PGE Dukung Percepatan Transisi Energi Berkelanjutan

  • PT Pertamina Geothermal Energy atau PGE dukung percepatan transisi energi berkelanjutan sebagai salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia.
  • PGE membangun Binary Unit di Lahendong, Kota Tomohon, Sulawesi Utara untuk menghasilkan potensi tambahan kapasitas listrik hingga 25 megawatt.
  • ada tiga area di mana kemitraan bisa dilakukan, yakni Co-generation, Co-production, dan Co-development.

PT Pertamina Geothermal Energy atau PGE dukung percepatan transisi energi berkelanjutan sebagai salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia.

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) bagian dari Subholding Pertamina Power & New Renewable Energy (PNRE) menginisiasi proyek percontohan peningkatan kapasitas terpasang panas bumi.

PGE membangun Binary Unit di Lahendong, Kota Tomohon, Sulawesi Utara untuk menghasilkan potensi tambahan kapasitas listrik hingga 25 megawatt.

Ahmad Yuniarto selaku Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), mengatakan perusahaan memiliki peta jalan pengembangan.

Kapasitas terpasang di wilayah kerja panas bumi PGE hingga lima tahun kedepan. Hal ini untuk mempersiapkan panas bumi sebagai base load energi baru terbarukan di Indonesia.

”PGE mengundang negara anggota G20 untuk bekerja sama dalam pengembangan energi panas bumi di Indonesia sebagai salah satu solusi dalam menghadapi isu-isu besar seperti pemanasan global dan dekarbonisasi menuju net zero emission 2060” ujarnya dalam acara G20 Sustainable Finance For Climate Action di Nusa Dua, Bali, pekan lalu.

Ahmad Yuniarto menjelaskan, ada tiga area di mana kemitraan bisa dilakukan, yakni Co-generation, Co-production, dan Co-development.

Pembangkitan bersama bisa dilakukan melalui optimalisasi uap air panas (Steam n Brines to green power) untuk melahirkan listrik ramah lingkungan (green electricity).

Selain itu, ada empat bidang yang bisa dikerjakan bersama-sama (Co-production), yaitu pemanfaatan CO2 untuk bahan bakar alternatif, ekstraksi nano material yaitu dengan pemanfaatan kandungan berharga di fluida panas bumi (rare earth element), green hidrogen sebagai bahan bakar masa depan yang ramah lingkungan, dan green Metanol.

Baca juga:


SUN Energy dan Huawei Luncurkan Pemantau PLTS berbasis IoT

PLTS Terapung Jadi Trend di Dunia


Pengembangan bersama( co-development) bisa dilakukan untuk membangun Geo-eco tourism, dan Geo-agro industry.

“Pada prinsipnya, operasi PGE harus efisien, termasuk dalam memanfaatkan waste,” ucap Ahmad Yuniarto.

Indonesia harus memanfaatkan secara optimal karunia Tuhan kepada negeri ini dalam bentuk cadangan panas bumi yang besar.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat saat ini Indonesia memiliki cadangan panas bumi sebesar 23,7 GW.

Ahmad Yuniarto menambahkan, dalam menjalankan bisnis, PGE berkomitmen untuk pengembangan panas bumi dan memastikan implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) menjadi bagian terintegrasi dari bisnis panas bumi PGE.

Penerapan aspek-aspek ESG ini merupakan upaya dalam memberikan nilai tambah serta dukungan PGE pada program pemerintah terkait pemanfaatan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan khususnya panas bumi.

Komitmen PGE dalam pengembangan energi panas bumi dapat berkontribusi dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan goals ke 7 (energi bersih dan terjangkau), goals 12 (konstruksi dan produksi yang bertanggungjawab), goals 13 (penanganan perubahan iklim), dan goals 15 (ekosistem darat) pada SDGs (Sustainable Development Goals).

Zonaebt.com

Referensi:
[1] Pertamina Geothermal Dukung Percepatan Transisi Energi Berkelanjutan G20 lewat Proyek Tenologi Binary
[2] PGE Ciptakan Teknologi Binary demi Dukung Transisi Energi Berkelanjutan G20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment