Gramedia Menghadirkan Gerakan Peduli Lingkungan

  • PT Gramedia Asri Media meluncurkan ‘Gramedia Ecoliteracy’ bertajuk #GramediaGreenAction dan #CollaboraTree sebagai upaya atas permasalahan lingkungan yang masih sering terjadi di Indonesia.
  • Peduli lingkungan merupakan sebuah perwujudan dari sikap manusia terhadap lingkungan.
  • Hasil dari gerakan yang dilakukan akan dikonversikan menjadi buku-buku menarik, yang kemudian disumbangkan kepada komunitas baca di seluruh Indonesia.

Peduli lingkungan merupakan sebuah perwujudan dari sikap manusia terhadap lingkungan. Sikap manusia tersebut berupa sebuah tindakan di dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan upaya untuk mencegah rusaknya lingkungan alam yang sudah terjadi. Jangan sampai lingkungan dibiarkan begitu saja tanpa adanya pemeliharaan dan pembaruan.

PT Gramedia Asri Media meluncurkan ‘Gramedia Ecoliteracy’ bertajuk #GramediaGreenAction dan #CollaboraTree sebagai upaya atas permasalahan lingkungan yang masih sering terjadi di Indonesia. Kampanye yang dilakukan ini mengkhususkan mengenai permasalahan deforestasi dan jumlah sampah domestik yang masih tidak terkendali.

#GramediaGreenAction ini merupakan campaign pertama dari rangkaian campaign Gramedia Ecoliteracy, yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 22 April 2022 bertepatan dengan Hari Bumi. Pelaksanaan tahap awal ini akan diselenggarakan di 6 store Gramedia, di antaranya yaitu Gramedia Emerald Bintaro, Gramedia BSD, Gramedia  Matraman, Gramedia  Depok, Gramedia Harapan Indah Bekasi, dan Gramedia  Palmerah. 

Baca Juga:



Campaign ini berkolaborasi bersama dengan Paxel, MyValue, Bank Sampah Petra, dan waste4change, dengan tidak menutup kemungkinan, Gramedia akan sangat terbuka dengan kolaborasi-kolaborasi yang lebih luas untuk kedepannya.

#GramediaGreenAction juga merupakan sebuah gerakan Gramedia bersama dengan masyarakat dengan mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik, kertas, dan ATK dari seluruh store Gramedia yang ada di Indonesia. 

Sampah tersebut nantinya dapat ditaruh di tempat sampah khusus berlogo “Gramedia Ecoliteracy” yang telah tersedia. Sampah-sampah yang telah terkumpul akan didaur ulang oleh partner-partner terpercaya Gramedia. Hasil dari gerakan yang dilakukan akan dikonversikan menjadi buku-buku menarik, yang kemudian disumbangkan kepada komunitas baca di seluruh Indonesia.

Pengunjung dapat mengikuti campaign ini dengan memperhatikan mekanisme sebagai berikut;

  1. Pengunjung dapat menaruh sampah ke dalam DSK (Tempat Sampah Khusus berlogo “Gramedia Ecoliteracy”) maksimal 1 kali dalam sehari.
  2. Pengunjung wajib mengambil foto sampah yang telah dibuang ke dalam DSK sebagai tanda bukti telah membuang sampah yang nantinya harus menunjukkan bukti foto tersebut ke kasir atau CSO.
  3. Setelah menunjukkan foto, pengunjung dapat membuka laman #GramediaGreenAction pada aplikasi MyValue. 
  4. Pada laman tersebut, pengunjung dapat memindai barcode yang telah diberikan kasir atau CSO untuk mendapatkan 1 stamp.
  5. Setiap pengunjung yang telah memiliki 3 stamp, 5 stamp, dan 10 stamp akan mendapatkan hadiah berupa voucher diskon Gramedia dari MyValue.
  6. Pengunjung hanya diperbolehkan mendapatkan maksimal 1 stamp dalam 1 hari.
  7. Selain mendapatkan voucher diskon Gramedia, pengunjung juga dapat memberikan donasi kepada komunitas baca, dengan memindai barcode yang tersedia pada DSK.

Baca Juga:



Pada campaign #GramediaGreenAction ini pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam penawaran menarik berupa special price pada produk-produk pilihan dari Gramedia.

Gerakan ke 2 yaitu #CollaboraTree. Gerakan ini merupakan gerakan penghijauan penanaman pohon, yang berkolaborasi dengan LindungiHutan yaitu sebuah yayasan yang bergerak di bidang konservasi hutan dan lingkungan melalui metode crowdfunding.

#CorporaTree akan melaksanakan program aktivasi berupa penyerahan bibit dan penanaman pohon Cemara di kawasan hutan tertentu sebagai langkah awal konservasi hutan Indonesia bersama dengan LindungiHutan pada tanggal 19 Mei 2022. Gersakan ini juga merupakan bentuk dedikasi Gramedia untuk kelestarian hutan Indonesia, dengan target jumlah penanaman pohon hingga 10.000 pohon nantinya.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] Gramedia Luncurkan 2 Gerakan Peduli Lingkungan

[2] ‘Gramedia Ecoliteracy’, Gerakan Peduli Lingkungan di Hari Bumi dari Gramedia

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.