Yuk!! Kenali Material Atap Rumah yang Ramah Lingkungan

  • Atap adalah bagian integral dari sebuah bangunan.
  • Salah satu syarat rumah sehat adalah menggunakan material yang tidak mengandung bahan beracun. Atap go green sendiri sudah teruji bebas dari racun dan tidak mengandung bahan asbestos sehingga membuatnya layak dijuluki sebagai atap ramah lingkungan.
  • Atap go green sendiri sudah teruji bebas dari racun dan tidak mengandung bahan asbestos sehingga membuatnya layak dijuluki sebagai atap ramah lingkungan.

Atap adalah bagian integral dari sebuah bangunan. Atap memiliki fungsi untuk melindungi bangunan rumah dari elemen luar seperti paparan panas matahari, angin, hujan dan benda lainnya.

Tanpa atap tentu rumah tidaklah lengkap dan akan menemukan banyak kendala . Begitu pun kondisi dan material atap rumah yang tidak aman akan berdampak buruk, baik Kesehatan untuk orang-orang di dalamnya maupun lingkungan.

Salah satu syarat rumah sehat adalah menggunakan material yang tidak mengandung bahan beracun. Atap go green sendiri sudah teruji bebas dari racun dan tidak mengandung bahan asbestos sehingga membuatnya layak dijuluki sebagai atap ramah lingkungan. Selain itu, bahan ramah lingkungan pada atap go green membuat penutup atap ini dapat didaur ulang ketika sudah rusak atau tidak lagi digunakan.

Baca juga :



Berikut daftar material atap rumah yang ramah lingkungan dilansir dari My Decorative

  • Atap putih

Atap rumah berwarna putih atau white roof, yang juga dikenal sebagai cool roof atau atap dingin berwarna putih terang atau putih.

Karena warna putih memantulkan sinar matahari dengan sangat baik, itu membuat suhu bagian dalam rumah lebih dingin sehingga bisa mengurangi penggunaan AC dan menghemat biaya listrik.

  • Atap Sirap Daur Ulang

Bisa juga disebut recycled shingled roof adalah alternatif atap yang ideal. Atap rumah ini tidak pernah ketinggalan zaman dan selalu memberikan tampilan estetikan pada rumah, dari sirap yang mahal hingga buatan.

Sirap daur ulang terbuat dari serat kayu, plastic, karet dan bahan lainnya. Jika memiliki anggaran terbatas untuk memilih sirap yang mahal, pilihlah yang daur ulang, yang terjangkau dan ramah lingkungan.

  • Atap logam atau standing seam metal roof

Atap logam sangat tahan lama sehingga menjadi pilihan bagus untuk rumah seperti standing seam metal roof.

Atap rumah ini terbuat dari bahan daur ulang, yang mengurangi pemborosan skrap dan menjadikan bahan tersebut sebagai pilihan material atap rumah yang ramah lingkungan. Atap logam dapat bertahan selama lebih dari 50 tahun dan tahan api.

Bagi orang yang tertarik menampung air hujan untuk berkebun sepereti menyiram tanaman, atap logam adalah alternatif sempurna.

Baca juga :



  • Atap Hijau

Ketika berbicara tentang bahan ramah lingkungan, pilihan lain adalah atap hijau atau green roof. Atap rumah hijau memberikan banyak manfaat, salah satuny pendinginan internal. Ini membantu di daerah perkotaan dalam memoderasi efek panas serta mengurangi limpahan air hujan yang menghasilkan pendinginan dan isolasi tambahan.

  • Atap Bergelombang

Atap bergelombang atau corrugated roofing. Atap rumah ini sangat tahan lama dan bertahan di atmosfer paling keras. Teknologi canggih telah membuatnya ramah lingkungan. Atap bergelombang mempunyai berbagai warna, gaya, dan desain. Selain itu, pemasangan atap ini cukup mudah karena bahannya yang ringan.

Referensi :

[1] 5 Material Atap Rumah yang Ramah Lingkungan, Apa Saja?

[2] Atap Go Green, Atap Ramah Lingkungan dengan Berbagai Kelebihan

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.