4 Perusahaan Ramah Lingkungan di Indonesia

Ilustrasi, Building, Photo: Unsplash
  • Perusahaan Ramah Lingkungan di Indonesia
  • Meningkatnya kerusakan lingkungan akibat buruknya pengelolaan operasional perusahaan.
  • Perusahaan harus lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya

Meningkatnya kerusakan lingkungan menjadi isu global yang sangat ramai. Banyak orang yang terus menyuarakan suaranya untuk melakukan Go Green. Go Green menjadi langkah yang tepat untuk memerangi kerusakan lingkungan yang membuat kritis bumi kita ini.

Sebagian besar pencemaran lingkungan itu dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki pengelolaan perusahaan yang buruk. Perlu kesadaran pihak perusahaan untuk memulai bisnis yang ramah lingkungan. Perusahaan ramah lingkungan tidak hanya memikirkan keuntungan saja, tapi memikirkan bagaimana pengaruhnya terhadap lingkungan.

Makin tahu Indonesia, kini banyak masyarakat yang lebih sadar terhadap masalah lingkungan yang melanda bumi kita ini dan mulai menggunakan produk yang lebih ramah lingkungan. Sehingga hal ini membuat banyak perusahaan di Indonesia yang mengembangkan produk ramah lingkungan.

Berikut ini 4 perusahaan ramah lingkungan yang ada di Indonesia:

Baca juga:



1. PT Sinar Sosro

Ilustrasi, PT.Sinar Sosro, Photo:JurnalPost

PT Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan ramah lingkungan dengan menerapkan prinsip 3K dan RL yaitu peduli terhadap Kualitas, Keamanan, Kesehatan serta Ramah Lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menerapkan pengelolaan limbah yang tidak mengganggu lingkungan, seperti mengubah ampas teh menjadi kompos.

Lalu, juga ada program Sekolah Sehat Sosro yang bertujuan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, hijau, dan sehat.

2. Garudafood

Ilustrasi, Garudafood. Photo: Garudafood

Perusahaan Garudafood membangun kerja sama dengan Balai Penelitian Lingkungan (Balingtan) untuk menerapkan konsep pertanian ramah lingkungan dan mengembangkan produk kacang organik dengan melibatkan teknologi ramah lingkungan seperti biokompos dan biopestisida dari Balingtan.

Garudafood juga membuat program “Sahabat Inspirasiku” guna menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan di masyarakat sejak dini.

Baca juga:


Aktivis Lingkungan Serukan Gerakan Untuk Berhenti Penggunaan Plastik

Satu Bumi Untuk Masa Depan, Bukit Asam Ajak Masyarakat untuk Peduli Lingkungan


3. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Ilustrasi, PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk, Photo: indocement.co.id

Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah semen. Dan debu yang dihasilkan oleh semen dapat menyebabkan polusi udara yang bisa merusak lingkungan. Mereka akhirnya membuat inovasi untuk mengurangi emisi debu dengan cara melakukan penggantian Electrostatic Precipitator (EP) dengan Bag Filter pada Plant 10. Hasilnya, perusahaan ini meraih penghargaan The Best Indonesia Green Awards tahun 2015 karena telah mengurangi emisi debu pabrik.

Perusahaan ini juga menyelenggarakan acara penanaman pohon di tiga lokasi kompleks pabrik, meluncurkan slag cement (Duracem) yang memanfaatkan sisa produksi/limbah dari industri peleburan baja sebagai bahan baku alternatif, juga mengeluarkan variasi produk semen hijau (semen hidraulik) yang memiliki klinker rasio lebih rendah sehingga memiliki emisi CO2 yang lebih rendah dari pada semen biasa.

4. Burgreens

Ilustrasi. Burgreens Greenkind. Photo:Wiken.ID

Burgreens merupakan salah satu restoran memiliki konsep ramah lingkungan. Selain restoran, Burgreens juga mendirikan swalayan ramah lingkungan yang diberi nama Greenkind.

Burgreens berasal dari dua kata yaitu Burger yang identik dengan fast food yang banyak diminati dan Greens yaitu konsep sehat, hijau, ramah lingkungan, dan berbasis bahan baku nabati yang akan memunculkan kesan menu fast food yang sehat dan enak. Burgreens fokus pada visinya, yakni reuse, reduce, dan replace. Sejak awal, mereka menggunakan kantong dari singkong, paper bag dan spunbond untuk mengurangi plastik sekali pakai. Alat makan yang digunakan terbuat dari kayu kompos, dan sedotan kertas. Serta tetap memilih botol plastik karena hasil studi di Indonesia menunjukkan bahwa botol plastik lebih banyak didaur ulang dibanding kaca. Burgreens juga menawarkan program bagi konsumen yang mengembalikan 10 botol plastik bisa mendapatkan minuman gratis.

Untuk inovasi selanjutnya, Burgreens ingin bekerja sama dengan partner yang menyediakan kemasan ramah lingkungan dari pelepah pinang. Mereka juga berencana untuk mengganti cangkir kopi ke kemasan yang bisa dikomposkan.

Greenkind merupakan specialty grocery store dengan pilihan produk yang terbuat dari bahan alami, serta memberikan peace-of-mind kepada konsumen akan kualitas dan traceability produk. Greenkind tidak hanya menjual makanan sehat dan ramah lingkungan, tetapi produk yang dijual juga merupakan hasil dari petani lokal.

Nah! Itu dia 4 perusahaan ramah lingkungan yang ada di Indonesia. Semoga nantinya akan lebih banyak lagi perusahaan yang mengupgrade perusahaannya menjadi lebih ramah ligkungan.

Referensi:

[1] Burgreens: Fokuskan Usaha pada Reduce, Reuse & Replace

[2] Perusahaan yang Sudah Menerapkan Go Green

[3] INDOCEMENT Lanjutkan Gerakan Hijau!

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.