PT Geo Dipa Energi, Pionir Pengembangan Energi Panas Bumi di Indonesia

logo geo dipa energi zonaebt.com
Profil PT Geo Dipa Energi. Sumber : kemenkeu
  • Geo Dipa Energi adalah perusahaan patungan (joint venture) antara PT Pertamina dan PT PLN yang berdiri pada tahun 2002. 
  • Cakupan kegiatan usaha Geo Dipa Energi meliputi eksplorasi, eksploitasi, dan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).
  • Geo Dipa Energi berkomitmen untuk menjadi pionir dalam pengembangan energi panas bumi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia.

Pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi terbarukan adalah salah satu langkah dalam mewujudkan net zero emission. Tahukah Anda bahwa panas bumi dapat dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik tanpa meninggalkan emisi jejak karbon? Ini sangat menguntungkan di tengah perubahan iklim yang merugikan bumi dan manusia akibat pemanasan global. Keunggulan panas bumi sebagai sumber pembangkit listrik adalah selain ramah lingkungan, sumbernya juga tak terbatas tanpa risiko kehabisan. Selain itu, pemanfaatannya juga memerlukan lahan yang lebih kecil serta biaya pemeliharaan yang lebih rendah. 

PT Geo Dipa Energi adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan sumber energi terbarukan yaitu panas bumi. Perusahaan ini mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) untuk energi bersih serta mendukung keberlanjutan energi nasional. Bagi Sobat EBT Heroes yang tertarik berkarir di PT Geo Dipa Energi, berikut adalah profil singkat perusahaan ini sebagai BUMN yang bergerak di bidang panas bumi.

Sejarah Singkat PT Geo Dipa Energi

Pekerja PT Geo Dipa Energi zonaebt.com
Pekerja PT Geo Dipa Energi. Sumber : geodipa.co.id

Geo Dipa Energi adalah perusahaan patungan atau joint venture PT Pertamina dan PT PLN yang berdiri sejak tahun 2002. Pada awalnya, PT Geo Dipa Energi adalah perusahaan swasta yang dijalankan oleh PT Pertamina dan PT PLN dalam mengelola panas bumi di kawasan Dieng dan Patuha. Namun, pada tahun 2002, PT Pertamina menyumbangkan seluruh sahamnya pada PT Geo Dipa Energi sebesar 67% kepada pemerintah. Hal itu menjadikan PT Geo Dipa Energi sebagai BUMN yang bergerak di bidang panas bumi. Pembentukan BUMN khusus mengelola panas bumi ini dinilai sangat penting dalam rangka mengembangkan energi panas bumi dalam mendukung penyediaan listrik oleh pemerintah.

Baca Juga:



Visi dan Misi PT Geo Dipa Energi

PT Geo Dipa Energi memiliki visi dan misi sebagai berikut:

Visi:

Menjadi perusahaan panas bumi terbaik di kelasnya yang memberikan kontribusi substansial terhadap target energi terbarukan Indonesia. 

Misi:

  1. Mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya panas bumi dan turunannya, serta mengakselerasi pengembangan industri panas bumi Indonesia melalui implementasi ESG, pembiayaan berkelanjutan, dan aliansi strategis.
  2. Mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengurangi hambatan pengembangan industri panas bumi sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Panas Bumi Indonesia dan Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
  3. Mencapai keunggulan operasional melalui perbaikan proses bisnis yang berkelanjutan, manajemen aset yang handal, optimalisasi biaya, dan mendorong inovasi melalui digitalisasi dan implementasi teknologi terkait operasi.
  4. Mengembangkan talenta yang unggul dengan memperkuat organisasi dan budaya Perusahaan, serta memberikan kesejahteraan terbaik bagi karyawan. 

Cakupan Kegiatan PT Geo Dipa Energi

PLTP di kawasan Dieng, Jawa Tengah zonaebt.com
PLTP di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Sumber : Antara/Anis Efizudin

PT Geo Dipa Energi menjalankan beberapa kegiatan usaha, yaitu eksplorasi, eksploitasi, dan pengembangan bisnis PLTP. Dalam eksplorasi, PT Geo Dipa Energi melakukan penelitian dan survei untuk menemukan potensi sumber daya panas bumi. Dalam eksploitasi, perusahaan mengembangkan dan mengoperasikan PLTP untuk menghasilkan energi listrik. Untuk pengembangan bisnis PLTP, perusahaan membangun pembangkit listrik atau power plant yang dapat menyalurkan hasil olahan panas bumi menjadi energi listrik ke jaringan transmisi listrik interkoneksi Jawa-Madura-Bali.

Lokasi Operasional

Saat ini, PT Geo Dipa Energi mengoperasikan dua Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP), yaitu : 

  • WKP Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dengan kapasitas 60 MW;
  • WKP Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan kapasitas 60 MW.

Selain itu, Geo Dipa Energi juga sedang mengembangkan beberapa proyek PLTP lainnya, yaitu:

  • Dieng Unit 2 dengan kapasitas 55 MW;
  • Patuha Unit 2 dengan 55 MW.

Terdapat pula WKP yang sedang dalam proses pembangunan, yaitu:

  • WKP Candi Umbul Telomoyo di Jawa Tengah;
  • WKP Arjuno Welirang di Jawa Timur;
  • WKP Wae Sano dan WKP Nage di Nusa Tenggara Timur;
  • WKP Bittuang di Sulawesi Selatan;
  • WKP Jailolo di Maluku Utara.

Baca Juga:



Komitmen Berkelanjutan PT Geo Dipa Energi

Ilustrasi sustainable Energy zonaebt.com
Ilustrasi Sustainable Energy. Sumber : Freepik.com

Geo Dipa Energi berkomitmen untuk menjalankan operasinya secara berkelanjutan dan ramah lingkungan. Beberapa komitmen Geo Dipa Energi adalah:

  • Mengurangi emisi gas rumah kaca: Geo Dipa Energi menggunakan teknologi PLTP yang canggih dan ramah lingkungan untuk meminimalkan emisi gas rumah kaca.
  • Melestarikan lingkungan: Geo Dipa Energi menjalankan program-program pelestarian lingkungan di sekitar area operasinya, seperti penanaman pohon dan rehabilitasi lahan.
  • Membangun masyarakat yang berkelanjutan: Geo Dipa Energi memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar area operasinya untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Itulah profil singkat tentang PT Geo Dipa Energi. Geo Dipa Energi memainkan peran penting dalam pengembangan energi panas bumi di Indonesia. Dengan komitmennya terhadap keberlanjutan dan ramah lingkungan, Geo Dipa Energi diharapkan dapat terus berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan energi nasional yang bersih dan berkelanjutan.

#zonaebt #EBTHeroes #Sebarterbarukan

Editor: Savira Oktavia

Referensi:

[1] PT Geo Dipa Energi (Persero), sang Pengelola Panas Bumi

[2] PT Geo Dipa Energi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 Comment

  1. Thanks for sharing your thoughts. I truly appreciate your efforts and I will be waiting for your
    next post thank you once again.

  2. ✔️꽁타✔️꽁머니,토토꽁머니,꽁포,꽁머니이벤트✔️구글검색 꽁타✔️ 꽁 머니 토토 I have read some excellent stuff here Definitely value bookmarking for revisiting I wonder how much effort you put to make the sort of excellent informative website

  3. Fine way of explaining, and fastidious post to take facts concerning my presentation topic, which i am going to convey in institution of higher education.

  4. You actually make it seem so easy with your presentation but I find
    this topic to be actually something which I think I would never
    understand. It seems too complex and very broad for me. I am looking forward for your next post,
    I’ll try to get the hang of it!

  5. Thanks for one’s marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it,
    you will be a great author. I will remember to bookmark your blog and may come back later
    on. I want to encourage you to ultimately continue your great
    writing, have a nice holiday weekend!