Siap Dongkrak PLTS Dalam Negeri, PLN Gandeng 3 Produsen Solar Panel

Ilustrasi, Pekerja PLTS, pexels.com
  • PT. PLN menggandeng 3 perusahaan produsen solar panel,satu perusahaan produsen panel surya terkemuka di dunia dan 2 lainnya merupakan perusahaan dalam negeri.
  • Target pemerintah yang mana telah menargetkan TKDN untuk pembangunan PLTS sendiri mencapai 60%.
  • Hal ini merupakan langkah PT. PLN menghadirkan energi yang bersih, andal, terjangkau, dan berkelanjutan untuk masyarakat.

PLTS di Indonesia makin hari makin diminati, baik di sektor pemerintahan, industri bahkan kalangan rumah tangga pun kini mulai merebak pengguna PLTS. Faktor ini merupakan salah satu latar belakang PT. PLN mulai menyiapkan pembangunan pabrik PLTS di Indonesia. Melalui  PT. PLN Indonesia Power dalam hal ini sebagai perusahaan sub-holding milik PT. PLN menggandeng 3 perusahaan produsen solar panel yakni Trina Solar yang merupakan salah satu perusahaan produsen panel surya terkemuka di dunia dan 2 lainnya merupakan perusahaan dalam negeri.

Baca Juga



Pabrik yang akan dibangun PT. PLN ini digadang-gadang akan menjadi pabrik yang memproduksi panel surya terbesar di ASEAN. Selain membangun pabrik PT. PLN juga akan mengembangkan skema bisnis dan pemasaran untuk panel surya dalam negeri. PT. PLN juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas nasional dalam perkuatan infrastruktur pembangunan PLTS di Indonesia, “Saat ini peluang pasar yang sangat besar belum didukung oleh industri solar panel dalam negeri secara maksimal. Masih terdapat disparitas harga produk solar panel dalam negeri, di mana harga impor 40 persen lebih murah dibanding harga dalam negeri,” ucap Edwin Nugraha Putra, Direktur Utama PT. PLN Indonesia Power.

“Untuk itu, PLN terus mendorong pembangunan ekosistem dan memfasilitasi kapabilitas nasional melalui pembuatan manufaktur solar panel dengan menghadirkan pabrikan dengan teknologi terkini,” lanjutnya. Dari sini dapat dilihat bahwasanya TKDN dalam pembangunan PLTS dirasa sangat kurang dilihat dari perbedaan harga produk PLTS impor dan buatan dalam negeri, hal ini juga tidak sesuai dengan target pemerintah yang mana telah menargetkan TKDN untuk pembangunan PLTS sendiri mencapai 60%.

Baca Juga



Dan juga dengan hadirnya produsen PLTS dalam negeri ini diharapkan dapat mengatasi disparitas harga komponen PLTS dan juga merupakan langkah PT. PLN menghadirkan energi yang bersih, andal, terjangkau, dan berkelanjutan untuk masyarakat, “Dengan membangun industri ini, PLN akan menyelesaikan dilema energi kotor yang murah vs energi bersih yang mahal, sehingga PLN dapat mewujudkan amanah dalam penyediaan listrik yang murah dan bersih,” tutup Edwin.

Makin tahu Indonesia, bahwa industri dalam negeri pun kini mulai beralih ke energi baru dan terbarukan, cari tahu hal-hal tentang energi baru terbarukan lainnya di zonaebt.com

Referensi

[1]PLN Gandeng 3 Produsen PLTS, Siap Bangun Pabrik Solar Panel Terbesar Se-Asia Tenggara

[2]PLN Siap Bangun Pabrik Solar Panel Terbesar di Asia Tenggara

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.