Yuk, Intip Program BUMN Peduli Akan Lingkungan

  • Lingkungan saat ini menjadi bagian penting dari kehidupan. Maka dari itu, menjaga dan mengelola lingkungan dengan baik merupakan sebuah keharusan.
  • PT Pupuk Kalimantan Timur yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) gelar Employee Volunteering Program dengan melibatkan para karyawan dalam kegiatan penanaman 1.500 bibit mangrove, guna mendukung pelestarian ekosistem di perairan Bontang sekaligus sebagai bentuk peduli akan lingkungan.
  • Program ini sejalan dengan upaya Pemkot Bontang untuk pelestarian kawasan dan lingkungan pesisir.

Lingkungan merupakan kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan saat ini menjadi bagian penting dari kehidupan. Maka dari itu, menjaga dan mengelola lingkungan dengan baik merupakan sebuah keharusan. Makhluk hidup tidak pernah bisa lepas dari lingkungannya. Oleh sebab itu, penting untuk menciptakan tempat tinggal yang nyaman. Sayangnya aktivitas makhluk hidup terutama manusia telah banyak merusak alam. Sebut saja pembangunan industri yang terpaksa mengorbankan hutan hingga mengakibatkan bencana alam, dan masih banyak lagi kegiatan yang merusak tatanan kehidupan.

BUMN Peduli Akan Lingkungan

Dalam memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 2022, PT Pupuk Kalimantan Timur yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) gelar Employee Volunteering Program dengan melibatkan para karyawan dalam kegiatan penanaman 1.500 bibit mangrove, guna mendukung pelestarian ekosistem di perairan Bontang sekaligus sebagai bentuk peduli akan lingkungan. Penanaman berlangsung di area konservasi mangrove Telok Bangko, Kelurahan Loktuan Bontang Utara.

Baca Juga:



Telok Bangko ini merupakan area konservasi mangrove yang dikembangkan PKT sebagai kawasan wisata edukasi, dengan luasan mencapai 40 hektare dan telah ditanami 161 ribu lebih bibit mangrove hingga tahun 2021

Pada program ini seluruh karyawan PKT diajak untuk lebih peduli terhadap sekitar, baik masyarakat maupun lingkungan dan ekosistem. Keterlibatan karyawan tidak hanya sebatas relawan pelaksana, tetapi juga turut ikut menjadi bagian dari perencana program hingga evaluasi dan pengembangan ke depannya.

Melalui program ini jejaring antar departemen dan unit kerja di lingkungan PKT harus terus diperkuat, salah satunya melalui kolaborasi aktif karyawan dengan turun langsung menumbuhkan kepekaan serta kepedulian terhadap lingkungan maupun kondisi sosial yang terjadi.

Baca Juga:



Program ini sejalan dengan upaya Pemkot Bontang untuk pelestarian kawasan dan lingkungan pesisir. Mengingat, berbagai program yang selama ini direalisasikan PKT jelas berdampak terhadap perbaikan ekosistem perairan maupun keanekaragaman hayati di Kota Bontang.

Mewakili Pemkot Bontang, Lurah Loktuan Hadi Jumianto sangat mengapresiasi program Employee Volunteering ini sebagai sebuah langkah aktif PKT dalam mendorong keterlibatan seluruh karyawan, untuk meningkatkan peran perusahaan dalam pelestarian ekosistem dan lingkungan.

Dirinya berharap program ini terus ditingkatkan, mengingat area konservasi mangrove PKT turut memberi dampak positif bagi masyarakat melalui pemberdayaan pembibitan serta penanaman ratusan ribu mangrove yang selama ini telah direalisasikan.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] Tak Mau Ketinggalan, BUMN Ikut Peduli Lingkungan Pakai Cara Ini

[2] Pupuk Kaltim Tanam 1.500 Bibit Mangrove di Perairan Bontang

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.