Menarik!! Pemakaian Panel Surya Skala Rumah Tangga Bisa Mengurangi Efek Rumah Kaca

  • Menjadi inovasi bagi peradaban manusia, panel surya semakin berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat.
  • Penggunaan tenaga surya memiliki kelebihan dari penggunaan tenaga fosil.
  • Bahkan tagihan listrik bisa berkurang sampai dengan 50 persen dengan menggunakan perpaduan teknologi panel surya dan sumber listrik PLN.

Menjadi inovasi bagi peradaban manusia, panel surya semakin berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Saat ini listrik dalam rumah tangga sudah seperti kebutuhan primer yang wajib dimiliki seperti rumah tangga masyarakat . Apabila menempatkan panel surya di rumah, anda bisa melakukan penghematan terhadap konsumsi listrik PLN. Sehingga tagihan listrik yang diterima per bulannya akan jauh lebih terjangkau dan tidak menguras kantong terlalu dalam.

Penggunaan tenaga surya memiliki kelebihan dari penggunaan tenaga fosil. Baik dalam biaya maupun dampak pada lingkungan. Memang kita tidak langsung serta merta menggantikan listrik PLN dengan listrik yang berasal dari energi surya.

Bahkan tagihan listrik bisa berkurang sampai dengan 50 persen dengan menggunakan perpaduan teknologi panel surya dan sumber listrik PLN.

Baca juga :



Ketergantungan pada energi fosil tidak dapat dihilangkan begitu saja. Dengan memasang panel surya setidaknya dapat memanfaatkan energi terbarukan yang tidak akan pernah habis yakni panas matahari. Memasang panel surya berkontribusi menjaga iklim dan melawan pemanasan global. Sebab, panel surya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan ramah lingkungan.

Biaya pemeliharaan pun dapat dikatakan minim karena tidak memerlukan perawatan yang rumit dan berlebihan. Dengan dibersihkan secara rutin dan berkala setiap bulan, perangkat panel surya tetap bisa terjaga dengan baik. 

Baca juga :



Bumi sedang tidak baik-baik saja  Mengutip BBC, pada tahun 2015, suhu rata-rata dunia untuk pertama kali naik 1 derajat Celsius. Kenaikan itu berada di atas tingkat peningkatan suhu setelah pra-era industri. Salah satu penyebabnya ialah peningkatan efek rumah kaca .

Secara bertahap perlu ditanamamkan pemahaman kuat mengenai penggunaan energi surya dan gentingnya perubahan iklim agar masyarakat dapat beralih ke energi terbarukan. Salah satu hambatan tidak cepatnya pertumbuhan energi ini dalam masyarakat ialah pemasangan awal yang menguras kantong. 

Semakin berkembangnya inovasi dari pembangkit listrik tenaga surya memang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Referensi :

[1] Panel Surya Skala Rumah Tangga, Kurangi Efek Rumah Kaca

[2] Mengintip Berbagai Kegunaan Panel Surya dalam Kehidupan Sehari Hari

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.