Coldplay: Konser Ramah Lingkungan Hingga Sumbang Kapal Pembersih Sampah ke Indonesia

Coldplay di Indonesia. Sumber: Detik.com
  • Coldplay band dengan kepedulian tinggi terhadap permasalahan lingkungan.
  • Setiap aspek konser Coldplay diupayakan ramah lingkungan.
  • Coldplay menyumbang kapal pembersih sampah ke Indonesia.

Konser Coldplay di Indonesia sempat menjadi perdebatan publik, pasalnya ada banyak pihak yang tidak setuju dengan diadakannya konser Coldplay di Indonesia atas dasar value yang tidak sesuai dengan mayoritas di Indonesia. Namun ternyata setelah suksesnya konser Colplay di Indonesia, Coldplay turut andil dalam persoalan lingkungan di Indonesia dengan menyumbangkan kapal pembersih sungai untuk sungai Cisadane.

Konser Ramah Lingkungan

Sobat EBT Heros pasti tahu, kan, band yang berasal dari Inggris yang banyak diminati dari berbagai kalangan dan sekarang ini sedang menggelar konser di berbagai belahan dunia, salah satunya di Indonesia pada 15 November kemarin. Tapi Sobat EBT Heroes sudah tahu belum, kalau Coldplay bukan hanya band yang menyanyi di atas panggung saja, lho. Tapi Coldplay sangat peduli terhadap isu lingkungan.

Seperti yang kita tahu belakangan ini sedang terjadi kriis iklim yang semaki parah. Sulit untuk membuat tur musik ramah lingkungan terlebih dalam skala global, namun Coldplay sangat mengupayakan hal tersebut. Sebagai upayanya Coldplay membuat beberapa perjanjian lingkungan dan mengumumkan inisiatif berkelanjutan untuk mengurangi jejak karbon mereka semaksimal mungkin.

Prinsip yang diupayakan Coldplay ada tiga, yang pertama yakni; Reduce atau mengurangi, mengurangi konsumsi energi, mendaur ulang, dan mengurangi emisi CO2 sebesar 50 persen. Reinvent atau mendukung teknologi ramah lingkungan baru dan mengembangkan produk-produk ramah lingkungan yang hemat energi dan berkelanjutan. Dan Restore atau menjadikan tur lebih bermanfaat bagi lingkungan dengan mendanai protofolio proyek berbasis alam dan teknologi dan dengan mengurangi CO2 secara signifikan lebih banyak dari yang dihasilkan pada tur.

Mengurangi Emisi Karbon Dioksida

Untuk mengurangi emisi karbon dioksida, konser Colplay menggunakan energi terbarukan untuk seluruh komponen konsernya. Dimulai dari pemasangan solar tile sementara di lantai venue, di luar concourse, dan di atas panggung.

Coldplay juga menggunakan lantai kinetik yang bertujuan untuk mengubah pergerakan penonton menjadi energi. Tidak hanya itu, di dalam venue juga tersorot sepeda stasioner di barisan terdepan, yakni sepeda yang dapat menyalurkan energi langsung dari para penonton ke dalam baterai yang menggerakkan berbagai elemen pertunjukkan. Wah, dari hal ini sangat terlihat ya Coldplay sangat mengusahakan pengupayaan hemat energi semaksimal mungkin.

Sepeda statis pembangkit energi. Sumber: Entertainment News

BACA JUGA:



Gelang iconic Penonton Coldplay

Xylobands merupakan LED band yang sangat ikonik di setiap konser Coldplay. Menjadi salah satu keistimewaan bagi penggemar saat menonton konser Coldplay. Gelang ini dibuat bukan hanya untuk memeriahkan konser saja, namun gelang ini dibuat dengan banyak perhitungan, salah satunya yakni untuk lebih menghemat energi, karena gelang ini menggunakan LED yang mana merupakan salah satu jenis lampu yang paling ramah lingkungan.

Sobat EBT Heroes harus tahu fakta menarik tentang gelang ini, bahwa gelang ini 100 persen plant-based-material atau bahan nabati, dimana casing gelang ini dapat dilepas dan dibuat kompos setelah 2 bulan. Namun, xylobands ini diberikan hanya untuk dipakai saat menonton konser Coldplay saja, dan harus dikembalikan saat konser berakhir, sehingga gelang ini dapat digunakan kembali pada konser selanjutnya.

Xylobands Coldplay. Sumber: IDN Times

1 Tiket Untuk 1 Pohon

Colplay mengatakan bahwa akan ikut andil menanam dan melindungi jutaan pohon baru. Hal ini terlihat dari aksi Coldplay dalam kebijakan satu pohon untuk setiap tiket yang terjual. Secara tidak langsung berarti yang menonton konser Coldplay sudah turut andil dalam penghijauan bumi kita.

Wah rangkaian konser Coldplay dari awal hingga akhir benar-benar mempertimbangkan setiap aspeknya agar lebih ramah lingkungan, keren ya Sobat EBT Heroes?

BACA JUGA:



Kapal Neon Moon II Untuk Sungai Cisadane

Setelah sukses menggelar konser di Jakarta, Coldplay masih menjadi sorotan utama setelah aksi sosial yang dilakukan. Masih berkaitan dengan prinsip ramah lingkungan, Coldplay menyumbangkan satu kapal pembersih sampah untuk Indonesia. Bekerjasama dengan The Ocean Cleanup, Coldplay mendukung misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan plastik dengan mengadopsi Interceptor kedua mereka, yakni kapal pembersih sampah yang diberi nama Neon Moon II, yang ditempatkan di Sungai Cisadane yang melintasi wilayah Tangerang.

Kapal Neon Moon II. Sumber: Liputan6.com

Sebagai lembaga non-profit yang fokus pada pelestarian lingkingan khususnya di Asia, dengan visi mereka yakni untuk melawan polusi plastik di Asia. Dukungan finasial dari berbagai mitra, termasuk Coldplay, disebut sebagai faktor keberhasilan proyek The Ocean Cleanup ini. Boyan Slat, pendiri dan CEO The Ocean Cleanup juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Coldplay atas kontribusinya. “Sangat menyenangkan bagi kami untuk melibatkan Coldplay bersama-sama memberikan dampak besar melawan polusi plastik di Asia. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Coldplay atas bantuan mereka, dan kami tidak sabar untuk segera melihat Neon Moon II beraksi dan mencegat sampah.” ujarnya.

Sungai Cisadane dipilih sebagai lokasi penempatan kapal pembersih oleh Coldplay pastinya memiliki alasan tertentu. Yakni karena sungai Cisadane ini sudah dikenal sebagai tempat pembuangan limbah oleh masyarakat, sungai ini sudah banyak menjadi sorotan bahkan sungai ini juga mendapat sorotan negatif dari media-media internasional. Dengan ditempatkannya kapal Neon Moon II di sungai Cisadane ini banyak pihak termasuk Coldpay agar masalah limbah di sungai ini cepat teratasi.

#zonaebt #serbaterbarukan #ebtheroes

Editor: Nur Wasilatus Sholeha

Referensi:

[1] How Coldplay are making their new tour eco-friendly with a little push from their fans

[2] COLDPLAY: ONE OF THE BANDS THAT CREATES ECO-FRIENDLY CONCERTS

[3] Coldplay’s Most Sustainable Tour Yet Has Just Kicked Off

[4] Music of The Spheres World Tour

[5] Coldplay Contributes “Neon Moon II” to Clean Cisadane

[6] THE OCEAN CLEANUP AND COLDPLAY RENEW PARTNERSHIP WITH INTERCEPTOR 020 IN JAKARTA, INDONESIA

[7] Coldplay Sumbang Kapal Neon Moon II untuk Bersihkan Sampah di Sungai Cisadane

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment