Mendorong Pembangunan Berkelanjutan melalui Media Digital Bersama Green Network

Kolaborasi Green Network
  • Green Network hadir sebagai layanan konsultansi dan media digital dengan visi menciptakan ekosistem nilai bersama untuk pembangunan berkelanjutan.
  • Green Network mendedikasikan platform terintegrasinya untuk melayani semua komunitas lintas pemangku kepentingan dan mitra, termasuk individu warga negara (citizens) dan pelanggan (customers).
  • Salah satu wujud dukungan Green Network kepada berbagai komunitas adalah dengan menjadi Official Media Partner Zona EBT pada kegiatan webinar “Unlocking Indonesian Green Jobs Opportunity”.

Green Network hadir sebagai perusahaan layanan konsultansi dan media digital berbasis tujuan (purpose driven) yang tergerak oleh visi menciptakan ekosistem nilai bersama untuk pembangunan berkelanjutan. 

Organisasi startup ini didirikan pada bulan Mei 2021 di Jakarta oleh Marlis Afridah, seorang profesional di bidang Ilmu Kebijakan Publik, alumni Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore.  

Untuk mewujudkan visinya, Green Network aktif memproduksi pengetahuan dan mendukung pengembangan kapasitas komunitas melalui platform media terintegrasi Green Network ID yang didedikasikan khusus untuk publik Indonesia, dan Green Network Asia untuk publik internasional.

Green Network menyajikan kabar dan cerita dengan fokus seputar isu-isu pembangunan berkelanjutan yang relevan dan penting bagi pembuat kebijakan, profesional, praktisi, akademisi, aktivis, mahasiswa, bahkan masyarakat umum.

Tujuan Organisasi 

Tujuan Green Network adalah mendukung pembangunan berkelanjutan dengan mempromosikan dan mengarusutamakan prinsip-prinsip keberlanjutan, menunjukkan praktik-praktik baik, dan memungkinkan kolaborasi lintas pemangku kepentingan di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil.

Marlis, Pendiri & CEO Green Network mengatakan, “Tujuan itu merupakan inti dari keseluruhan strategi, operasional, dan orang-orang di komunitas kami. Kami mewujudkan misi Green Network melalui praktik nilai bersama (shared value) yang ditargetkan untuk menciptakan nilai terukur dan dampak nyata bagi manusia, planet bumi, organisasi, dan mitra.” 

Platform Inklusif 

Green Network mendedikasikan platform terintegrasinya untuk melayani semua komunitas lintas pemangku kepentingan dan mitra, termasuk individu warga negara (citizens) dan pelanggan (customers). Layanan ini memungkinkan semua pihak untuk belajar, berbagi, dan berjejaring tentang tantangan dan peluang dalam pembangunan berkelanjutan, sehingga membantu mereka untuk berpartisipasi dalam gerakan ini secara lebih efektif.

Konten Green Network didesain dengan standar kualitas tinggi menggunakan gaya bahasa populer yang diharapkan dapat dipahami oleh semua segmen masyarakat. Kontennya bersifat terbuka untuk semua orang tanpa dipungut biaya, dimaksudkan untuk mendukung pendidikan publik skala besar yang diharapkan dapat menciptakan dampak positif di tengah masyarakat. 

Marlis mengungkapkan, “Kami berpegang pada inklusivitas dan bertekad untuk selalu memelihara nilai-nilai keberagaman, kesetaraan, dan inklusi. Melampaui target audiens yang spesifik, kami memastikan bahwa layanan Green Network menjangkau masyarakat umum dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi di Indonesia dan dunia, agar tidak seorang pun tertinggal di belakang.”

Baca Juga



Gerakan Kolaboratif Green Network

Salah satu wujud dukungan Green Network kepada berbagai komunitas adalah dengan menjadi Official Media Partner Zona EBT pada kegiatan webinar bertajuk Unlocking Indonesian Green Jobs Opportunity”. Peluang pertumbuhan pekerjaan hijau yang menjadi salah satu fokus Zona EBT menjadi salah satu perhatian utama Green Network dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Melalui publikasi digitalnya, Green Network aktif melakukan pemberdayaan masyarakat dengan menggarisbawahi agenda-agenda komunitas, menyoroti aspirasi mereka, berbagi peluang Pembelajaran & Pengembanga, serta potensi untuk mewujudkan aksi nyata kepada semua pemangku kepentingan di kapasitas masing-masing pihak.

Kerjasama Bisnis 

Melalui lamannya, Green Network mengundang berbagai organisasi di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil yang selaras dengan misinya untuk bekerjasama sebagai mitra/klien. 

Green Network menawarkan kemitraan yang memberikan layanan konsultansi public affairs untuk mendukung perjalanan dan inisiatif pembangunan berkelanjutan organisasi mitra.

Dalam memberikan layanan konsultansinya, Green Network menggunakan pendekatan multidisiplin untuk memberikan solusi potensial dan membantu mencapai misi mitranya dalam kebijakan publik, diplomasi bisnis, advokasi dan kampanye digital, hubungan pemerintah, pengembangan kapasitas, dan layanan lainnya.

Organisasi yang relevan untuk bermitra dengan Green Network meliputi dan tidak terbatas pada badan-badan PBB, organisasi internasional, organisasi regional, pemerintah di semua tingkat, perusahaan multinasional, perusahaan milik negara, perusahaan rintisan, perusahaan sosial, usaha kecil dan menengah, kelompok bisnis, asosiasi perdagangan, organisasi nirlaba, kelompok masyarakat sipil, yayasan swasta, filantropi, sekolah, universitas, think tank, lembaga kesehatan, lembaga jasa keuangan, anggota parlemen, serikat pekerja, dan media.

“Kami ingin melindungi investasi Anda dalam kemitraan bersama Green Network dengan menjamin fleksibilitas dalam mengalokasikan sumber daya berdasarkan kebutuhan spesifik bisnis Anda,” kata Marlis sebagaimana juga tertulis di laman Green Network. 

Referensi:
1. Helping people become more mindful to create social, business change
2. Home: Green Network ID
3. Bermitra dengan Kami: Green Network ID
4. Membuka Peluang Green Jobs Indonesia Bersama Zona EBT

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.