Kini Jendela Juga Dapat Menjadi Panel Surya

Kini Jendela Juga Dapat Menjadi Panel Surya zonaebt.com
Ilustrasi, Panel Surya Transparan, builder.id
  • Pada tahun 2014 para peneliti di Michigan State University mengembangkan panel surya transparan ini untuk pertama kalinya.
  • Panel surya ini berbentuk seperti kaca jernih dan dapat meneruskan cahaya seperti layaknya sebuah jendela pada umumnya.
  • Panel surya transparan memerlukan area yang lebih kecil daripada panel surya konvensional.

Sekarang ini mungkin kita tidak asing lagi dengan panel surya yang sering kita temui di lingkungan sekitar kita, namun akankah terpikirkan oleh kita bahwa jendela-jendela yang terpasang di rumah, kantor, sekolah hingga pusat perbelanjaan di sekitar kita dapat menjadi sebuah panel surya.

Hal ini merupakan angin segar bagi ketersediaan energi bersih di sekitar kita karena bangunan-bangunan di sekitar kita juga dapat menjadi solar farm tanpa harus membuka lahan yang cukup besar. Lalu seperti apa bentuk panel surya yang dimaksud ini?.

Pada tahun 2014 para peneliti di Michigan State University mengembangkan panel surya transparan ini untuk pertama kalinya. Panel surya ini berbentuk seperti kaca jernih dan dapat meneruskan cahaya seperti layaknya sebuah jendela pada umumnya akan tetapi terbuat dari solar glass yang dapat menangkap cahaya matahari dan merubahnya menjadi energi listrik.

Baca Juga



Di Eropa sekarangpun sudah mulai berkembang pesat mengenai penggunaan panel surya transparan ini, seperti proyek ‘SmartWindows’ yang digarap oleh perusahaan asal Belanda, Physee, mereka memasang kurang lebih 15.000 panel surya transparan di kantor-kantor di Eropa.

Hal ini pun diklaim oleh Physee dapat mengurangi pembiayaan dari bangunan-bangunan hingga 30% dikarenakan panel surya transparan ini dapat memanajemen penggunaan energi pada bangunan tersebut.

Selain itu sebuah sekolah di Copenhagen, Denmark pun juga telah mengimplementasikan panel surya ini pada bangunan mereka, pada sekolah ini telah terpasang 12.000 panel surya transparan dan menghasilkan hingga 200 megaWatt pertahunnya yang mana lebih dari setengah penggunaan mereka.

Baca Juga



Selain itu, panel surya transparan ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan panel surya konvensional, salah satunya panel surya transparan memerlukan area yang lebih kecil daripada panel surya konvensional bahkan dapat menggunakan lahan yang telah digunakan untuk kepentingan lainnya.

Penerapan panel surya transparan ini dapat menjadi jawaban untuk kota ataupun daerah-daerah padat bangunan yang mana minim area terbuka yang luas untuk dijadikan sebagai solar farm, dikarenakan dengan menggunakan panel surya transparan sebagai jendela sebuah bangunan maka dapat menjadikan daerah tersebut sebagai solar farm yang berdiri dari gugusan bangunan.

Referensi

[1]This technology turns windows into solar panels, here’s how

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.