Yuk ketahui 5 Pembangkit Biomassa Terbesar di Dunia

5 pembangkit biomassa
  • Tenaga biomassa digadang gadang siap untuk menempati bagian yang signifikan dalam bauran energi terbarukan global.
  • Sebagian besar pembangkit listrik biomassa terbesar di Dunia tersentralisasi di daerah Eropa
  • Selain untuk pembangkitan energi listrik, banyak praktik penggunaan pembangkit biomassa untuk district heating.

Tenaga biomassa digadang gadang siap untuk menempati bagian yang signifikan dalam bauran energi terbarukan global. Biomassa (dalam kasus ini limbah organik) yang terus diproduksi dari aktifitas manusia yang tidak berujung didapuk menjadi suatu solusi untuk menyelesaikan krisis iklim, yang dimana salah satu pemanfaatannya adalah sebagai bahan bakar pembangkit thermal. Maka, berikut merupakan lima pembangkit listrik biomassa yang masih/pernah beroperasi di dunia yang di-ranking berdasarkan kapasitas daya terpasang.

Baca Juga



Petama : IronBridge, Britania Raya – 740MW

Dengan kapasitas 740MW, pembangkit listrik Ironbridge yang terletak di Severn Gorge, Inggris, merupajan pembangkit listrik biomassa terbesar di dunia. Ironbridge sebelumnya merupakan pembangkit listrik tenaga batu bara dengan kapasitas terpasang 1.000 MW. Sebanyak dua unit dari total armada batubara tersebut dikonversi menjadi pembangkit listrik berbasis biomassa pada tahun 2013. Meskipun jadi yang paling besar, namun program pengendalian emisi dari proses pembakaran yang ditetapkan oleh Uni Eropa, memaksa pembangkit ini ditutup permanen pada Tahun 2015.

Gambar 1. Pembangkit Ironbridge

Kedua : Alholmens Kraft, Finlandia – 265MW

Alholmens Kraft, pembangkit listrik berbahan bakar bio dengan kapasitas 265MW terletak di lokasi pabrik pabrik pulp, kertas, dan kayu Finlandia UPM-Kymmene di Alholmen, Jakobstad, Finlandia. Pembangkit yang telah beroperasi sejak Januari 2002, juga memasok 100MW panas untuk pabrik kertas dan serta sejumlah 60MW sebagai pemanas untuk penduduk Jakobstad pada musim dingin.

Gambar 2. Pembangkit Alholmens Kraft

Ketiga : Polaniec, Polandia – 205MW

Dengan kapasitas 205MW, pembangkit listrik biomassa Polaniec yang terletak di Polaniec di tenggara Polandia adalah pembangkit listrik biomassa terbesar ketiga di dunia. Pembangkit tersebut, menggunakan pertanian pohon dan produk sampingan pertanian sebagai bahan bakar, mulai beroperasi secara komersial pada November 2012.

Pabrik berbahan bakar biomassa sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh GDF SUEZ dan memiliki boiler circulating fluidised bed (CFB) , yang diklaim sebagai teknologi state of the art boiler biomassa di dunia yang diproduksi oleh Foster Wheeler. Pembangkit ini menghasilkan listrik yang cukup untuk 600.000 rumah tangga sekaligus mengimbangi 1,2 juta ton emisi karbon dioksida per tahun.

Gambar 3. Pembangkit Polaniec

Baca Juga :



Keempat : Kymijärvi II, Finlandia – 160MW

Pembangkit listrik160MW Kymijärvi II yang terletak di kota Lahti, Finlandia, sekitar 100 km utara Helsinki, menempati peringkat sebagai pembangkit listrik terbesar di keempat dunia. Berbeda dari pembangkit Polaniec, Kymijärvi memanfaatkan prinsip gasifikasi yang memanfaatkan bahan seperti plastik, kertas, karton, dan kayu yang dikonversi menjadi bahan bakar padat. Kymijärvi II, yang dikembangkan pada tahun 1998 merupakan pengembangan dari unit pembangkit Kymijärvi I yang merupakan pembangkit listrik berbahan bakar batubara. Secara produksi, pembangkit  Kymijärvi II menghasilkan 300GWh listrik, serta 600GWh setara panas distrik setiap tahunnya.

Gambar 4. Pembangkit Kymijärvi II

Kelima : Bio-Gassification Plant Vaasa, Finlandia – 140MW

Fasilitas gasifikasi biomassa 140MW di Vaasa, Finlandia, yang mulai beroperasi pada Maret 2013, merupakan pembankit listrik biomasa terbesar ke lima pada daftar ini sobat terbarukan.  Pembangkit ini akan mengkonversi bahan kayu dari sisa hasil hutan menjadi gas yang kemudian dijadikan bahan bakar untuk pembangkit listrik. Secara teknologi boiler, pembangkit ini memanfaatkan gasifier CFB (Circulating Fluidized Bed) yang merupakan modifikasi PLTU boiler batubara. Selain listrik, pembangkit juga menyuplai total sejumlah 170MW pemanasan distrik bagi warga setempat di kalas musim dingin.

Gambar 5. Pembangkit Gasifikasi Biomassa Vaasa

Refrensi :

[1] Power from waste – the world’s biggest biomass power plants

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.