Kenali Perusahaan Transportasi Legenda, Bluebird!

bluebird
PT Blue Bird Tbk. Sumber : market.bisnis.com
  • Bluebird dijuluki transportasi legendaris di Indonesia karena taksinya yang telah lama beroperasi dari tahun 1965 sampai sekarang.
  • PT. Blue Bird telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan besar seperti Traveloka dan perusahaan travel lainnya.
  • Pada tahun 2023, Bluebird telah membeli kendaraan listrik sebanyak 195 unit

Beberapa perusahaan transportasi lokal berbondong – bondong untuk bisa berkontribusi dalam menciptakan kendaraan listrik kebanggaannya, salah satunya perusahaan Bluebird, sang legenda. Bluebird telah menghasilkan beberapa kendaraan listrik salah satunya untuk kendaraan umum, yaitu taksi listrik. Taksi listrik dari PT Blue Bird telah beroperasi di Indonesia loh Sobat EBT Heroes. Kamu pernah naik taksinya belum? Mari kita bahas sejarah terbentuknya bluebird hingga menjadi legenda seperti sekarang.

Sejarah Terbentuknya Bluebird

Jika mendengar Bluebird, apa yang terlintas di benak Sobat EBT Heroes? Yup, Bluebird merupakan perusahaan yang mengelola dan melparayani jasa taksi listrik loh Sobat EBT Heroes! Bluebird juga dijuluki transportasi legendaris di Indonesia karena taksi nya yang telah lama beroperasi.

PT Blue Bird Tbk (BIRD) didirikan oleh seorang perempuan bernama Mutiara Siti Fatimah pada 1965 di rumah nomor 107 yang terletak di Jalan Cokroaminoto yang tidak lain adalah rumahnya sendiri.

Melansir laman resmi Bluebird, pada tahun 1972 sebanyak 25 armada Blue Bird Holden Torana secara resmi mulai dioperasikan. Saat itu, Bluebird menjadi taksi pertama yang menggunakan sistem tarif nya berdasarkan argometer. Argometer sendiri adalah suatu alat yang mampu untuk menghitung tarif yang akan dibayarkan oleh seorang penumpang. Argometer bekerja berdasarkan jarak tempuh dan waktu tunggu sehingga kedua variabel ini akan dikonversikan menjadi tarif.

Tak hanya itu, armada Bluebird juga telah dilengkapi dengan sistem radio untuk memudahnya penyebaran order yang didukung sistem operator terpusat dan sudah menggunakan A/C untuk menambah kenyamanan pelanggannya.

Pada tahun 1979, deretan Armada Bus Big Bird bertugas sebagai armada Antar Jemput siswa di sekolah Jakarta Intercultural School. Dan pada tahun 2022 Bluebird telah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan besar seperti BCA dan Traveloka.

Baca Juga



Awal Mula Bluebird Mengelola Kendaraan Listrik

Taksi Listrik. Sumber : Kompas.com

Setelah mendirikan perusahaan selama setengah abad, penyedia jasa layanan taksi, PT Blue Bird Tbk mengungkapkan telah melakukan sejumlah transformasi bisnis. Transformasi ini tidak akan lepas dari pengaruh tekonologi.

Lalu, PT Blue Bird kembali melakukan transformasi dengan adanya tuntutan untuk mewujudkan teknologi hijau. Untuk mewujudkan transportasi yang tetap menjunjung tinggi pengembangan ekosistem hijau dan adanya Perpres No.55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang bertujuan agar semakin banyak penggunaan kendaraan listrik di masyarakat.

Ditinjau dari Kementrian Perhubungan yang mengatakan populasi mobil listrik sudah mencapai angka di atas 1.500 buah.

Layanan mobil listrik pun menjadi salah satu yang tak luput dari perhatian BIRD. Akhirnya, Bluebird mendatangkan 50 unit kendaraan listrik dan akan terus bertambah seiring waktu.

Bluebird melaporkan telah membeli sejumlah unit kendaraan listrik atau electric vehicle sepanjang semester I/2023. Adapun pembelian kendaraan listrik ini mencakup kebutuhan untuk armada taksi, kendaraan sewa dan lainnya.

Pada bulan Juli, Bluebird telah mengoperasikan kendaraan listrik nya sebanyak 180 unit mencakup Bluebird, Silver Bird, dan Golden Bird. Pembelian kendaraan listrik tersebut menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure sebesar Rp. 2 triliun.
Sampai bulan Agustus 2023, PT Blue Bird Tbk sudah memiliki sebanyak 195 unit kendaraan listrik.

Kendala Taksi Listrik di Indonesia

taksi listrik
Taksi Listrik. Sumber : mobilmo.com

PT Blue Bird Tbk telah menggunakan mobil listrik sebagai armada taksinya sejak 2019. Armada taksi listrik yang pertama kali digunakan adalah mobil listrik lansiran pabrikan Cina, BYD.

Dilansir dari tempo.co, selama hampir empat tahun mobil listrik untuk armada taksi, Bluebird mengaku menemukan sejumlah kendala. Salah satu kendala nya adalah persoalan ketersediaan suku cadang dimana jika ada part yang rusak tidak bisa segera diganti karena perlu waktu untuk impor terlebih dahulu. Walaupun di BYD dan dealer ada tetapi stok nya yang terbatas membuat PT Blubird kesusahan.

Baca Juga



Tetapi, persoalan ini dapat diatas dengan adanya informasi terkait Atsu yang mengatakan bahwa pabrikan mobil listrik yang menyediakan armada taksi Bluebird ini berencana untuk membangun pabrik di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan permasalahan ketersediaan suku cadang mobil listrik bisa diatasi.

Bluebird sendiri selain memastikan kendaraan listrik nya beroperasi dengan baik, mekanik dan mitra pengemudi taksi listrik pun tetap diperhatikan secara khusus. Bahkan, Bluebird melakukan pelatihan terlebih dahulu kepada para mekanik dengan memanggil dari Tesla mekanik Ukraina untuk training.

#ZonaEBT #SerbaTerbarukan #EBTHeroes

Editor: Kania Puspita Dewi

REFERENSI
[1] Ini Sejarah Berdirinya Taksi Blue Bird, Berawal dari Rumah Mutiara Siti Fatimah : Okezone Economy
[2] Bluebird Ungkap Kendala Taksi Listrik di Indonesia
[3] Bluebird Kelola 195 Unit Kendaraan Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment