Yuk!! Kenali Manfaat Memakai Panel Surya di Rumah

PLTS Atap
  • Penggunaan panel surya di Indonesia sendiri masih cukup sedikit.
  • Energi yang berasal dari matahari tentu lebih ramah lingkungan, sehingga kita turut serta mendukung pelestarian lingkungan. 
  • Selain itu, pengguna panel surya bisa menjadi upaya pembaharuan energi berkelanjutan alih-alih pemakaian listrik dari batu bara .

Banyak masyarakat yang masih bertanya mengapa energi matahari sangat bagus, apa saja yang bisa kita manfaatkan dan pertanyaan lainnya. Namun, tidak banyak orang menyadari bahwa teknologi tenaga surya memiliki peranan dalam kehidupan. Tenaga surya menjadi tren teknologi masa kini yang bisa dimanfaatkan di rumah.

Penggunaan panel surya di Indonesia sendiri masih cukup sedikit. Padahal sebagai negara yang terletak di garis khatulistiwa, cahaya matahari bisa didapatkan dalam jumlah yang banyak. Hal ini jika dimanfaatkan dengan baik, maka penggunaan panel surya akan semakin banyak. Energi yang berasal dari matahari tentu lebih ramah lingkungan, sehingga kita turut serta mendukung pelestarian lingkungan. 

Panel surya bisa menjadi sumber listrik dan solusi bagi rumah tangga yang ingin hemat energi dan tagihan.

Selain itu, pengguna panel surya bisa menjadi upaya pembaharuan energi berkelanjutan alih-alih pemakaian listrik dari batu bara .

Baca juga :



Namun, jangan hanya tahu tentang itu saja, panel surya juga memiliki manfaat tak terduga lainnya.

Berikut ini sejumlah manfaat memasang panel surya di rumah :

1.Hemat Listrik

Memasang panel surya berarti memiliki sumber energi listrik selain listrik PLN. Karena kebutuhan listrik dipenuhi oleh dua sumber, panel surya dapat membantu mengurangi tagihan listrik bulanan dari PLN.

2.Hilangkan Polusi Suara

Saat melihat sumber energi terbarukan lainnya seperti angin misalnya, kebisingan yang dibuat selama proses menghasilkan energi dapat merugikan dan mengganggu. Namun, energi surya atau matahari sebaliknya, mereka tidak melibatkan bagian yang bergerak, sehingga tidak ada polusi suara.

3.Menyimpan Energi Listrik

Pada panel surya tipe tertentu, energi listrik dari panel surya akan disimpan pada baterai yang dapat digunakan sebagai cadangan listrik. Bisa dipakai saat dibutuhkan dalam waktu tertentu. 

4.Ramah Lingkungan

Memasang panel surya berkontribusi pada pelestarian iklim dan melawan pemanasan global. Sebab, panel surya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan ramah lingkungan.

Baca juga :



5.Dapat Meningkatkan Nilai Rumah

Ketika kita ingin menjual rumah di masa depan, cukup diketahui bahwa pemasangan teknologi surya dapat meningkatkan nilainya secara signifikan. Ini terutama terlihat di daerah di mana pembeli lebih cenderung membeli rumah yang dipasang dengan panel surya seperti kota berpenduduk tinggi di mana degradasi lingkungan dianggap serius oleh pihak berwenang. Menurut temuan penelitian, panel surya dapat menambah hingga $ 20.000 atau sekitar Rp281 jutaan untuk nilai sebuah rumah. Angka ini menunjukkan jumlah yang dibutuhkan untuk memasang panel surya, yang berarti kita dapat memperoleh kembali uang kita saat menjual properti. Itu mewakili investasi cemerlang di properti.

Referensi :

[1] Memasang Panel Surya di Rumah, Apa Manfaatnya?

[2] Apa Manfaat Memasang Panel Surya di Rumah? Ini Penjelasannya

[3] Ini Manfaat Penggunaan Panel Surya di Rumah | Rumah dan Gaya Hidup

[4] Apa Saja Manfaat Panel Surya Serta Bagaimana Aturan Perizinannya?

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.