara lain di DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Makassar, dan Palangkaraya.

Referensi:

[1] Rekomendasi Film Lingkungan

[2] Film Dokumenter Ibu Bumi

[3] Film The Flame

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.