Berkemudi Bersama Keluarga dengan Kendaraan Listrik NIO EC6

  • Kendaraan listrik yang makin diminati membuat daya saing yang cukup kuat bagi para produsen otomotif.
  • NIO EC6, sebagai SUV kendaraan listrik dari China, hadir kembali dengan platform NT 2.0.
  • Desainnya yang tangguh menjadikannya mobil yang nyaman dan aman dipakai bersama keluarga, apalagi dengan fitur NIO Aquila Super Sensingnya!

Inovasi kendaraan listrik terus dilakukan oleh berbagai produsen otomotif. Pasalnya, kendaraan listrik yang semakin banyak diminati membuat persaingan ketat antar produsen untuk menyajikan kendaraan yang berbeda dan serba bisa, sehingga dapat menghasilkan daya jual yang tinggi. NIO, sebagai salah satu manufaktur otomotif asal China meluncurkan EC6 kembali pada 15 September lalu. 

EC6 ini sudah pernah dikeluarkan sebelumnya, tepatnya pada tahun 2020, tetapi sempat diturunkan dari pasar untuk transisi dan hadir kembali dengan generasi platform terbaru, NT 2.0, dan tentunya dengan peningkatan yang menyeluruh. EC6 terbaru ini dipercaya memiliki performa terbaik, inovasi desain yang cocok untuk keluarga, dan kemampuan dalam memberikan pengalaman mobilitas yang melampaui ekspektasi tiap individu yang menaikinya.

Sobat EBT Heroes penasaran nggak, apa saja inovasi terbaru dari EC6 dan NT 2.0-nya? Yuk, simak artikel ini!

Ilustrasi Nio EC6. Sumber: nio.com

Dimensi SUV

EC6 hadir dengan dimensi panjang 4.849 mm, lebar 1.995 mm, dan tinggi 1.697 mm untuk 5 kursi. Wheelbase atau jarak rodanya 2.915 mm. Koefisien hambatan yang tadinya 0,26 Cd telah dioptimalkan menjadi 0,24 Cd. EC6 dilengkapi juga dengan sunroof panoramik dengan luas 1,77 meter persegi. 

Desain Penuh Gaya

Terdapat sembilan warna eksterior, termasuk AR Lavender yang eksklusif dan terinspirasi dari langit virtual dalam augmented reality. Untuk interiornya, EC6 menawarkan empat warna interior, yaitu Onyx Black, Red Loam, Stream Blue, dan Stellar Gray.

Secara menyeluruh, EC6 terbaru mengusung tema “Ruang Tamu Kedua” dengan interior yang terkurasi baik dan sifat yang merangkul penggunanya. Tema tersebut dapat dilihat dari adanya ventilasi udara yang tak kasat mata, dekorasi warna ke warna dengan kilap yang halus, kursi yang terintegrasi dengan dukungan untuk tulang belakang manusia, serta ruang bernapas yang luas. 

Mobil keluarga satu ini benar-benar memperhatikan kenyamanan perjalanan keluarga dengan kursi penumpang yang didesain dapat direbahkan sebagai lounge seat, serta kursi baris depan yang dilengkapi pemanas, pemijat di 8 titik yang bisa disesuaikan dengan mode yang beragam. 

EC6 juga mengambil langkah penuh untuk membuat desain yang diminati oleh semua kalangan juga fungsional, seperti inovasinya dalam menambahkan lampu jalan Double Dash bertipe split dengan lampu jalan dengan lebar 30mm. Hal ini membuat implikasi yang lebih tangguh pada permukaan depannya sekaligus memberikan efek penglihatan yang baik. 

Ilustrasi Desain Interior Nio EC6. Sumber: nio.com

Baca Juga



Fitur Inovatif

  1. Dilengkapi NIO Aquila Super Sensing

EC6 dilengkapi oleh 33 sensor berkinerja tinggi termasuk LiDAR dan NIO ADAM Super Computing, serta NVIDIA Drive Orin X. Kombinasinya mampu membantu mobil untuk mendeteksi lingkungan sekelilingnya dan mengambil tindakan yang lebih aman dalam berkendara. Bahkan, sistem ini dapat secara otomatis memberikan masukan ke sistem pencahayaan untuk mendistribusi sinar yang tepat tanpa mengganggu kendaraan lain sebagai tindak keselamatan berkendara. 

  1. Sistem Banyan 2.1.0

Sistem kendaraan cerdas NIO, yang dinamai Sistem Banyan, mendukung mobil untuk mengikuti perintah suara dengan cepat dan efisien. Inovasi terbarunya menjadikan sistem ini memiliki fitur “car-finding photo”, sehingga memungkinkan penggunanya melokasikan mobil dengan melihat gambar lingkungan sekitar mobil melalui aplikasi Nio. 

  1. Reduksi Koefisien Hambatan

Reduksi koefisien hambatan ini diperoleh dengan adanya spoiler aktif dual-mode, sehingga bisa digunakan secara otomatis atau manual untuk mengurangi hambatan dan posisi kecepatan yang sangat tinggi. Sebagai gambaran, jika kecepatan mobil melebihi 80 km/jam, spoiler akan ditempatkan ke posisi reduksi hambatan pada sudut 23 derajat saat koefisien hambatannya menjadi 0,24. Jika kecepatan melebihi 170 km/jam, spoiler akan dimiringkan ke sudut 31,5 derajat. Hal ini berguna untuk meningkatkan stabilitas kendaraan. 

  1. Insulasi Panas dan Suara

EC6 yang dilengkapi oleh kaca akustik dua lapis 4,96 mm dengan standar insulasi panas dan suara. Terdapat pula opsi untuk kaca elektrokromik, yang dapat memblokir UV hingga 99,9%. Dalam keadaan terang, kaca tersebut membuat transmisi cahaya terisolasi 85% dan tampak hanya sebesar 6%, sedangkan dalam keadaan gelap membuat isolasi 83,6% dengan tampak 1%. 

Ilustrasi Nio EC6. Sumber: nio.com

Baca Juga



Performa Tinggi

EC6 ini memiliki sistem motor listrik ganda dengan tenaga maksimum 150 kW (depan) dan 210 kW (belakang), serta torsi yang mencapai 700 Nm. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 4,4 detik dengan kondisi muatan setengah. Sejauh ini, rekor untuk jarak pengereman terpendek dari mobil ini ialah 34,5 meter saat melaju dengan kecepatan 100 km/jam hingga 0 km melalui rem cakram 355 mm dan pelek 21 inci.

Terdapat dua paket baterai yang ditawarkan oleh Nio untuk para pembelinya, yaitu paket standar 75 kWh dan paket jarak jauh 100 kWh. 

Nio EC6 yang mengkombinasikan desain menarik dan teknologi inovatif telah menjadikannya pesaing yang kuat di antara produsen kendaraan listrik, setidaknya di China. Harga mobil ini dibanderol mulai dari 358.000 yuan (sekitar Rp755.000.000) untuk kapasitas 75 kWh dan 416.000 yuan (sekitar Rp877.000.000) untuk kapasitas 100 kW. Apakah Sobat EBT Heroes tertarik untuk memilikinya? 

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Nur Wasilastus Sholeha

Referensi 

[1] NIO Launches the All-New EC6, a Smart Electric Coupe SUV, in China

[2] Nio launches the EC6 in China

[3] Nio rolls out all-new EC6 SUV

[4] NIO Unveils EC6: New Electric SUV for Chinese Market

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 Comment