Biomassa dan Potensi Besar nya yang Mengagumkan bagi Indonesia

Ilustrasi Pellet Biomassa dari kayu, Cangkang Sawit
  • Pemerintah Indonesia saat ini terus mendorong perkembangan dan penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) sebagai upaya transisi energi di Indonesia.
  • Potensi biomassa di Indonesia diperkirakan dapat mencapai 46.7 juta ton per tahun yang setara dengan 470 GJ/y.
  • Perlunya dorongan dan dukungan yang sinergis bagi perkembangan energi ramah lingkungan di Indonesia.

Biomassa adalah salah satu sumber energi baru dan terbarukan yang sedang dikembangkan saat ini. Energi biomassa dapat diolah dari kayu, limbah pertanian, limbah ternak, sampah makanan, dan bahan organik lainnya.Penggunaannya sendiri telah dilakukan sejak lama. 

Di Amerika Serikat, 70% energi yang digunakan di masyarakat berasal dari kayu yang merupakan salah satu sumber energi biomassa terbesar. Seiring berkembangnya waktu, biomassa dari kayu kemudian diolah menjadi bahan yang lebih efektif seperti arang dan petroleum. Bahkan, biomassa dapat dikonversi menjadi bentuk cair yang umum dikenal dengan biofuel. 

Dewasa ini, energi biomassa tampaknya cukup serius dikembangkan di berbagai negara di Dunia. Terlebih di negara dengan sumber bahan baku biomassa yang berlimpah, salah satunya Indonesia. Menurut Kamaruddin Abdullah dalam artikel ilmiah nya pada tahun 2006 menyebutkan bahwa potensi biomassa di Indonesia diperkirakan dapat mencapai 46.7 juta ton per tahun yang setara dengan 470 GJ/y. Hal ini tentunya dapat membuka mata kita untuk Makin Tahu Indonesia dan optimis terhadap potensi energi terbarukan di Indonesia. 

Pemerintah Indonesia saat ini terus mendorong perkembangan dan penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) sebagai upaya transisi energi di Indonesia. Penggunaan energi biomassa perlu untuk didukung oleh tak hanya pemerintah, tetapi juga perusahaan domestik yang bergerak dalam energi berkelanjutan dan ramah lingkungan. Seperti contohnya Rida Mulyana, sekjen Kementerian ESDM Indonesia yang terus mendorong para pengusaha untuk berinvestasi dalam bisnis energi baru dan terbarukan (EBT).

Baca juga :



Dampak Pemanfaatan Biomassa bagi Lingkungan dan Negara

Ilustrasi Hutan Tanaman Energi, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia

Mengembangkan dan menggunakan biomassa sebagai energi baru terbarukan (EBT) dapat memberikan dampak yang baik bagi keberlanjutan energi dan lingkungan. Tak hanya membantu menghasilkan energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, tetapi juga dapat meningkatkan keamanan energi nasional. 

Biomassa dapat dikonversi menjadi berbagai bentuk energi yang diperlukan sesuai kebutuhan. Di Indonesia sendiri, biomassa sedang dikembangkan salah satunya menjadi pengganti batu bara dalam PLTU. Tak hanya itu, seperti yang sudah disinggung di awal, biomassa juga dapat dikonversi menjadi bentuk cair, yaitu biofuel, bioethanol dan biodiesel. Hal ini menunjukkan potensi biomassa dalam energi listrik dan panas yang beragam.

Baca juga :



Sebesar Apa Potensi Sumber EBT Biomassa di Indonesia Saat Ini?

Ilustrasi Biodiesel, Unarir News

Menurut Djoko Winarno, dari Masyarakat Energi Biomassa Indonesia (MEBI), potensi PLTBM di Indonesia dapat berasal dari Hutan Tanaman Energi yang dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa wilayah yang memiliki potensi besar untuk perkembangan Hutan Tanaman Energi adalah Aceh, Kalimantan, dan wilayah Indonesia timur. Total area Hutan Tanaman Energi mencapai 10.8 juta hektar di berbagai daerah potensial di Indonesia. 

MEBI juga mencatat mengungkapkan bahwa daya pembangkit dari energi biomassa mencapai 32,6 Giga Watt. Sementara itu, energi biomassa yang masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2023, Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM) baru mencapai 5,5 GW. Data ini menunjukkan perlunya dorongan dan dukungan yang sinergis bagi perkembangan energi ramah lingkungan di Indonesia. Tak hanya dari pihak pemerintah dan pengusaha, tetapi juga dari masyarakat umum yang turut mendukung kesuksesan transisi energi di Indonesia.

Referensi

[1] Biomass Energy Industry

[2] Biomass Energy Potentials And Utilization In Indonesia

[3] Seeing Biomass Potential In Indonesia, Environmentally Renewable Energy

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.