Wow! Indonesia Jual Kendaraan Listrik di 2050

Indonesia Jual Kendaraan Listrik di Tahun 2050
  • Penggunaan kendaraan listrik merupakan anjuran pemerintah untuk mengurangi polusi udara.
  • Tahun 2050 sudah secara merata menggunakan kendaraan listrik baik motor maupun mobil.
  • Indonesia memiliki ketersediaan bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik yang menarik investor asing.

Dewasa ini kendaraan listrik ramai diperbincangkan akibat keuntungannya yang menjadikan lingkungan terhindar dari polusi. Negara lain sudah banyak yang menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan pribadinya. Maka dari itu, Indonesia tak mau kalah akannya. Indonesia miliki target di tahun 2050 untuk meningkatkan penjualan kendaraan seperti mobil dan motor dengan tenaga listrik.

Secara kokoh pemikirannya, Indonesia ingin meningkatkan penggunaan kendaraan listrik yang dinilai ramah lingkungan sebab Indonesia menduduki peringkat atas dari berbagai negara dengan kategori yang memiliki polusi udara terburuk di dunia. Itulah sebabnya, Indonesia menjadi negeri yang berpolusi di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga:



Dengan polusi yang memburuk, pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi adanya permasalahan ini. Pemerintah tak ingin Indonesia dicap sebagai yang ‘terburuk’.

Salah satu cara menanggapi permasalahaan tersebut ialah pemerintah menganjurkan penggunaan kendaraan listrik yang dinilai ramah lingkungan. Hingga saat ini, beberapa persen masyarakat dari jumlah keseluruhan penduduk sudah menggunaan kendaraan listrik. Namun, untuk produksi kendaraan listrik baik dalam bentuk mobil atau pun motor masih jarang. Pemerintah menargetkan pada tahun 2050 warga Indonesia semuanya sudah menggunakan kendaraan listrik.

Kendaraan yang menggunakan BBM (Bahan Bakar Minyak) akan dilangkakan, bisa jadi tidak akan memproduksinya lagi. Hal tersebut dikarenakan BBM lah yang menyebabkan polusi di Indonesia membandel.

Indonesia melakukan target ini secara bertahap untuk saat ini melakukan penyuluhan serta promosi pengembangan bidang industri otomotif dengan jaminan yang ramah lingkungan. Paling tidak, tahun 2040 motor listrik sudah diterbitkan secara besar-besaran, hanya saja yang mobil paling lambat di tahun 2050.

Sangat penting menggunakan kendaraan bermuatan listrik karena konversi dari BBM (Bahan Bakar Minyak) ke listrik haruslah menjadi sebuah program besar yang secara matang harus disusun dan dilaksanakan. Masa depan manusia akan merasakan besarnya rasa kenyamanan hidup tanpa udara kotor.

Direktur Jenderal ILMATE (Industri Lokal, Mesin, Alat, Transportasi, dan Elektronika) mengatakan bahwa adanya target dimana tahun 2025 sudah mulai memproduksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dengan jumlah mencapai 400 ribu unit kendaraan beroda empat serta 1,76 juta unit kendaraan beroda dua.

Pemerintah Indonesia sangat ambisius dalam menjalani program ini karena ketersediaan bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik yang berupa nikel dan kobalt yang sangat besar. Bahkan, banyak negara yang ingin berinvestasi di Indonesia karena saking banyaknya bahan baku pembuatan baterai, salah satunya Korea Selatan, mereka ingin pula membangun pabrik pembuatan baterai untuk kendaraan listrik.

Tak hanya fokus di bagian proses produksi kendaraan listrik saja, Kementerian ESDM RI atau Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia terus menerus membangun SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di berbagai daerah untuk upaya mempercepat kendaraan listrik di Indonesia.

Untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), pemerintah memiliki target terkait hal itu, yakni dengan menargetkan tahun 2025 sudah memiliki SPKLU yang beroperasi sebanyak 3.861 unit. Ada pula target untuk SPBKL (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik) mengharapkan di tahun 2025 dapat mendirikan sekitar 17.000 unit yang akan tersebar di beberapa wilayah.

Selain adanya kendaraan listrik yang memiliki keuntungan yang ramah lingkungan, bisa pula menarik perhatian investor di berbagai negara karena di Indonesia memiliki banyak bahan baku pembuatan baterai. Melalui kendaraan listrik, Indonesia menciptakan lingkungan yang jauh dari kata polusi kotor dan perekonomian Indonesia meningkat.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

Tahun 2050 Indonesia Hanya Jual Mobil & Motor Listrik

Tahun 2050 Semua Mobil dan Motor Baru di Indonesia Bertenaga Listrik

Indonesia Ditargetkan Hanya Menjual Motor Dan Mobil Listrik Pada 2050

Indonesia Menjadi Negara dengan Polusi Tertinggi di Asia Tenggara

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.