[Press Release] ESDM Gelar Energy Transitions Innovation Challenge, Berhadiah Puluhan Juta dan Ikut G20 Youth Forum di Bali

  • ETIC membuka peluang bagi anak muda berusia maksimal 25 tahun untuk turut serta dalam kompetisi ini, dengan beberapa syarat dan ketentuan tercantum.
  • Dari ketiga kategori yang dilombakan peserta dapat terdiri dari individu maupun kelompok yang terdiri dari 2-5 orang.
  • Registrasi sudah dapat dilakukan sejak tanggal 21 Juni – 10 Juli 2022. Beberapa karya akan masuk babak semi final yang akan mendapatkan sesi coaching pada bootcamp.

Jakarta, 23 Juni 2022 – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong generasi milenial turut berkontribusi langsung dalam transisi energi. Masih dalam semarak perhelatan G20 Indonesia 2022, bersama Sustainable Energy For Indonesia’s Advancing Resilience (SINAR) – USAID dan New Energy Nexus (NEX), Kementerian ESDM menggelar kompetisi bertajuk Energy Transition Innovation Challenge (ETIC), mengasah dan menggali ide dan karya anak muda di bidang transisi energi untuk diperkenalkan kepada khalayak global pada momentum Presidensi G20 Indonesia.

“Kompetisi ETIC berhadiah total hadiah lebih dari Rp50 juta. Pemenang juga akan diundang untuk hadir di Bali pada event Energy Transitions Youth Forum, September mendatang,” ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM di lokasi ETWG-2 Labuan Bajo, NTT, Selasa (21/6).

Baca Juga



Agung mengungkapkan, kompetisi akan dibagi ke dalam 2 kategori, yakni ide dan prototype. Tema yang diangkat adalah seputar securing energy accessibility, advancing energy financing dan smart & clean energy technologies scaling up.

Sustainability dalam pengelolaan energi memerlukan keterlibatan anak muda sejak dini, negara hadir dengan memberikan ruang observasi bagi mereka agar bisa menghadirkan energi yang jauh lebih bersih dan terjangkau untuk masyarakat di masa yang akan datang”, kata Agung.

Sejalan dengan Agung, Program Director New Energy Nexus Indonesia, Diyanto Imam mengungkapkan bahwa fokus NEX Indonesia memberikan inovator, wirausaha dan startup akses pengembangan kapasitas melalui program inkubasi dan akselerasi bisnis, pendanaan, dan jaringan yang anak muda butuhkan untuk pengembangan inovasi dan bisnis. “NEX percaya dengan adanya ekosistem yang mendukung inovasi di bidang energi bersih dan climate innovation, akan semakin banyak kaum muda yang dapat mewujudkan ide yang inovatif, impactful dan scalable,” tambah Diyanto.

Untuk itu, ETIC membuka peluang bagi anak muda berusia maksimal 25 tahun untuk turut serta dalam kompetisi ini, dengan beberapa syarat dan ketentuan tercantum. Kompetisi ini juga akan dibagi menjadi 2 kategori yakni kategori ide dan prototype, dengan mengangkat salah satu tema berikut:

(1) Securing Energy Accessibility

(2) Advancing Energy Financing

(3) Smart & Clean Energy Technology Scaling Up

Dari ketiga kategori yang dilombakan peserta dapat terdiri dari individu maupun kelompok yang terdiri dari 2-5 orang. Karya inovasi minimal berada pada Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) Level 3+ yang belum pernah dikomersilkan dan belum pernah pula memenangkan kompetisi serupa. Kompetisi ini terbuka untuk innovator maupun startup.

Baca Juga



Dalam proposal pengajuan, peserta wajib memperhitungkan potensi pasar dan modal bisnis yang dilakukan, sehingga ide/karya yang di hasilkan sudah jelas dapat diimplementasikan. Peserta juga sudah memiliki timeline dan rencana kebutuhan dana untuk kebutuhan pengembangan karya. Dan yang paling mendasar adalah karya atau inovasi tidak terikat atau memiliki perjanjian dengan instansi manapun atau program sejenis.

Registrasi sudah dapat dilakukan sejak tanggal 21 Juni – 10 Juli 2022. Beberapa karya akan masuk babak semi final yang akan mendapatkan sesi coaching pada bootcamp yang akan dibekali beberapa pengetahuan tambahan sehingga mempersiapkan peserta saat sesi final berlangsung. Pengumuman karya terbaik akan dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2022. Informasi selangkapnya akan selalu diupdate melalui laman resmi dan media sosial Kementerian ESDM.

(KA)

Editor : Muhammad Fhandra Hardiyon

***

Tentang New Energy Nexus

New Energy Nexus (NEX) adalah organisasi internasional yang mendukung start-up energi bersih dengan pendanaan, program akselerasi, dan jaringan. Berawal di California, NEX telah menjalankan program di Indonesia, Cina, India, Asia Tenggara, dan Afrika Timur. Sejak 2019, New Energy Nexus Indonesia telah membantu 65 start-up melalui program inkubasi dan akselerasi Smart Energy Program.

https://newenergynexus.id/

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

New Energy Nexus Indonesia 

Raisha Fatya 

Communications Manager 

08118980051

Raisha.fatya@newenergynexus.com

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.