Keren!! China Miliki PLTB di Pegunungan

Pegunungan China
  • China memiliki pembangkit listrik tenaga angin atau PLTB terbanyak di dunia.
  • China lebih banyak membangun ladang angin di darat dari pada tenaga angin yang dibangun di laut.
  • Lonjakan pertumbuhan ladang angin di seluruh China telah menggulingkan Vestas Denmark dari posisinya sebagai pembuat turbin angin terbesar di dunia untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

China memiliki pembangkit listrik tenaga angin atau PLTB terbanyak di dunia. Salah satunya Chongqing yang memiliki daya tarik tersendiri karena berada di ketinggian.

Sebuah studi mengungkapkan China memimpin peningkatan terbesar di dunia dalam kapasitas angin karena membangun pembangkit listrik tenaga angin berkapasitas hampir 100 gigawatt atau setara untuk memberi daya kepada tiga kali lipat rumah di Inggris.

China lebih banyak membangun ladang angin di darat dari pada tenaga angin yang dibangun di laut. Salah satu ladang angin yang dibangun adalah Wufuling Wind Farm di Chongqing, China Barat Daya.

Sejak tahun 2020 China telah membangun lebih banyak ladang angina tau meningkat hampir 60% dibandingkan tahun 2019. Ladang angin merupakan yang terbesar dibandingkan ladang angin yang dimiliki negara lain.

Baca juga :



Sebagian besar ladang angin baru di dunia dibangun di darat, yang sekarang telah menurun 20% dibandingkan tenaga angin yang dibangun di laut.

Melansir The Guardian, China telah membangun lebih dari setengah kapasitas tenaga angin baru di dunia. Ketika Isabelle Edwar yang menulis laporan dalam Bloomberg New Energy Finance mengatakan, “Ketika setiap wilayah meminta lebih banyak kapasitas angin dari tahun sebelumnya, pertumbuhan yang belum pernah terjadi dan teramati pada 2020 harus dikreditkan ke pasar China. “

Sebuah laporan lain yang berasal dari juru kampanye Amerika Serikat di Global Energy Monitor menemukan China telah membangun hampir dua pertiga dari pembangkit listrik tenaga batu bara dunia yang telah beroperasi.

Lonjakan tenaga angin di China juga, diikuti oleh melonjaknya pembangunan 16,5 GW pembangkit listrik tenaga angin tenaga angin baru di Amerika Serikat tahun lalu.

Baca juga :



Di Eropa, pembangkit listrik tenaga angin baru bertambah 12,6 GW yang juga termasuk di dalamnya adalah kapasitas energi terbarukan, pembangkit listrik tenaga angin Borssele 752 Megawatt (MW) di Belanda dan stasiun 539MW di proyek East Anglia One di Inggris.

Lonjakan pertumbuhan ladang angin di seluruh China juga telah menggulingkan Vestas Denmark dari posisinya sebagai pembuat turbin angin terbesar di dunia untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Editor: Gede Herry Arum Wijaya

Referensi :
[1] China Punya Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Atas Awan.
[2] China Punya Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Atas Awan
[3] China Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Angin Terbesar Dunia

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.