Yuk, Intip Kelebihan Menggunakan Panel Surya

  • Hemat energi menjadi isu yang semakin sering dibicarakan salah satu cara untuk menerapkannya adalah memasang panel surya dengan memanfaatkan sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik.
  • Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan energi alternatif dari tenaga surya, di antaranya mengurangi polusi udara.
  • Energi surya juga menjadi salah satu opsi terbaik penghasil tenaga listrik alternatif yang ramah lingkungan.

Hemat energi menjadi isu yang semakin sering dibicarakan akhir-akhir ini. Nah, salah satu cara untuk menerapkannya adalah memasang panel surya dengan memanfaatkan sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik.

Meskipun telah banyak dikritik karena mahal atau tidak efisien, energi surya kini terbukti sangat bermanfaat, tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga untuk ekonomi swasta. Energi surya juga menjadi salah satu opsi terbaik penghasil tenaga listrik alternatif yang ramah lingkungan.

Harga komponen yang semakin kompetitif di pasar dan peningkatan teknologi PLTS selama beberapa tahun terakhir telah mengubah tenaga surya menjadi sumber energi bersih yang jauh lebih efisien. 

Baca Juga:



Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan energi alternatif dari tenaga surya, di antaranya mengurangi polusi udara. Beberapa pembangkit listrik masih menggunakan bahan bakar minyak dan batu bara, yang menghasilkan polusi. Berikut adalah kelebihan pembangkit listrik tenaga surya. 

Kelebihan Panel Surya

  1. Mengurangi Tagihan Listrik

Meski memerlukan biaya relatif besar ketika pemasangan, menggunakan panel surya dalam jangka panjang pastinya akan memberikan keuntungan secara finansial bagi penggunanya karena berasal dari tenaga matahari yang tak terbatas, pengguna panel surya dapat mengurangi atau bahkan terbebas dari keharusan membayar tagihan listrik bulanan pada perusahaan penyedia listrik negara, atau PLN di Indonesia. Seperti diketahui tarif listrik juga terus mengalami kenaikan secara berkala. Namun, berapa besar penghematan tersebut tergantung pada ukuran dan penggunaan listrik di rumah.

  1. Sumber Energi Terbarukan

Di antara semua manfaat panel surya, energi matahari merupakan sumber energi yang benar-benar terbarukan. Itu dapat dimanfaatkan di semua wilayah di dunia dan tersedia setiap hari. Energi matahari tidak ada habisnya, tidak seperti beberapa sumber energi lainnya. Energi matahari akan dapat diakses selama kita memiliki matahari. Oleh karena itu, sinar matahari akan tersedia bagi kita setidaknya selama 5 miliar tahun ketika menurut para ilmuwan matahari akan mati.

Baca Juga:



  1. Biaya Perawatan Rendah

Salah satu kelebihan panel surya adalah biaya pemeliharaan yang rendah. Bahkan, hampir tidak ada perawatan karena panel surya bertahan lebih dari 30 tahun. Kamu hanya perlu menjaganya tetap bersih, jadi membersihkannya beberapa kali dalam setahun sudah cukup. 

  1. Ramah Lingkungan

Kelebihan panel surya selanjutnya yaitu ramah lingkungan. Penggunaan Tenaga surya oni bebas polusi dan tidak menyebabkan emisi gas rumah kaca setelah pemasangan. Energi yang dihasilkan oleh panel surya bersih, terbarukan, dan nol emisi. Energi matahari tidak berkontribusi terhadap gas rumah kaca atau bahan bakar fosil, tidak seperti minyak dan batu bara lainnya.

  1. Pengembangan Teknologi

teknologi dalam industri tenaga surya terus berkembang dan peningkatannya akan meningkat di masa depan. Pengembangan teknologi berpotensi meningkatkan efektivitas panel surya dua kali lipat hingga tiga kali lipat.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] 11 Kelebihan dan Kekurangan PLTS Dibanding Pembangkit Lain

[2] Ini Sederet Keuntungan Beralih ke Panel Surya

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.