Peran Kendaraan Listrik di IKN: Mendorong Mobilitas Hijau

SKPLU PLN. Sumber: fokuspapua.com
  • Peluncuran transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi tonggak penting menuju mobilitas berkelanjutan yang sejalan dengan visi kawasan IKN sebagai pusat perkembangan berkelanjutan yang berwawasan hijau.
  • Kendaraan listrik di IKN bukan hanya simbol, tetapi juga langkah nyata perkembangan sistem transportasi publik berbasis listrik.
  • Kemitraan strategis antara pemerintah dan sektor swasta, khususnya dengan Bluebird Group, memberikan kontribusi besar dalam mendukung inisiasi transportasi ramah lingkungan di IKN. Hubungan ini menciptakan peluang bagi sektor swasta lainnya untuk ikut serta.
  • Inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN sebagai inovasi serta perwujudan visi untuk menciptakan masa depan mobilitas yang bersih dan sehat.

Sobat EBT Heroes, pada 21 Desember 2023, Presiden Joko Widodo secara resmi menghadiri peluncuran kendaraan listrik sebagai transportasi ramah lingkungan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Langkah ini memiliki arti penting dalam menjalankan agenda mobilitas berkelanjutan. Tidak hanya sekadar seremonial, acara ini juga merupakan gerakan nyata dalam mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan di Indonesia.

Langkah tersebut juga memperkuat konsep hijau yang telah menjadi identitas IKN sejak awal pembangunannya. Dengan mengadopsi transportasi berbasis listrik, IKN menegaskan komitmennya terhadap pengembangan kota yang berkelanjutan. Penggunaan kendaraan listrik tidak hanya bertujuan untuk efisiensi, tetapi juga sebagai simbol perubahan menuju mobilitas yang bersih dan berkelanjutan.

Baca juga



Dalam konteks ini, kendaraan listrik di IKN memainkan peran utama dalam mendukung visi kawasan sebagai pusat pembangunan berkelanjutan. Teknologi ini mencerminkan komitmen untuk menciptakan lingkungan yang seimbang dan ramah lingkungan. Dengan demikian, IKN bukan hanya menjadi tempat pembangunan ekonomi, tetapi juga menjadi model bagi perkembangan kota-kota lain untuk beralih ke mobilitas ramah lingkungan.

IKN sebagai Kawasan Hijau

Ilustrasi Negara Rimba Nusa yang dibuat oleh Firma Arsitek. Sumber: Urban+


Sejak perencanaan awal, kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah direncanakan sebagai lingkungan berwawasan hijau. Presiden Jokowi menegaskan bahwa seluruh aspek di IKN, dari lingkungan, gedung, transportasi, hingga energi, harus mengadopsi prinsip-prinsip keberlanjutan. Ini menandai komitmen kuat untuk menciptakan kawasan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Peluncuran transportasi ramah lingkungan dengan kendaraan listrik menjadi langkah penting dalam mengaktualisasikan visi tersebut. Langkah ini tidak hanya memperhatikan aspek lingkungan saja, tetapi juga memberikan fondasi bagi pembangunan ekosistem kota yang seimbang dan berkelanjutan. Dengan mengintegrasikan teknologi hijau ke dalam infrastruktur transportasi, IKN menjadi inspirasi bagi kota-kota lain dalam upaya menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih bersih dan sehat.

Mendorong Sistem Transportasi Berbasis Listrik

Angkot listrik Metropod. Sumber: kompas.com


Peluncuran transportasi berbasis listrik di IKN bukan sekadar simbol. Ini merupakan langkah konkret untuk mengembangkan sistem transportasi publik dengan listrik sebagai sumber tenaga. Kendaraan listrik dianggap bukan hanya sebagai moda transportasi yang efisien, tetapi juga sebagai katalisator dalam mengubah paradigma menuju mobilitas yang berkelanjutan. Harapannya, adopsi kendaraan listrik di IKN akan menginspirasi daerah lain untuk beralih ke teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Dengan demikian, IKN tidak hanya berperan sebagai pusat perkembangan ekonomi, tetapi juga sebagai pusat inovasi teknologi transportasi yang berkelanjutan. Langkah ini menunjukkan komitmen untuk memperbaiki dampak lingkungan dari sistem transportasi, sambil memberikan dorongan bagi pengembangan teknologi hijau di sektor transportasi secara keseluruhan.

Kemitraan Strategis dengan Bluebird Group

Investasi IKN oleh Bluebird Group. Sumber: solum.id

Apresiasi yang disampaikan oleh Presiden Jokowi kepada Bluebird Group menegaskan pentingnya kerja sama antara sektor swasta dan pemerintah dalam mencapai tujuan berkelanjutan. Bluebird Group, sebagai perusahaan transportasi terkemuka, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung upaya transportasi ramah lingkungan di kawasan IKN. Sektor swasta yang menyediakan mobilisasi ramah lingkungan akan menjadi salah satu elemen kunci untuk berhasilnya transformasi kawasan yang lebih bersih dan sehat.

Kemitraan ini tidak hanya menguntungkan IKN, tetapi juga menciptakan peluang bagi sektor swasta lainnya untuk ikut serta dalam mewujudkan kawasan yang berkelanjutan. Dengan demikian, kerja sama antara sektor swasta dan pemerintah membuka jalan bagi implementasi inisiatif-inisiatif berkelanjutan di berbagai sektor. Hal ini mampu meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan.

Masa Depan Mobilitas yang Bersih dan Sehat

Desain Istana Negara di IKN Nusantara. Sumber: Kementerian PUPR BPPW Kaltim

Sobat EBT Heroes, masa depan mobilitas yang bersih dan sehat tentunya menjadi fokus utama dalam upaya transportasi di IKN. Inisiatif transportasi ramah lingkungan di sini tidak hanya sekadar sebuah proyek teknologi, tetapi juga mewakili visi pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan sehat. Dengan memilih kendaraan listrik sebagai transportasi publik utama, IKN mengambil langkah progresif dalam menanggulangi tantangan lingkungan sekaligus menciptakan lingkungan yang nyaman bagi penduduknya.

Baca juga



Adopsi teknologi kendaraan listrik di IKN bukan hanya menciptakan manfaat lokal. Gerakan ini juga memicu pertumbuhan industri kendaraan listrik di Indonesia secara keseluruhan. Dampak positifnya meliputi pertumbuhan ekonomi dan industrialisasi yang lebih berkelanjutan.

Dengan demikian, langkah-langkah menuju mobilitas yang bersih dan sehat berdampak pada semua sektor kehidupan. Lingkungan, masyarakat, industri, serta perekonomian nasional pun turut mendapat pengaruh positif dari program ini. Melalui kerja sama antara sektor swasta dan pemerintah, IKN menjadi contoh bagi kawasan lain dalam menghadapi tantangan mobilitas dan lingkungan yang semakin mendesak.

#zonaebt #EBTHeroes #Sebarterbarukan

Editor: Ken Hitana Prakarsi

Referensi:

[1] Presiden Jokowi Luncurkan Ragam Transportasi Darat Ramah Lingkungan di IKN

[2] Kawasan Pemerintahan IKN Akan Punya 70 Persen Area Hijau

[3] Bluebird Group Investasi di IKN Senilai Rp250 Miliar, Garap Sistem Transportasi Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Comment

  1. I thought you did a great job on this. Although your language is excellent and the picture is enticing, you come across as nervous about what you might be giving next. If you save this walk, I hope you will come back here often.

  2. I agree with everything you’ve said in your post; it’s clear that they’re all very persuasive and will work. Nevertheless, the posts are too short for newcomers; could you maybe make them a little longer the next time? I’m grateful for the post.