Konser Musik yang Ramah Lingkungan, Memangnya ada?

Ilustrasi Konser musik dari . Photo: Unsplash
  • Konser Musik merupakan salah satu hiburan yang sedang marak akhir-akhir ini.
  • Banyak sekali kehadiran penyanyi atau grup band baik dari Indonesia maupun Internasional yang belakangan ini mengadakan konser di Indonesia.
  • “Green Touring” atau Konser Ramah Lingkungan.

Setelah hampir dua tahun harus menahan diri karena pandemi, akhirnya kini sudah banyak konser-konser musik yang diselenggarakan. Konser Musik merupakan salah satu hiburan yang sedang marak akhir-akhir ini. Apalagi saat ini sudah mendekati penghujung tahun, banyak sekali kehadiran penyanyi atau grup band baik dari Indonesia maupun Internasional yang belakangan ini mengadakan konser di Indonesia.

Tetapi euforia tersebut tidaklah bagus jika berlebihan apalagi hingga merugikan lingkungan sekitar. Dikarenakan konser merupakan acara yang memiliki pengunjung yang besar, tentu memiliki dampak yang tidak sedikit kepada lingkungan sekitar seperti menimbulkan tumpukan sampah, penggunaan energi yang berlebihan, menimbulkan polusi udara serta dampak lainnya yang dapat menimbulkan masalah pada lingkungan.

Kini banyak musisi yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, sehingga mereka memilih “Green Touring” atau Konser Ramah Lingkungan. Ada beberapa musisi yang sudah melakukan Green Touring ini, seperti:

Baca Juga



1. Coldplay – Music of The Spheres World Tour (2022)

Coldplay. Photo:Spotify

Pada konser kali ini, Coldplay melakukan aksi ‘one ticket = one tree’ yang mengajak para fansnya untuk menanam pohon. Coldplay juga menggunakan dekorasi panggung yang dibuat dari bahan alami seperti bambu dan juga menggunakan baja daur ulang yang bisa digunakan untuk konser selanjutnya. Coldplay juga menyediakan water refill station sehingga para fansnya diharapkan membawa tumblr untuk mengurangi sampah plastik. Tidak hanya itu, Coldplay juga bekerja sama dengan food bank untuk mendonasikan makanan berlebih jika ada. Penggunaan bahan plastik dan polyester tidak akan digunakan jika tidak dalam keadaan terpaksa.

2. Billie Eilish – Happier Than Ever World Tour (2022)

Billie Eilish. Photo by Glenn Francis/Pacific Pro Digital Photography

Billie memang sudah berencana membuat konsernya sebisa mungkin ramah lingkungan. Billie menggelar konsernya di State Farm Arena, Atlanta yang sudah mendapatkan sertifikasi TRUE Platinum, kategori tertinggi untuk green building dari Green Business Certification Inc dan bekerja sama dengan REVERB. 92% sampah yang dihasilkan saat konser tidak dibuang ke TPA, tapi didaur ulang atau dikompos. Ditempat konser juga disediakan water refill station sehingga dapat membawa tumblr dan mengurangi pemakaian botol dan cup sekali pakai.

3. Pink – Beautiful Trauma Tour (2018-2019)

Pink. Photo: Newshub

Pink bekerja sama dengan REVERB yang merupakan sebuah organisasi non-profit yang ikut menyebarluaskan cara menjaga kelestarian lingkungan. Dalam konsernya, Pink mengajak fans untuk mendukung aksi nyata untuk anak dan lingkungan. Dengan membeli tumblr #ROCKnREFILL, serta mendukung UNICEF, No Kid Hungry atau Planned Parenthood. Di venue konser juga disediakan water refill station yang berhasil mengurangi penggunaan 28 ribu botol plastik sekali pakai.

Baca Juga



4. Get The Fest Music Festival (2022)

Get The Fest Music. Photo: Bali Prawara

Tidak hanya musisi-musisi dari luar negeri saja yang mengadakan konser dengan konsep ramah lingkungan. Makin tahu Indonesia bahwa Indonesia juga dapat menyelenggarakan konser dengan konsep ramah lingkungan seperti yang dilakukan festival musik yang satu ini. Get The Fest Music Festival ini menggelar tur konser musik dengan bahan bakar dari olahan sampah plastic. Acara ini dijalani oleh Yayasan Get Plastic.

5. Synchronize Fest

Synchronize Fest. Photo: Jakarta-tourism.go.id

Synchronize Fest sudah menggunakan konsep konser ramah lingkungan ini sejak 2019. Synchronize Fest mengajak para pengunjung untuk mengurangi pemakaian kemasan plastik sekali pakai dengan membawa tumblr, para pengunjung juga bisa mengisi ulang air minum di water refill station yang sudah disediakan. Dalam festival musik tersebut juga disediakan wadah sampah terpilah agar lebih mudah pemilihan sampah untuk diolah kembali. Synchronize Fest juga mengajak para pengunjung untuk menggunakan sepeda atau transportasi publik saat hadir ke lokasi festival.

Menarik sekali bukan, bahwa para penyelenggara konser di Indonesia juga tidak mau kalah ketinggalan dalam mewujudkan konser ramah lingkungan. Kita tetap bisa menikmati konser dengan tetap dapat melindungi lingkungan sekitar.

Referensi:

[1] Beautiful Trauma Tour 2019 • REVERB

[2] REVERB: Billie Eilish Happier Than Ever The World Tour 2022

[3] We pledge to make our Music Of The Spheres Tour as sustainable and low-carbon as possible

[4] Synchronize Fest 2019 Ajak Penonton Lebih Ramah Terhadap Lingkungan

[5] Get The Fest 2022, Tur dan Konser Musik dari Olahan Sampah Plastik

[6] Asa Konser Ramah Lingkungan di Indonesia dalam M20

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.