5 Pertimbangan Memasang Panel Surya di Rumah

Ilustrasi pemasangan solar panel di rumah zonaebt.com
Ilustrasi Panel Surya di Atap Rumah. Sumber : unsplash.com
  • Pemasangan panel surya adalah salah satu cara untuk memanfaatkan energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.
  • Hal-hal yang harus dipertimbangkan jika ingin memasang panel surya di rumah adalah analisis kebutuhan listrik, lokasi, kondisi atap, perizinan setempat, dan riset penyedia jasa.
  • Diperlukan riset yang mendalam tentang perusahaan yang menyediakan jasa panel surya agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Panel surya adalah sebuah alat yang menggunakan energi terbarukan, yaitu sinar matahari. Pemasangan panel surya sebagai pengganti listrik konvensional bisa menjadi cara terbaik untuk memanfaatkan energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Panel surya bekerja dengan memanfaatkan energi matahari yang kemudian dikonversi menjadi energi listrik melalui sistem pembangkit listrik. Dengan sistem kerja seperti itu, tentunya dalam penggunaannya sangat minim emisi yang dihasilkan sehingga dapat berguna dalam jangka panjang tanpa merusak keseimbangan bumi. Selain minim emisi, penggunaan panel surya memiliki keunggulan dalam menurunkan tarif pembelanjaan listrik karena kebutuhan listrik dapat dipenuhi sendiri melalui energi matahari yang bersinar sepanjang hari. 

Pemasangan panel surya tidak boleh dilakukan secara asal jika ingin mendapat manfaatnya. Terdapat beberapa hal yang harus Sobat EBT Heroes pertimbangkan sebelum memutuskan memasang panel surya di rumah. Pertimbangan-pertimbangan berikut ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang optimal dan sistem keamanan yang terjamin. Apa saja pertimbangan-pertimbangan tersebut? Simak di bawah ini.

Analisis Kebutuhan dan Penggunaan Listrik

Ilustrasi panel surya zonaebt.com
Ilustrasi Panel Surya. Sumber : unsplash.com

Langkah pertama adalah dengan menganalisa kebutuhan atau pemakaian energi harian. Hitung rata-rata pemakaian listrik per bulannya untuk menentukan kapasitas sistem panel surya yang diperlukan. Perhitungan meliputi daya peralatan dan estimasi jumlah jam pemakaian alat tersebut. Dengan menghitung rata-rata per bulannya, dapat memaksimalkan perhitungan energi yang dihasilkan panel surya dengan energi yang dipakai. Energi yang dihasilkan panel surya juga berkaitan dengan jumlah jam sinar matahari di lokasi sehingga perhitungan yang teliti perlu dilakukan untuk kepentingan efisiensi.

Baca Juga



Pertimbangkan Lokasi

Sebelum memasang panel surya perlu diperhatikan juga lokasi rumah apakah mendapat sinar matahari yang cukup untuk mendapat energi. Lokasi yang baik adalah lokasi yang mendapat banyak sinar matahari, sehingga produksi energi listrik oleh panel surya juga semakin tinggi. Pastikan juga di sekitar lokasi tidak terdapat objek yang berisiko menghalangi masuknya sinar matahari ke panel surya. Objek-objek tersebut bisa berupa bangunan, pepohonan, papan iklan, dan lain-lain. Keberadaan objek yang menghalangi panel surya akan mengurangi efektivitas panel surya dalam menyerap sinar matahari. 

Kondisi Atap

Ilustrasi pemasangan panel surya zonaebt.com
Ilustrasi Pemasangan Panel Surya. Sumber : unsplash.com

Perlu diperhatikan kondisi atap seperti apa ketika ingin memasang panel surya karena panel surya biasanya dipasang di atap untuk mendapat sinar matahari maksimal. Atap harus memiliki struktur yang kokoh untuk bisa menopang berat panel surya yang akan dipasang. Bahan yang kokoh bisa berupa baja ringan sehingga jika atap masih menggunakan kayu atau genteng sangat disarankan untuk beralih ke baja ringan. Luasan area atap juga perlu diperhitungkan untuk menghitung kapasitas panel surya yang cukup dalam menghasilkan energi. Sebuah panel surya rata-rata membutuhkan sekitar 2.5 meter persegi untuk menghasilkan kWh listrik. Jika atap ternyata tidak memiliki luasan yang cukup, jenis panel juga perlu dipertimbangkan yakni panel yang dapat memaksimalkan potensi sistem pembangkit listrik.

Perizinan Setempat

Hal penting lainnya sebelum memutuskan memasang panel surya adalah mengurus perizinan setempat. Pemasangan panel surya biasanya memerlukan dokumen dan persetujuan dari otoritas setempat. Peraturan mungkin berbeda-beda di setiap tempat sehingga perlu memastikan kepada pemerintah setempat dan perusahaan penyedia jasa panel surya terkait hal tersebut. Jangan sampai terjadi pelanggaran peraturan yang menyebabkan kekacauan karena memasang panel surya di rumah.

Riset Penyedia Jasa

Ilustrasi panel surya2 zonaebt.com
Ilustrasi Panel Surya. Sumber : unsplash.com

Melakukan riset tentang penyedia jasa pemasangan panel surya juga penting untuk memastikan efisiensi dan keamanan sistem. Cermati mulai dari kualifikasi dan pengalaman penyedia jasa dalam pemasangan panel surya apakah memiliki keahlian yang memadai. Periksa juga apakah penyedia jasa memiliki lisensi dan sertifikasi yang diperlukan untuk pemasangan panel surya. Pastikan panel surya yang akan digunakan memiliki kualitas terbaik. Jangan ragu untuk bertanya banyak hal pada penyedia jasa terkait informasi dasar pemasangan panel surya, perhitungan kapasitas listrik, pemeliharaan, sampai garansi yang ditawarkan oleh penyedia jasa. 

Baca Juga



Saat ini, sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menyediakan jasa panel surya seperti Sun Energy, Contained Energy, LEIN Power, dan lain-lain. Lakukanlah riset seperti yang sudah disebutkan di atas demi mendapat mitra yang terpercaya dan mendapat manfaat dari pemasangan panel surya. Selayaknya membeli produk, tentunya kita ingin mendapat produk yang berkualitas.

Itulah beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan jika ingin memasang panel surya di rumah. Kelihatannya sangat rumit namun penggunaan panel surya adalah salah satu langkah dalam mewujudkan energi bersih di masa depan. Tentunya kita ingin bumi tetap terjaga dan asri dengan berkontribusi dalam mengurangi emisi jejak karbon.

#zonaebt #EBTHeroes #Sebarterbarukan

Editor: Savira Oktavia

Referensi

[1] Mengenal Lebih Dekat Tentang Panel Surya

[2] Cara kerja, Manfaat & Pemasangan Panel Surya

[3] Panduan Lengkap Memasang Panel Surya Untuk Rumah

[4] Tips Pemasangan Panel Surya Untuk Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment