Fakta Mengenai PLTP Terbesar di Dunia

  • Amerika Serikat masih menjadi pemegang peringkat tertinggi dalam kategori Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) terbesar di dunia.
  • PLTP tersebut bernama Geyser Geothermal Complex.
  • PLTP Geyser Geothermal Complex sudah menyumbang 20 persen energi listrik di California dan digunakan oleh 900.000 rumah di USA.

Amerika Serikat masih menjadi pemegang peringkat tertinggi dalam kategori Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) terbesar di dunia. PLTP tersebut bernama Geyser Geothermal Complex.

Letak PLTP ini berada 100 km sebelah utara San Fransisco, California. Sampai kini, PLTP Geyser Geothermal Complex sudah menyumbang 20 persen energi listrik di California dan digunakan oleh 900.000 rumah di USA.

Baca juga:



PLTP ini pertama kalinya direncanakan pada tahun 1922, tetapi proyek tersebut tidak berjalan mulus karena terhalang oleh teknologi yang masih kurang memadai.

Proyek PLTP Geyser kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 1950 yang dilakukan bersama Magma Power Company dan Thermal Power Company. Proyek tersebut berhasil karena perkembangan teknologi yang semakin canggih dan adanya teknologi pengeboran sumur.

Baca juga:



PLTP itu mulai dioperasikan pada tahun 1960 dan sudah tersebar di 117 kilometer persegi di Sonoma, Lake, dan Mendocino. PLTP Geyser Geothermal Complex menjadi salah satu sumber energi yang paling diandalkan di California.

Referensi:

[1] Inspirasi Energi: PLTP Terbesar di Dunia Ada di AS, Mampu Terangi 900.000 Rumah

[2] 10 PLTP Terbesar di Dunia Dua di Indonesia

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.