Komitmen Indonesia Mewujudkan Net Zero Emission

Ilustrasi Energi Bersih Tanpa Polusi, Net Zero Carbon Guide
  • Net Zero Emission (NZE) merupakan program untuk mewujudkan karbon netral yang diproyeksikan terealisasi tahun 2060 atau lebih cepat
  • Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan NZE
  • NZE semakin populer sejak diadakannya Paris Climate Agreement (2015)

Sumber energi dunia dapat dikatakan masih didominasi oleh sektor energi tak terbarukan yang dalam pengelolaan hingga pemanfaatanya menimbulkan berbagai macam hal negatif, terutama polusi udara.

Melihat realitas tersebut maka para pemimpin dunia melakukan suatu komitmen yang selanjutnya disebut dengan Persetujuan Paris (Paris Climate Agreement) adalah sebuah traktat internasional tentang mitigasi, adaptasi dan keuangan perubahan iklim pada tahun 2015. Persetujuan ini mengawal negara-negara untuk mengurangkan emisi karbon dioksida dan gas rumah kaca lain untuk membatasi pemanasan global.

Salah satu hasil dari persetujuan paris adalah program Net Zero Emission atau biasa disebut NZE.

Apa sih itu NZE ?

Paris Climate Agreement, Time

Program NZE semakin terkenal sejak diadakannya Paris Climate Agreement, dimana secara garis besar NZE ini merupakan program untuk menekan tingkat pencemaran lingkungan yang berpotensi meningkatkan terjadinya pemanasan global.

Secara pengertian NZE atau nol emisi karbon merupakan kondisi ketika jumlah dari emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap bumi.

Salah satu jalan untuk mewujudkan hal tersebut adalah percepatan transisi energi dengan beralih secara bertahap dari penggunaan energi tak terbarukan kepada energi terbarukan atau energi bersih.

Baca Juga:



Melalui transisi energi tersebut diharapkan dapat mencapai kondisi seimbang diantara aktivitas manusia dengan kondisi lingkungan atau alam. Energi merupakan salah satu sektor yang difokuskan dalam upaya program NZE, dimana bentuk dari komitmen para negara untuk mewujudkan NZE tersebut adalah dirancangnya regulasi-regulasi untuk percepatan transisi energi dan dalam hal penyediaan energi listrik yang diselaraskan dengan program NZE.

Komitmen Indonesia Dalam Program NZE

PLTB Sidrap, PLN

Indonesia sendiri berkomitmen dalam mewujudkan NZE atau nol emisi karbon dimana bentuk dari komitmen tersebut adalah perumuskan sejumlah kebijakan khususnya di sektorn energi untuk mempercepat proses transisi energi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan jika persoalan lingukan dan ketegasan menjalankan misi NZE tersebut membutuhkan dukungan dari transisi energi sehingga membuka peluang besar dalam hal pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang dapat dilakukan secara maksimal.

Baca Juga :



Selain itu aspek yang penting dari percepatan transisi energi untuk mewujudkan NZE adalah aspek finansial atau pembiayaan. Menteri ESDM menekankan jika peran dari sektor swasta yang merupakan penopang finansial selain dari pemerintah dan lembaga keuangan merupakan aspek yang penting dalam hal peningkatan dan percepatan energi rendah karbon, maka dari itu dibutuhkan suatu kebijaka atau regulasi yang dapat mengatur secara komperhensif dan tepat sasaran untuk mewujudkan iklim invetsasi yang kondusif.

Melalui iklim investasi yang kondusif tersebut nantinya akan menarik perhatian para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia untuk kegiatan usaha di bidang energi bersih dan secara langsung akan berdampak pada peningkatan pengunaan energi bersih dan transisi energi.

Referensi :

(1) Berkenalan dengan Net Zero Emission

(2) COP ke-26, Menteri ESDM Sampaikan Komitmen Indonesia Capai Net Zero Emission

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.