Waspadai Krisis Global, Energi Nuklir Bisa Jadi Solusi?

  • Energi nuklir dianggap mampu mengatasi krisis energi yang diprediksi akan segera menyerang seluruh dunia.
  • Jerman berencana untuk menunda pemberhentian ketiga reaktor nuklir yang telah lama direncanakan, karena ditakutkan akan adanya krisis energi.
  • Alex Whitworth menganggap bahwa Asia adalah wilayah yang paling membutuhkan nuklir dalam beberapa tahun kedepan. Sementara itu, beberapa negara seperti Filipina, Jepang, dan Korea Selatan sudah mencoba mempertimbangkan pemanfaatan energi nuklir.

Adanya isu mengenai krisis energi yang tengah menyerang dunia sekarang nampak memberatkan seluruh pihak. Adanya isu datangnya musim dingin yang kelam kembali memunculkan minat sejumlah negara untuk menghidupkan kembali protek PLTN mereka. Ini juga dikarenakan krisis energi karena kenaikan harga global, apalagi ditambah tidak pastinya pasokan gas dari Rusia.

Baca Juga



Jerman, adalah salah satu negara yang dikabarkan ingin menunda penghentian tiga PLTN yang telah lama mereka rencanakan. Hal ini merupakan buntut dari terancamnya negara dalam mengarungi musim dingin nanti, apalagi pasokan gas untuk energi listrik dikabarkan menurun hingga 80 %.

Ditambah lagi, hanya ketiga reaktor tersebut yang masih beroperasi dan bahkan sukses berkontribusi dalam 6% produksi listrik di Jerman. Salah seorang pihak pejabat sendiri mengatakan bahwa reaktor tersebut akan tetap aman sampai 31 Desember, bahkan setelahnya.

Sementara itu, Alex Whitworth, seorang kepala riset energi Asia di Wood Mackenzie mengatakan bahwa zaman keemasan bagi energi nuklir bisa terjadi apabila dalam beberapa tahun kedepan, harga bahan bakar fosil tetap mahal.

Baca Juga



Ia turut menyatakan bahwa Asia sendiri dianggap sebagia wilayah yang paling membutuhkan energi nuklir. Menurutnya, akan terjadi kelonjakan permintaan akan energi listrik dalam beberapa tahun kedepan di tanah Asia, mengingat Eropa dan Amerika yang mengalami penurunan ekonomi.

Beberapa negara yang telah mempertimbangkan untuk mengatasi krisis energi dengan menyalakan kembali reaktor nuklir mereka, di antaranya adalah Filipina, Jepang, dan Korea Selatan.

Referensi:

  1. Krisis Energi Mengintai di Musim Dingin, Jerman Akan Tunda Hentikan Energi Nuklir
  2. Krisis Energi, Dunia Hidupkan Kembali Proyek Pembangkit Listrik Nuklir



Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.