Biar Makin Paham Sampah Bersama Zonaebt.com

  • Indonesia menghasilkan sampah kurang lebih mencapai 67,6 juta ton pada tahun 2020.
  • Mayoritas sampah bersumberdaya rumah tangga kita sendiri.
  • Di Bali sebesar 52 persen belum terkelola dengan maksimal.
  • Perlu edukasi dan kesadaran diri untuk bijak #bersampah.

Hingga kini sampah masih menjadi masalah yang tidak kunjung usai, Silih berganti pemimpin tak kunjung juga ada terobosan besar untuk mengatasi masalah sampah ini, padahal kita bersama tahu bahwa di beberapa lokasi keberadaan TPA sudah tidak cukup lagi menampung sampah yang dibawa dari area masyarakat. Apakah kita sebagai kaum muda yang notabene melek secara pendidikan dan teknologi informasi masih belum juga terpatri sebuah kesadaran agar bijak dalam bersampah?

Berdasarkan data terbaru dari Kementerian lingkungan hidup yang menjelaskan bahwa Indonesia menghasilkan sampah kurang lebih mencapai 67,6 juta ton pada 2020. Jika dibedah lebih lanjut lagi terkait sumber datangnya sampah sekira 37,3% sampah Indonesia berasal dari aktivitas rumah tangga, seperti memasak, makan, mandi, dan lain sebagainya tentunya ikut andil dalam membebani sampah di TPA. 

Terlebih lagi minimnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk turut serta memilah sampah dari rumah. Di beberapa kawasan peraturan sudah ditegaskan-wajib memilah. Mayoritas masyarakat kita masih enggan melakukan hal pemilahan, padahal salah satu kontribusi kecil yang bisa kita lakukan untuk mengurai beban TPA dan juga masalah sampah cukup dengan gerakan memilah dari rumah. 

Baca juga



Mari kita tengok Bali, pulau yang kaya akan tempat wisata keindahan pantai dan juga bentang alamnya. Per tahun 2019 lalu sudah mengeluarkan sebuah peraturan Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber. 

Oke, kita paham Bali punya peraturan daerah. Namun, seberapa efektifkah peraturan itu untuk berlaku dalam masyarakat?

Data terbaru, Pulau Dewata menghasilkan sampah sebesar 4,281 ton per hari dengan persentase 48 persen terkelola dengan baik dan 52 persen belum terkelola. Apakah peraturan nomor 47 berjalan optimal di lapangan? Ke mana dibawa sampah yang belum terkelola itu? Dari beberapa fakta di lapangan, didapatkan bahwa masih banyak ditemukan masyarakat yang membakar sampah, membuang sampah ke sungai, mengubur ke tanah dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, perlu kesadaran dan tanggung jawab moral kepada lingkungan bagi segenap masyarakat kita. Masalah sampah merupakan masalah kita bersama-sama. Sebab, jika tidak berbenah dari sekarang, sampah saat ini akan menjadi ancaman untuk generasi kita selanjutnya.

Baca juga:



Seperti kita ketahui bersama, zonaebt.com kembali menghadirkan webinar online kali ini bertemakan sampah. Mengusung acara Talk Show Zero Waste “Kolaborasi Pemerintah, Pebisnis, Pendidikan dan Pemerhati Sampah Menuju Bali Clean & Green Island”.

Zonaebt.com mengundang para pembicara-pembicara yang berkompeten di bidangnya masing-masing, di antaranya seperti: Perwakilan dari unsur pemerintahan dihadiri oleh Bapak  Drs. I Made Teja selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, dan kalangan pendidikan dihadiri oleh Ibu Ir. Kadek Diana Harmayani, ST, MT, Ph.D yang merupakan Kepala Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Udayana. Tidak ketinggalan juga, untuk menambah informasi pengetahuan kita terkait sampah, sektor bisnis persampahan diwakili oleh Putu Ivan Yunatana selaku Ketua APSI DPD BALI NUSRA dan juga Founder BWC, serta yang terakhir datang dari komunitas yang barangkali sudah Anda kenal sebelumnya yaitu Komunitas Malu Dong dengan langsung dihadiri oleh ketuanya, Pak Komang Sudiarta. 

Sudah jelas sekali, tidak ada halangan untuk tidak menghadiri webinar dari zonaebt.com. Caranya sangat mudah, kalian tinggal daftar saja melalui link berikut ini

Kami tunggu kehadirannya, ya!

Biar makin paham sampah bersama zonaebt.com

zonaebt.com

Renewable Content Provider

#zonaebt #sebarterbarukan #sampah #RamahLingkungan #webinar #Bali

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi 

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/29/mayoritas-sampah-nasional-dari-aktivitas-rumah-tangga-pada-2020#:~:text=Indonesia%20menghasilkan%2067%2C8%20juta,9%25%20sampah%20berasal%20dari%20kawasan.

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.