4 Langkah Mudah Membuat Panel Surya Sederhana, Gampang Lho!

sumber : unsplash.com
  • Rencana awal mendesain panel surya
  • Alat dan bahan dalam membuat panel surya secara sederhana
  • Merakit dan memasang panel surya

Bumi menjadi salah satu dari delapan planet di tata surya yang berpenghuni, semakin tahun bumi akan terus mengalami pertumbuhan populasi, pesatnya pertumbuhan populasi manusia harus diikuti dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan bumi. Manusia sebagai makhluk bumi perlu memiliki pengetahuan mengenai energi yang dapat terbarukan, sehingga efisiensi energi tersebut dapat terus berulang tanpa adanya sebuah keterbatasan energi, termasuk dalam pengetahuan penggunaan energi panel surya. Sobat EBT Heroes, pembahasan kali ini adalah cara membuat panel surya dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan secara mudah di toko online maupun offline.

Membuat Panel Surya

Membuat panel surya dengan bahan-bahan sederhana selain bisa menjadi sebuah proyek menarik dan dapat menambah ilmu pengetahuan, juga bisa bermanfaat bagi lingkungan, lho. Panel surya merupakan sebuah alat untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik, panel surya akan membantu peralihan energi listrik konvensional menjadi energi terbarukan. Sebagai negara tropis dengan matahari setiap tahunnya, panel surya merupakan pilihan energi yang baik untuk digunakan. Selain itu, masih banyak lagi  manfaat dari penggunaan panel surya, dengan membuat panel surya dengan bahan sederhana bisa menjadi salah satu langkah untuk lebih mengetahui energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Rencana Desain Panel Surya

sumber : unsplash.com

Sobat EBT Heroes, sebelum membuat panel surya perlu dilakukan perancangan dari desain panel surya tersebut, perencanaan desain meliputi jenis panel surya, pemilihan tempat pemasangan panel surya, dan hal-hal teknis terkait pembuatan panel surya. Sobat EBT Heroes juga perlu mengetahui pengertian dan pengetahuan panel surya secara umum menuju khusus.

Rencana desain panel surya bisa dimulai dengan menentukan jenis panel surya yang akan digunakan, sesuaikan jenis panel surya dengan kebutuhan yang diinginkan, setelah menentukan jenis panel surya maka langkah berikutnya adalah menentukan kapasitas energi yang dibutuhkan. Langkah terakhir adalah pemilihan tempat pemasangan dan anggaran biaya yang akan dikeluarkan.

Alat dan Bahan Panel Surya

Teknologi yang semakin berkembang dapat memudahkan pencarian alat dan bahan untuk digunakan membuat panel surya. Alat dan bahan dalam membuat panel surya dapat dibeli melalui toko online dengan berbagai macam pilihan jenis dan harga yang dapat disesuaikan.

Alat untuk membuat panel surya meliputi, bor, obeng, gunting listrik, soldering iron, multimeter dan gergaji.  Alat-alat tersebut dapat ditemukan di rumah maupun toko-toko perkakas. Kemudian bahan-bahan utama panel surya yang dibutuhkan adalah sel surya, inverter, kabel listrik dan koneksi, baterai penyimpanan energi, aki, solar charge controller (scc), dudukan panel surya dan bingkai aluminium. Sobat EBT Heroes, dapat menyesuaikan alat dan bahan panel surya sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemasangan poltovic.

Baca Juga



Merakit dan Memasang Panel Surya

sumber : unsplash.com

Setelah memiliki pengetahuan tentang panel surya secara umum, dan membuat rencana desain panel, serta telah menentukan bahan utama dan alat yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah pemasangan panel surya. Sobat EBT Heroes, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Secara sederhana terdapat empat langkah memasang panel surya. Pertama sambungkan panel surya dengan kabel kontektor, kemudian sambung kabel panel surya dengan solar charge controller  (ssc). Langkah kedua adalah meyambungkan baterai atau aki dengan scc, sehingga fungsi scc adalah sebagai penghubung panel dan aki. Setelah itu, langkah ketiga adalah mengubah arus DC ke AC menggunakan inverter. Pasang inverter dan koneksikan dengan aki atau baterai menggunakan kabel, sambung inverter dengan alat listrik seperti lampu. Kemudian langkah terakhir,  menyalakan inverter dan menyalurkan energi listrik dari inverter ke alat listrik dengan arus AC.

Apabila langkah tersebut terasa kurang jelas, Sobat EBT Heroes, dapat melihat tutorial merakit panel surya secara sederhana di bagian referensi.

Pengujian Panel Surya

Pengujian panel surya merupakan langkah terakhir dalam merakit panel surya secara sederhana, hal ini dilakukan untuk mengetahui fungsi panel surya dengan optimal. Pengujian juga dilakukan dengan melihat seberapa besar arus energi yang dihasilkan panel surya, serta optimalisasi fungsi dari inverter. Pengaturan panel surya serta aki dan baterai dapat dilakukan menggunakan solar charge controller (scc).

Setelah melewati masa pengujian, maka langkah terakhir adalah monitoring sistem. Sobat EBT Heroes perlu melakukan monitoring secara berkala untuk memastikan setiap komponen panel surya berfungsi dengan baik. Jadwal monitoring bisa dilakukan sesuai dengan keinginan Sobat EBT Heroes. Namun, lebih baik dilakukan dua minggu sekali.

Baca Juga



Membuat dan merakit panel surya secara sederhana kini kian mudah dengan berkembang pesatnya teknologi, saat ini sangat mudah mencari alat dan bahan panel surya dengan kualitas dan harga yang dapat diperkirakan, begitu pula dengan cara merakit panel yang dapat diakses secara online. Sobat EBT Heroes, dapat membuat dan merakit panel surya secara sederhana di rumah dengan memperhatikan keamanan dan memiliki pengetahuan secara umum tentang panel surya. Sobat EBT Heroes, dapat membaca artikel di zona EBT agar semakin tahu akan energi baru dan terbarukan khususnya panel surya.

#energiterbarukan #zonaebt #sobatheroes #makintahuindonesia

Editor: Himatul Azqiya

Referensi :

Merakit Listrik Tenaga Surya Dengan Mudah dan Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment