PT Ajinomoto Perkenalkan Pupuk Ramah Lingkungan dari MSG

Ajinomoto
  • PT Ajinomoto Indonesia memperkenalkan pupuk AJIFOL (Ajinomoto Foliar Fertilizer) dengan melakukan proses Biocycle.
  • Pupuk AJIFOL ini memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
  • Saat ini, AJIFOL memiliki dua varian, yaitu AJIFOL D untuk pertumbuhan vegetatif tanaman (akar, batang, daun) dan AJIFOL B untuk pertumbuhan generatif tanaman (bunga dan buah).

Dalam menjaga lingkungan yang lebih baik, berbagai pihak telah berupaya melakukan program Renewable Energy atau produk dengan ramah lingkungan.

Termasuk dalam perekonomian sirkular, yang hingga sampai saat ini tengah diguangkan oleh pemerintah.

Program ramah lingkungan ini pun masuk dalam prioritas utama di PT Ajinomoto Indonesia, dimana mereka melakukan program ekonomi sirkular untuk menciptakan proses produksi ramah lingkungan dalam kegiatan produksinya.

Dalam memproduksi Monosodium Glutamat (MSG), PT Ajinomoto Indonesia memperkenalkan pupuk AJIFOL (Ajinomoto Foliar Fertilizer) dengan melakukan proses Biocycle.

Bahan baku utama dari produksi MSG menggunakan tetes tebu yang melalui proses fermentasi, dari proses produksi tersebut dihasilkan produk samping pupuk AJIFOL (Ajinomoto Foliar Fertilizer).

Pupuk AJIFOL ini memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Mulai dari awal tanam hingga panen, serta kandungan asam amino berkualitas tinggi di dalamnya.

Manfaat Pupuk AJIFOL

AJIFOL juga mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit, sehingga dapat mengurangi pemakaian pestisida dan lebih ramah terhadap lingkungan.

“Sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV) perusahaan, PT Ajinomoto Indonesia mulai melakukan pengolahan produk samping (By Product),” pungkas Yudho Koesbandryo, selaku Direktur PT Ajinomoto Indonesia.

Salah satu cara efektif dan efisien terhadap penggunaan air, sumber daya manusia, dan penghematan biaya guna mendukung budidaya pertanian berkelanjutan, Ajinomoto melakukan inovasi penyemprotan AJIFOL dengan menggunakan teknologi drone.

Baca juga:



“Dalam prosesnya, mengacu pada Eco Activity dan Biocycle, yang dapat diolah menjadi produk dengan nilai jual (Co Product). Salah satunya pupuk AJIFOL yang telah dilengkapi dengan izin edar dari Kementerian Pertanian Repubkik Indonesia,” lanjut Yudho, dalam keterangan pers Rabu (29/6).

Ajinomoto saat ini giat menginformasikan manfaat dari AJIFOL sebagai wujud praktik ekonomi sirkular ini kepada masyarakat.

Selain melalui penyuluhan kepada para petani, Ajinomoto juga mempromosikan AJIFOL pada pameran yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Gedung Manggala Wanabakti 15- 17 Juni 2022, kesempatan ini digunakan juga oleh Ajinomoto untuk menginformasikan dan mengedukasi mengenai inisiatif lingkungan yang selama ini telah dilakukan oleh Ajinomoto.

Banyak dari pengunjung pameran yang tertarik terhadap pupuk AJIFOL ini dan berkunjung ke Booth Ajinomoto untuk mengetahui lebih dalam informasi mengenai pupuk AJIFOL ini.

“Kami bangga, usaha Ajinomoto dalam menjaga lingkungan melalui pengadaan produk samping AJIFOL ini didukung oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui pameran ini. Kami berharap ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk bergerak bersama guna menjaga lingkungan sekitar tetap asri,” ujar Grant Senjaya, selaku Public Relations Department Head PT Ajinomoto Indonesia saat ditemui di stand Ajinomoto.

Varian Pupuk AJIFOL

Saat ini, AJIFOL memiliki dua varian, yaitu AJIFOL D untuk pertumbuhan vegetatif tanaman (akar, batang, daun) dan AJIFOL B untuk pertumbuhan generatif tanaman (bunga dan buah).

Penggunaannya cukup mudah, dengan menambahkan air terlebih dahulu sesuai takaran, AJIFOL bisa langsung disemprotkan ke bagian tanaman.

Baca juga:



Tidak hanya memiliki kandungan yang berkualitas, harga pupuk cair AJIFOL ini juga sangat terjangkau – AJIFOL D sekitar 70.000 Rupiah hingga 75.000 Rupiah per liter dan AJIFOL B sekitar 80.000 Rupiah sampai 85.000 Rupiah per liter.

Melalui Departemen Agri Dev, PT Ajinomoto Indonesia saat ini terus berkomitmen melakukan aktivitas pengolahan produk samping dari hasil produksi Monosodium Glutamat (MSG) dan makanan serta sampah domestik lainnya menjadi produk yang memiliki nilai jual, berkualitas dan ramah lingkungan.

Hal ini menjadi bentuk salah satu komitmen perusahaan dalam menjaga keragaman hayati, kualitas sumber daya air dan tanah, meningkatkan produktivitas tanaman maupun kesejahteraan para petani.

Referensi:
[1] Ajinomoto Perkenalkan Pupuk AJIFOL Ramah Lingkungan

Editor : Muhammad Fhandra Hardiyon

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.