Benarkah Panel Surya Sengaja Dipasang Miring Untuk Hasil Optimal?

Panel Surya dan Kemiringannya
  • Keuntungan-keuntungan dalam pemasangan panel surya di kalangan masyarakat.
  • Alasan panel surya dipasang dengan sudut kemiringan tertentu.
  • Pembersihan pada permukaan panel surya yang harus dilakukan secara rutin.

Pernahkah kalian berpikir dan mencari tahu, mengapa panel surya ini sengaja dipasang miring? Apakah memengaruhi kinerja dari panel surya itu sendiri? Memang, jika sudah ada niat untuk memasang panel surya di rumah harus perlu analisis yang wajib diperhatikan untuk kinerja yang lebih baik.

Panel surya menjadi bahan perbincangan masyarakat akhir-akhir ini. Banyak masyarakat Indonesia sudah mulai tertarik melakukan pemasangan panel surya yang menjanjikan berbagai keuntungan yang didapatkan.

Baca juga:



Keuntungan-keuntungan tersebut di antaranya ialah ramah lingkungan, dapat menghemat biaya penggunaan, dan masih banyak lagi. Di luar negeri telah banyak menggunakan tenaga alternatif yang banyak diaplikasikan di semua bidang. Keterbatasan energi fosil berupa minyak bumi dan batu bara dinyatakan menipis dan tidak akan kuat hingga ke masa depan.

Dari situlah, zaman milenial ini menciptakan inovasi yang baru terbarukan. Indonesia perlahan-lahan mulai menyikapi dan sedang merancang berbagai pemanfaatan semua tenaga sebagai sumber daya energi terbarukan, salah satunya tenaga surya yang akan dihasilkan sebagai tenaga listrik.

Untuk menghasilkan listrik yang efisien dan efektif dalam sistem kinerjanya harus memperhatikan berbagai hal, mulai dari memperhatikan lokasi yang digunakan sebagai tempat pemasangan panel surya, kemungkinan besar kecilnya bayangan sinar matahari yang akan diterima oleh permukaan panel surya, dan posisi kemiringan pada panel surya.

Baca juga:



Pemasangan panel surya tidak boleh dipasang secara tidak benar atau asal-asalan. Hal tersebut akan menyebabkan listrik yang akan dihasilkan tidak bekerja sesuai harapannya. Hal ini pula dapat menyebabkan investasi panel surya tidak berjalan lancar, jika pemasangannya tidak benar akan menyebabkan kerugian sehingga gagal dalam menghemat listrik.

Memang untuk memasang panel surya di rumah bisa dilakukan sendiri, akan tetapi lebih baik dipasangkan oleh ahlinya. Walaupun, tergolong mudah untuk pemasangan, tidak bisa jika dilakukan secara sembarangan karena akan menyebabkan kinerja panel surya tidak maksimal.

Cara kerja panel surya untuk menghasilkan tenaga listrik ialah sinar dari energi matahari harus secara tepat tegak lurus dengan area penangkap sinar itu sendiri. Sistem dari solar tracker yang dapat menangkap serta menyesuaikan sudut permukaan dengan mengikuti arah pergerakan matahari.

Namun, sistem solar tracker cukup dibilang jauh lebih mahal dibanding sistem fixed. Sebagai alternatifnya, terdapat salah satu cara lain untuk mendapatkan energi sinar matahari secara maksimal dan dijamin tetap menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Salah satu cara lainnya itu ialah dengan memasang panel surya secara miring dengan sudut kemiringan serta sudut azimuth secara tepat dan benar.

Besar sudut kemiringan yang ideal untuk pemasangan panel surya sebenarnya relatif, maksudnya menyesuaikan dengan musim. Namun, karena Indonesia memilliki dua musim sehingga tidak diperlukan penyesuaian sudut di setiap musimnya. Sudut kemiringan sebesar 10-30 derajat sudah dianggap membantu kinerja panel surya secara maksimal.

Apabila panel surya dipasang secara datar dan tidak ada kemiringan, pastinya akan mengakibatkan pengendapan debu dan kotoran yang sudah tercanmpur dengan air hujan. Permukaan panel surya ini harus rutin dibersihkan untuk pemaksimalan kinerja panel surya.

Selain adanya pengendapan debu dan kotoran di permukaan panel surya, sedikit kotoran yang menempel yang belum terendap pun sebenarnya harus segera dibersihkan. Banyaknya kotoran yang menempel menyebabkan kinerja panel surya tidak optimal.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

Alasan Panel Surya Miring dan Pentingnya Analisa Bayangan

Pentingnya Mengatur Sudut Kemiringan Ideal Saat Pemasangan Solar Cell

Cara Memasang Panel Surya Sesuai Kebutuhan

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.