5 Aplikasi Pengelola Sampah yang Sedang Trend Saat Ini!

5 Aplikasi Pengelola Sampah yang Sedang Trend Saat Ini! zonaebt.com
greeners.co
  • Cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir penumpukan sampah dengan melakukan memilah sampah atau sebaiknya lakukan aksi reuse, reduce atau recycle untuk mengurangi jumlah sampah.
  • Terdapat aplikasi yang dapat membantu dalam mengelola sampah demi mewujudkan lingkungan yang lebih baik.
  • Selain bermanfaat untuk lingkungan, beberapa aplikasi juga dapat menghasilkan uang dari sampah yang dikumpulkan.

Sampah masih terus menjadi persoalan terbesar di Indonesia. Apalagi dikondisi saat ini banyak sekali aktivitas yang dilakukan secara online, seperti belanja online, pemesanan makanan dari rumah dan banyak kegiatan online lainnya yang masih menggunakan kemasan plastik. Alhasil sampah plastik menumpuk dan dapat mengancam kelestarian lingkungan sekitar.

Sudah saatnya kita semua harus lebih peduli lingkungan dan melakukan aksi nyata untuk melestarikan alam. Cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir penumpukan sampah dengan melakukan memilah sampah atau sebaiknya lakukan aksi reuse, reduce atau recycle untuk mengurangi jumlah sampah. Kegiatan memilah sampah memang bukanlah kegiatan yang mudah, belum lagi jika sudah dipilah tetapi tetap tercampur saat diangkut oleh petugas. Solusi untuk masalah ini masih terus dicari dan dikembangkan.

Baca juga



Hingga saat ini, terdapat aplikasi yang dapat membantu dalam mengelola sampah demi mewujudkan lingkungan yang lebih baik. Selain bermanfaat untuk lingkungan, beberapa aplikasi juga dapat menghasilkan uang dari sampah yang dikumpulkan. Berikut 5 aplikasi pengelola sampah yang bisa kamu coba:

1. Octopus

Hamish Daud yang merupakan Co-Founder dari aplikasi Octopus ini mengajak masyarakat terutama kaum muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengelola sampah. Setiap jenis sampah yang ditukarkan memiliki poin berbeda. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan voucher yang bisa dibelanjakan.

Octopus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti Kopi Kenangan, Kopi Soe, UMKM dan sejumlah tempat popular dengan memberikan voucher potongan harga atas sampah yang dikumpulkan. Aplikasi Octopus ini baru tersedia di wilayah DKI Jakarta, Kota Tanggerang Selatan, Kota Bandung, Kab Bandung Barat, Kab Bandung, Kota Cimahi, Kota Denpasar dan Kota Makassar.

2. e-Recycle

e-Recycle merupakan salah satu aplikasi pengambilan sampah yang sudah dipilah. Sampah-sampah yang sudah dipilah nantinya akan diambil kerumah dan ditimbang secara digital sehingga akurat dan real time.

Aplikasi miliki PT Multi Inti Digital Lestari ini bisa mengidentifikasi berbagai macam jenis sampah plastic hanya dengan mengscan bar code yang ada di kemasan sampah tersebut. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari sampah yang kamu kumpulkan tersebut, sampah yang kamu kumpulkan itu dihargai mulai dari Rp 4.000 per kilogram, kamu bisa mendapatkan uang tersebut baik secara tunai maupun transfer. Aplikasi e-Recycle ini baru tersedia di wilayah Jabodetabek saja.

3. Duitin

Aplikasi Duitin dapat membantu dalam memilah, mengumpulkan dan mengelola sampah yang bisa didaur ulang. Saat ingin menyetorkan sampah, Duitin Picker akan datang ke rumah untuk mengambil sampah yang telah kamu kumpulkan. Setiap sampah yang kamu setorkan, kamu akan mendapatkan berbagai macam keuntungan serta kesempatan menjadi Duitin Contributor yang turut andil dalam gerakan menjaga bumi. Duitin tersedia di Jakarta, Tanggerang Selatan, Blitar, Cirebon, Bogor dan Semarang.

Baca juga



4. Dibuang

Aplikasi yang unik ini merupakan singkatan dari Dibuat Jadi Uang. Dibuang merupakan aplikasi yang menghubungkan kamu dengan kolektor sampah terdekat, kamu bisa memilih ingin dijemput atau mengantarkan ke drop off terdekat. Sampah yang diterima Dibuang adalah sampah non-organik seperti botol plastik, kertas, kardus dan masih banyak lagi. Sampah yang telah dijual bisa ditukar dengan uang yang langsung dapat dicairkan. Namun, aplikasi ini hanya mencakup Kota Tanggerang dan sekitarnya saja.

5. Mountrash

Dalam aplikasi Mountrash kamu bisa memilih mengirim sampah ataupun menggunakan pick up untuk mengirim sampah ke Kolekting Partner Mountrash ataupun ke Bank Sampah. Mountrash juga menyediakan fitur Market Recycle sebagai fitur jual beli produk khusus dari bahan bekas hasil kreativitas yang dapat menginspirasi banyak orang untuk menggunakan kembali bahan bekas tersebut. Aplikasi Mountrash ini baru tersedia di wilayah Jabodetabek saja.

Kontribusi apa yang sudah kamu lakukan untuk Indonesia?, anak anak muda tersebut mereka pada membuat aplikasi pengelola sampah. Ternyata banyak lo, hal yang bisa kita lakukan. Tindakan kecil seperti tidak membuang sampah sembarang sudah cukup untuk menjaga lingkungan kita. Makin tahu Indonesia dari segi lingkungan dan energi terbarukan di zonaebt.com

Referensi:

[1] Aplikasi-aplikasi ini akan membantu masyarakat bertanggung jawab dengan sampah yang ada di rumah masing-masing.

[2] Kurangi Polusi Sampah, Coba 5 Aplikasi Pengelola Sampah Ini Yuk!

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.