Wow! Panel Surya Digunakan sebagai Sumber Energi oleh Perusahaan Farmasi

  • Perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) meresmikan panel surya berukuran raksasa yang dijadikan sebagai sumber energi penyimpanan vaksin.
  • Sebanyak 1.506 panel surya dipasang untuk menghidupi listrik pada kompleks distribusi obat nasional. Teknologi ini digunakan sebagai upaya pelestarian lingkungan dan menghemat energi.
  • Panel surya atau solar ini diletakkan di area atap yang langsung terkena dengan matahari.

Panel surya saat ini memang tak asing di telinga, panel surya saat ini menjadi alternatif pembangkit listrik mandiri. Panel surya merupakan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic

Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk mengoperasikan perangkat sesuai kebutuhan listriknya. Panel surya atau solar ini diletakkan di area atap yang langsung terkena dengan matahari. Penggunaan panel surya juga jauh lebih hemat dan menjanjikan.

Perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) meresmikan panel surya berukuran raksasa yang dijadikan sebagai sumber energi penyimpanan vaksin. APL merupakan sebuah pusat distribusi vaksin, obat-obatan dan alat kesehatan. Perusahaan ini bekerja sama dengan berbagai produsen farmasi ternama untuk menyalurkan obat ke seluruh Indonesia. 

Baca Juga:



Perusahaan yang berdiri di atas lahan seluas 39.930 meter persegi itu mendistribusikan obat ke berbagai daerah, mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura. Ribuan solar panel itu memiliki kapasitas 813 kWp yang dapat menghasilkan energi lebih dari 1 juta kWh per tahun.

Sebanyak 1.506 panel surya dipasang untuk menghidupi listrik pada kompleks distribusi obat nasional. Teknologi ini digunakan sebagai upaya pelestarian lingkungan dan menghemat energi.

“Kita semua tahu selama ini penggunaan energi fosil dari batu bara sudah menimbulkan dampak emisi yang tidak baik. Maka kami mengubah itu secara signifikan dimulai dari Cikarang,” ujar Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) Christophe Piganiol.

Baca Juga:



Terdapat ruangan bersuhu 2-8 derajat celcius untuk menyimpan jutaan vaksin baik Covid-19 maupun vaksin dasar pada anak semisal campak atau DPT. Pemasangan panel surya ini menjadi yang pertama di Indonesia. Rencananya akan dilakukan di tiga negara lainnya yakni Filipina, Thailand, serta Singapura. 

Ai Saadiyah Dwidaningsih sebagai Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Barat  menambahkan penggunaan tenaga surya merupakan bagian dari inisiatif dunia usaha yang wajib diapresiasi. Dunia usaha memiliki inisiatif untuk berinvestasi di bidang sustainability.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] Pusat Distribusi Obat di Cikarang Pakai Solar Panel Raksasa Sebagai Sumber Energi

[2] Perusahaan Di Bekasi Gunakan Solar Panel Raksasa Sebagai Sumber Energi, Ada Jutaan vaksin Di Gudangnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *